6 Aplikasi Digital Marketing yang Wajib Kamu Pakai

aplikasi digital marketing | skillana

Banyak profesi yang merambah ke dunia digital, salah satunya adalah Marketing. Agar mudah menjalankannya, kamu perlu menggunakan beberapa aplikasi Digital Marketing untuk membantu kamu bekerja lebih efektif dan efisien.

Menurut Mimin, aplikasi-aplikasi ini membantu sekali. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantumu dalam melakukan analisis yang baik.

Sebelum lebih jauh membahas aplikasi tersebut, kamu mungkin perlu membaca serba-serbi dunia Digital Marketing seperti pada bawah ini:

Berbekal koneksi internet dan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi seperti yang ada di bawah ini. Yuk, check it out!

1. Aplikasi Digital Marketing dari Google

Perusahaan teknologi raksasa sekelas Google tak mau ketinggalan tren profesi ini. Maka dari itu, mereka menciptakan dua aplikasi yang memudahkan Digital Marketer, yaitu Google Analytic dan Google Primer. Yuk kita ulas keduanya bersama-sama, ya.

Pertama, Aplikasi Google Analytic membantumu dalam melakukan riset kata kunci atau research keyword. Melalui aplikasi ini kamu dapat menjangkau orang untuk melihat konten-konten yang kamu sajikan secara organic dengan mengandalkan kata kunci yang trending.

Selain itu, Google Analytic dapat melihat jangkauan dan analisis traffic untuk menciptakan strategi konten agar banyak orang yang mengetahuinya. Meskipun aplikasi ini sudah ada dalam smartphone, tapi kamu tidak bisa menggunakannya secara offline. Hal itu berkaitan dengan fitur-fiturnya yang harus ter-update secara realtime.

Selanjutnya adalah aplikasi Google Primer menyasar seorang Digital Marketers pemula. Didalamnya terdapat beberapa pembahasan yang menarik seputar dunia Digital Marketing. Uniknya aplikasi ini bisa kamu akses secara offline. Makanya kamu bisa memperlajari pembahasan-pembahasan tersebut tanpa adanya halangan koneksi internet.

2. Mailchimp

Exabytes menyebutkan kalau, aplikasi ini membantumu mengirimkan email ke ratusan bahkan ribuan penerima secara langsung. Selain itu, kamu bisa mengknstumisasikan pesan tanpa harus meminta bantuan divisi lain untuk melakukan coding. Keren, kan?

Tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan satu tugas, Mailchimp adalah aplikasi yang mempermudah kinerja kamu dan meningkatkan produktivitas seorang Digital Marketers.

Kamu nggak perlu mengikuti suatu pelatihan untuk menjalankan aplikasi ini kok, sob. Cari saja tutorialnya yang banyak beredar di internet.

3. Meta Bussiness Suite

Buat kamu yang bertanggung jawab memposting beberapa campaign melalui FB dan Instagram, Meta Bussiness Suite wajib untuk ada dalam list kamu

Fitur itu juga mendukung penjadwalan posting dengan model carousel di Feed Instagram. Jangan lupa, tambahkan pula caption untuk postingan FB dan Instagram. Meskipun free, tapi aplikasi ini belum mendukung penjadwalan postingan Instastory.

Nggak hanya itu, aplikasi ini berguna untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak dengan fitur Ads. Makanya, kamu perlu untuk tingkatkan kemampuan Digital Marketing agar dapat memanfaatkan fitur iklan yang lebih baik.

4. Miro

Seorang Digital Marketing tidak berjalan sendiri, kamu butuh beberapa tim untuk mengerjakan campaign yang kamu buat. Dalam berkoordinasi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Kamu akan membuat perencanaan konten lengkap dengan topik dan tanggal penayangannya. Setelah itu posisi lainnya seperti Desain Grafis, Content Creator dan Copywriting menjalankan sesuai dengan jobdesc-nya untuk menjalankan brief yang kamu berikan.

Kemudahan lainnya pada aplikasi ini adalah kamu bisa membagikannya ke semua orang yang terlibat. Hal itu yang memudahkan mereka untuk memberikan masukan atau tambahan informasi yang berkaitan dengan perencanaan-perencaan yang telah kamu buat.

5. Aplikasi Digital Marketing Untuk Posting Sosial Media

Hootsuite adalah aplikasi yang Mimin rekomendasikan. Beda dengan poin nomor 3, Hootsuite dapat menjadwalkan postingan ke banyak sosial media seperti Twitter hingga Linkedin. Makanya aplikasi ini sangat cocok untuk Digital Marketing yang banyak meng-handle sosial media.

Sayangnya fitur-fitur itu nggak selama gratis, sob. Kamu hanya diberikan kesempatan sebanyak 30 hari saat pertama mendaftar untuk menggunakan versi trial.

6. Aplikasi Editing Foto dan Video

Ini penting bagi kamu yang tidak memiliki tim Desain Grafis. Setelah kamu membuat perencanaan konten, kemudian kamu buat menjadi bentuk visual dengan bantuan aplikasi editing tersebut.

Jangan salah, aplikasi di smartphone saat ini sudah banyak macamnya, loh. Apalagi terdapat aplikasi-aplikasi profesional dengan versi “lite” nya seperti Photoshop dan lain-lain.

Maksimalkan Kerja Kamu Dengan Aplikasi Digital Marketing

Agar mencapai tujuan yang telah disepakati, maksimalkan beberapa aplikasi rekomendasi dari Mimin di atas. Mungkin kamu punya beberapa aplikasi yang rekomendasi untuk seorang Digital Marketing, yuk, kasih informasi di kolom bawah, ya.

Menjadi seorang Digital Marketing, nggak hanya berbekal pengetahuan tentang dunia digital marketing saja, tapi kamu harus punya bakat penjualan dan pemasaran juga, lho. Makanya, penting untuk mengetahui potensi diri kamu mulai dari sekarang agar bisa memaksimalkan potensi kamu.

Skillana adalah platform yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui potensi dalam diri kamu.

Kamu menggunakan beberapa tes misalnya tes minat dan bakat. Juga ada tes entrepreneur yang bisa memberikan gambaran tentang kemampuan kamu dalam berwirausaha.

Mau mencoba? Klik di sini, ya!

Referensi:

https://www.nataconnexindo.com/blog/10-aplikasi-digital-marketing-wajib-pemilik-online-store