Rekomendasi Film Tentang Kepribadian Ganda Terpopuler

Nonton film adalah salah satu alternatif kegiatan yang dapat kamu lakukan saat liburan. Selain untuk mengisi waktu luang, menonton film juga bisa kamu jadikan sebagai sarana edukasi Psikologi. Nah, salah satunya adalah film tentang kepribadian ganda.

Bicara soal kepribadian ganda, gangguan mental ini juga sering disebut dengan Gangguan Identitas Disosiaif. Menurut salah satu sumber yang Mimin baca, gangguan itu terjadi karena trauma sehingga menimbulkan kepribadian mereka sering berubah-ubah.

Nah, Mimin saranin genre film ini masuk daftar list kamu, ya. Dengan alur cerita yang susah ditebak, kamu akan merasa semakin penasaran dan menontonnya sampai akhir.

Nggak cuma plot twist, diakhir film-film ini, nantinya kamu akan diajak untuk belajar gimana kepribadian ganda bisa mengubah kehidupan pemeran utamanya.

1. Split (2016)

Movie Posters
sumber: Pinterest

James McAvoy adalah aktor yang memerankan Kevin Wendell sebagai pemeran utama. Dalam cerita ini, Kevin memiliki 24 kepribadian yang bisa berubah-ubah. Parahnya, kepribadiannya bisa berubah seperti layaknya anak kecil, perempuan dan seorang psikopat.

Saat berubah menjadi kepribadian Psikopat, Kevin nggak hanya menculik, tapi dia juga menyiksa 3 remaja perempuan. The Beast adalah sifat antagonis Kevin yang layaknya orang yang memiliki kekuatan yang super.

2. Frankie & Alice – Film Tentang Kepribadian Ganda Tahun 2010

Review: Frankie and Alice (2010) | At The Movies
sumber: Amirat The Movies

Film tentang kepribadian ganda ini diambil dari kisah seorang Penari di Los Angeles bernama Frankie Murdoch. Dia punya permasalahan keluarga yang sangat rumit dan menimbulkan trauma baginya.

Dokter yang memvonis Frankie mengatakan kalau dia didiagnosa punya dua kepribadian. Ternyata, kepribadian itu adalah seorang anak yang jenius dan perempuan yang rasis.

Film ini diadopsi dari kisah nyata yang terjadi tahun 1970-an. Nggak heran kalau pada penayangannya, film ini mendapatkan beberapa penghargaan lho, sob, seperti Best Acctres dan masuk nominasi Best Picture.

3. Peacock (2010)

Peacock (2010) - IMDb
sumber: iMDb

Ketiga adalah film kepribadian ganda yang sama-sama rilis pada tahun 2010, tapi film ini punya cerita yang cukup unik.

Film tentang kepribadian ganda ini menceritakan John Skillpa yang punya kepribadian ganda sebagai perempuan bernama Emma. Perempuan itu ada pada tubuh John karena trauma atas perlakuan ibu kandungnya yang jahat. Sayangnya, trauma itu terus ada pada John hingga ibunya telah meninggal.

4. Shutter Island (2010)

Prime Video: Shutter Island
sumber: Prime Video

Ini adalah salah satu film karya Leonardo Dicaprio yang menarik, lho. Pada film ini, Aktor Barat itu memerankan seorang tentara bernama Teddy yang bertugas untuk penyelidikan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Ternyata ada salah satu pasien dalam rumah sakit itu yang hilang secara tiba-tiba.

Tapi dalam menjalankan tugasnya, Teddy dan Chuck Aule merasakan halusinasi yang berlebihan. Parahnya halusinasi itu menyebabkan dia nggak bisa membedakan mana yang nyata atau yang tidak nyata.

Wah, kira-kira kenapa ya Mas Teddy? Apakah ini kepribadian ganda?

5. Black Swan

Black Swan (2010) - IMDb
sumber: iMDb

Film tentang kepribadian ganda ini karena ambisius yang berlebihan dariperempuan bernama Nina. Dia adalah Balerina yang berlatih keras untuk bisa menjadi Swan Queen pada pementasan Balet di New York.

Singkat cerita, ambisinya berhasil sehingga dia jadi salah satu Balerina dalam pagelaran itu. Sayangnya ibu dan pelatihnya sangat perfeksionis. Jadi itu adalah awal dari kepribadian ganda itu muncul.

Motivasi yang buruk dari lingkungan sekitar membuatnya menjadi orang jahat karena nggak mau kalah dengan orang lain.

6. Sybil (2007)

Sybil (TV Movie 2007) - IMDb
sumber: iMDb

Film tentang kepribadian ganda ini adalah dokumenter dari Shirley Ardell Marson yang punya 16 kepribadian. Sybil adalah salah satu dari kepribadian yang menonjol dari Shirley.

Nah ternyata film ini awalnya ada pada tahun 1976 tapi di-remake pada tahun 2007. Meskipun tetap menceritakan Shirley, tapi film terbarunya dapat bayak kritikan. Para ahli bilang kalau alur pada film yang baru ada yang nggak sesuai.

Terlepas dari kritikan itu Mimin masih menganggap kalau film tentang kepribadian ganda ini worth it buat kamu tonton. Film ini adalah bukti buat orang-orang yang nggak percaya dengan kepribadian ganda pada saat itu.

Yuk, Cek Kepribadian Kamu Sekarang!

Meskipun dari tahun-tahun yang lama, tapi lima film ini masih worth it buat kamu tonton. Selain mengisi waktu luang, rekomendasi 6 film itu juga bisa belajar lebih banyak tentang kepribadian ganda.

Sob, mengisi waktu luang nggak selalu nonton film tentang kepibadian ganda, kok. Kamu bisa manfaat waktu itu untuk mengenal diri sendiri. Skillana adalah platform tes psikologi online yang bisa bantu untuk mengetahui minat dan bakat kamu, lho.

Skillana punya ragam jenis tes yang wajib kamu gunakan untuk lebih tahu potensi kamu.

Tunggu apa lagi? Coba Skillana, yuk!

Referensi:

https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/12/144527466/5-rekomendasi-film-bertema-kepribadian-ganda?page=all

https://keepo.me/lifestyle/plot-twist-banget-inilah-7-film-psikologi-terbaik-tentang-kepribadian-ganda/