4 Ide Program Bimbingan Konseling untuk Siswa SMA

Memiliki program bimbingan konseling yang terstruktur sudah seharusnya menjadi aspek vital bagi sebuah institusi pendidikan. Karena itu, penting untuk menghadirkan program bimbingan konseling yang sesuai dengan kondisi serta permasalahan siswa. Berikut adalah beberapa program bimbingan konseling untuk siswa Sekolah Menengah Atas yang dapat diterapkan di sekolahmu. Yuk, kita simak!

Program Financial Fitness

Gagap finansial masih menjadi PR besar bagi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan hasil riset OCBC NISP Financial Fitness Index yang menunjukkan bahwa 85% generasi muda Indonesia tidak sehat sehat secara finansial. Untuk itu, institusi pendidikan perlu ambil peran dengan menjadikan topik literasi keuangan sebagai salah satu program bimbingan konseling. Tak sekadar mengajak siswa menabung, program bimbingan konseling dalam bentuk financial fitness ini hendaknya juga dapat membantu siswa memahami cara membuat budgeting, jenis investasi yang aman, hingga memahami pentingnya memiliki dana darurat.

Program Career Day

Masa SMA menjadi masa paling krusial bagi penentuan karir siswa. Riset yang dipublikasikan Best Colleges pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 52% siswa SMA merasa stress dan tertekan saat menentukan pilihan karir. Tak hanya itu, penelitian seorang ahli observasi anak Indonesia, Andi Fajria, menemukan bahwa 87% mahasiswa Indonesia merasa keliru dalam memilih jurusan kuliah dan berujung pada pemilihan karir yang tak sejalan dengan riwayat pendidikan. Maka dari itu, pengadaan program bimbingan konseling yang didesain untuk membantu siswa menemukan karir yang tepat sangat diperlukan. Ajak siswa untuk menyelami berbagai pilihan karir dan top-skill yang dibutuhkan industri. Bisa juga dengan mengajak siswa untuk menggali potensi mereka dengan mencoba berbagai psikotes, seperti tes minat bakat dan tes biometrik, yang dapat menggambarkan potensi siswa secara akurat.

Program Study Corner

Beban belajar yang cukup tinggi hendaknya diimbangi dengan pengadaan fasilitas bimbingan konseling yang memadai. Program bimbingan konseling dalam bentuk study corner ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk menceritakan kesulitan mereka dalam belajar. Pengajar pun juga dapat membagikan berbagai tips yang dapat membantu proses belajar siswa, seperti cara menjaga fokus saat belajar, strategi note-taking, ataupun cara membagi prioritas belajar. Program bimbingan konseling ini akan lebih seru lagi jika ada sesi peer-sharing yang memungkinkan siswa untuk saling berbagi cara belajar dan kendala yang mereka alami.

Program Konsultasi Online

Hasil penelitian Indonesia National Adolescent Mental Health Survey pada tahun 2022 mengungkap bahwa 1 dari 3 remaja Indonesia mengalami masalah kesehatan mental dan hanya 2,6% dari mereka yang menggunakan fasilitas konseling. Salah satu faktor yang membuat remaja enggan untuk berkonsultasi adalah pelabelan dan rasa malu. Dengan penyediaan program bimbingan konseling berupa konsultasi secara online, siswa dapat memiliki opsi anonim saat menceritakan kondisi mereka. Opsi ini diharapkan dapat membuat siswa yang tidak nyaman bercerita secara langsung tetap terfasilitasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *