Ragam & Fungsi Alat Musik Melodis Untuk Teman “Healing”

Hai, sobat skillana, alat musik melodis banyak peminatnya dari segala kalangan. Suaranya yang tenang membuat semua orang merasa nyaman. Tak jarang alat musik ini digunakan untuk menenangkan jiwa atau healing.

Kamu harus tahu manfaat lainnya saat memainkan alat musik jenis ini. Agar kamu lebih mengenal tetangnya, artikel ini adalah bacaan yang kamu bisa gunakan untuk referensi.

Pastikan kamu membacanya hingga akhir karena kamu akan menemukan rekomendasi lainnya berkaitan dengan healing.

Beragam Alat Musik Melodis

Tak perlu jauh-jauh keluar negeri, Indonesia juga punya loh. Agar kamu lebih tahu, kami akan berikan beberapa contohnya seperti berikut ini.

Angklung

Berbahan dasar bambu, ini berasal dari kepulauan Jawa. Bentuk dan jumlah yang berbeda pada setiap angklung akan menghasilkan melodis yang nyaman. Umumnya, angklung memiliki dua sampai empat buah bambu dengan cara digerakaan untuk menghasilkan suara yang apik.

Alat Musik dari Pulau Rote

Ya, ini adalah Sasando yang terbuat dari bahan alam seperti bambu, daun lontar dan juga kayu.

Besarnya bentuk membuatnya diletakkan pada bidang yang datar saat ingin memainkannya.Seperti seperti gitar, alat musik ini dimaninkan dengan cara dipetik.

Meskipun terbuat dari bahan-bahan alam, namun suaranya bisa menenangkan pikiran. Melodi yang halus dan lembut tak kalah dengan lainnya. Jangan sampai kamu belum coba memainkan alat musik melodis tradisional ini.

Alat Musik Melodis Ala Modern

Igin lebih bervariatif? Ini rekomendasi kami untuk kamu.

Piano

Dimainkan dengan ditekan beberapa tuts menjadikan alat musik ini paling mudah daripada lainnya. Memiliki 88 tuts, kamu lebih mudah untuk brekreasi dengan menghasilkan lantunan melodi yang “sopan” saat masuk ke telinga.

Gitar

Pernahkah kamu lihat musisi bernyanyi dengan hanya iringan gitar? Itu adalah sebagian dari contoh bahwa gitar adalah alat musik melodis yang unik. Tak perlu dukungan dari iringan alat musik lain. Gitar dapat menghasilkan nada yang bagus. Umumnya mereka menggunakan gitar dengan jenis akustik.

Fungsi Alat Musik Melodis

Setelah kamu mengetahuinya, ada beberapa manfaat saat memainkan alat-alat tersebut. Kami merangkum manfaat-manfaat tersebut dari sumber yang terpercaya dan inilah hasilnya:

1. Terapi

Lantunan nada yang tenang adalah terapis yang mudah dan murah. Jangan hanya mendengarkan, memainkannya adalah hal yang juga direkomendasikan.

Perlu kamu ketahui, terapis akan meksimal jika dilakukan dengan pendampingan seorang terapis profesional.

Indonesia masih belum banyak yang memanfaatnya, namun luar negeri adalah “gudang” terapis menggunakan alat musik melodis. Bahkan manusia lansia memilih untuk terapis menggunakan lagu-lagu yang tenang untuk ketenangan jiwa.

Tapi jika kamu bukan pengidap suatu penyakit yang berat hingga membahayakan, kamu bisa lakukan terapis secara mandiri. Manfaatkan teknologi untuk kamu bisa memainkan alat musik ini atau mendengarkan lantunan usiknya.

2. Keperluan Kesehatan

Beberapa bidang kesehatan bisa alat musik melodis ini tangani. Misalnya alat musik tiup. Jika kamu sering melakukannya, beberapa penyakit pernafasan dapat kamu cegah.

Selain itu, insomnia juga bisa dicegah. Lagu yang tenang membuat kamu rileks dan terlelap.

Siap Healing Bersaa Alat Musik Melodis?

Jangan diragukan lagi, guanakanlah alat musik tersebut untuk healing. Nggak hanya healing, manfaat-manfaat lain menunggu kamu saat memiankan alat musik tersebut.

Tahukah kamu, pikiran rileks akan berdampak pada kegiatan berikutnya seperti mencari kerja. Kamu jadi siap untuk memulai tahapan tahapan dalam mencari kerja.

Agar lebih siap, bekali pengetahuan tentang diri kamu dengan melakukan test pengembangan diri di Skillana.

Kami juga memberikan rekomendasi lowongan kerja sesuai dengan potensi yang kami miliki. Penasaran? Yuk coba fitur-fiturnya di sini.