5 Hal Penting Saat Persiapan Interview Online Pekerjaan

persiapan interview online | Skillana

Kamu mungkin sedang berada di tahapan wawancara kerja dan akrab dengan istilah interview online yang menggunakan beberapa platform. Meskipun virtual, tapi persiapan interview online nggak boleh ketinggalan untuk kamu lakukan.

Biarpun online, tapi rasanya tetap sama seperti wawancara oleh HRD secara langsung kok, sob. Bedanya hanya pada media penyampaiannya.

Kamu malah untung dengan adanya interview online karena bisa dilakukan pada tempat-tempat yang kamu rasa nyaman dan tidak mengganggu. Makanya, kemungkinan kamu mendapatkan pekerjaan di luar kota sangat besar karena perusahaan tidak mengharuskan kamu untuk datang ke kantor.

Lewat artikel ini, Mimin Lana ingin berikan apa saja persiapan interview online. Baca, yuk!

1. Cek Kondisi Internet dan Perangkat

Dua hal ini tergolong peralatan yang penting selama interview online. Pastikan laptop atau PC kamu tidak terkendala dengan mengeceknya secara berkala (malam dan beberapa jam sebelum mulai).

Mimin sarankan untuk tidak pakai smartphone ya, sob untuk antisipasi permintaan dari User atau HRD yang bisa saja memberikan tugas dadakan saat melakukan wawancara. Meskipun bisa menggunakan smartphone, tapi laptop atau PC jauh lebih nyaman daripada menggunakan ponsel pintar.

Jika diperlukan, kamu bisa melengkapinya dengan webcam eksternal untuk hasil yang lebih jernih. Jadi, HRD bisa melihatmu dengan jelas.

Nah, peralatan kecil yang menurut Mimin perlu siapkan adalah headphone atau headset. Benda itu membantumu untuk mendengar dan menyalurkan suara yang jelas dan kecil gangguan.

Lakukan pengecekan internet dengan berkala baik menggunakan wifi atau jaringan smartphone. Kalau kamu ke kafe, persiapan interview online yang kamu lakukan adalah datang lebih awal. Itu gunanya untuk mengecek koneksi internet disana. Jika kamu merasa kurang optimal, kamu bisa pindah tempat tanpa terlambat memasuki room wawancara online.

2. Siapkan Alat Tulis dan Dokumen

Tidak perlu lengkap, cukup bolpoin dan buku kecil. Biasanya kamu akan membutuhkannya untuk mencatat beberapa pertanyaan yang perlu kamu lakukan riset terlebih dahulu.

Dengan alat tulis itu kamu bisa mengurangi permintaan untuk mengulangi pertanyaan. Ini penting karena mereka bisa menilai kamu sebagai orang yang tidak siap saat wawancara jika kerap meminta untuk mengulang pertanyaan.

Persiapan interview online ini bisa kamu gunakan untuk mencatat informasi penting dari mereka. Karena jarang sekali mereka akan mengulangi informasi tersebut. Jadi kamu perlu mencatatnya agar tidak ketinggalan informasi.

Nah, dokumen tidak harus kamu persiapkan. Tapi untuk jaga-jaga, cobalah siapkan Curriculum Vitae (CV) yang kamu kirimkan ke mereka. Mungkin saja HRD atau User akan memastikan kembali isinya.

3. Persiapan Interview Online dengan Baju yang Rapi

Percayalah, HRD bisa menilai kamu lewat baju yang digunakan. Berikan kesan profesional kepada mereka dengan baju yang formal dan rapi.

Tapi nggak selalu berwarna hitam dan putih ya, sob. Itu mitos cara berpakaian yang kurang tepat saat wawancara kerja. Kamu bisa membaca selengkapnya tentang berpakaian saat interview di artikel ini.

Meskipun virtual, tapi tetap gunakan pakaian yang rapi dari atas hingga bawah. Memang HRD dan rekruter tidak akan melihat pakaianmu mulai dari tengah sampai ke bagian bawah. Tapi menggunakan pakaian rapi dari atas sampai bawah menambah kepercayaan diri saat ingin interview. Terlepas itu, Mimin tetap sarankan untuk mengenakan outfit head to toe yang baik dan sesuai.

Apalagi kalau kamu interview di luar rumah. Bukan hanya HRD yang menilai, tapi orang sekitarmu yang ikut memberikan penilaian tentang diri kamu. Jadi, buatlah dirimu tetap “spesial” untuk HRD dan orang sekitar.

4.Gunakan Gaya Tubuh yang Memikat

Siapa bilang body language hanya untuk interview offline? Meskipun hanya terlihat di layar, tapi gaya tubuhmu sangat terlihat oleh HRD.

Pada persiapan interview online ini, menatap kamera jadi hal yang penting. Melihat kamera adalah pengganti untuk menatap mata HRD. Jadi, mereka akan melihat kita seperti sedang menatapnya, bukan seperti sedang melihat ke bawah.

Gesture tubuh yang nggak perlu kamu hilangkan selama interview online adalah pergerakan tangan. Buatlah suasana seperti ngobrol dengan tambahan gerakan tangan yang tetap meyakinkan dan profesional. Jangan sering letakan tangan di atas meja dengan posisi tertutup. Itu bisa jadi penilaian yang buruk untuk diri sendiri.

Ada lagi body language yang perlu kamu perhatikan yaitu posisi duduk. Jangan terlalu dekat dengan laptop atau PC karena HRD perlu melihat gesture tubuhmu dengan jelas. Duduk tegak dengan jarak ke perangkat masih dianggap normal.

Postur tubuh lainnya yang nggak boleh kamu perlihatkan adalah memutar kursi karena kamu terkesan menganggap sepele HRD. Meskipun duduk di atas kursi dengan jenis tersebut, tetap tampilkan postur yang tegak agar dapat meyakinkan mereka.

Ingat, ekspresi juga termasuk gaya tubuh. Buatlah kamu sebagai orang yang ramah dan percaya diri dengan wajah yang tersenyum. Menurut berita online Okezone, senyum bisa mengubah suasana hati lawan bicara yang dalam hal ini adalah pihak perusahaan. Jadi, persiapan interview online yang kamu lakukan tidak sia-sia.

5. Siapkan Pertanyaan dan Jawaban Wawancara

Kalau kamu pertama kali wawancara kerja, coba manfaatkan Youtube untuk tahu kisi-kisi pertanyaannya. Selain itu, kamu bisa mempersiapkan wawancara kerja dengan menggunakan Skillana.id.

Di situ, kamu bisa berlatih wawancara seolah-olah dengan HRD menggunakan Robot AI. Disamping latihan wawancara, kamu juga bisa memutar kembali hasil rekaman wawancara bersama Robot AI. Nah, fitur-fitur Skillana itu bisa jadi evaluasi untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam menjawab pertanyaan dari HRD.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pertanyaan ke HRD. Catat apa saja yang ingin kamu tahu pada tahapan rekrutmen ini. Jangan sampai pertanyaanmu menyinggug hal-hal yang sensitif tentang perusahaan atau karyawan. Bisa jadi mereka tidak lagi mempertimbangkanmu sebagai kandidat yang baik karena satu kesalahan.

Persiapan Interview Online Jadi Lebih Matang, kalau?

Mimin Lana tahu kebutuhanmu, makanya kami berikan beberapa persiapan interview online yang paling penting.

Selagi mempersiapkan interview online, kamu bisa kepoin Skillana. Kami punya beberapa tes yang bisa digunakan untuk mengetahui minat dan bakat.

Agar lebih siap, kamu perlu tahu beberapa mitos dan fakta dunia kerja dengan mengikuti webinar dengan pembicara Abdul Muchith berjudul:

Breaking The Myths: Correcting Job Seeking Myths, Collecting Recruitment Tips

Yuk, daftar sekarang! Informasi lengkapnya ada di sini.

Referensi:

https://www.cakeresume.com/resources/interview-online

https://www.indozone.id/life/ByspBxE/10-tips-sukses-interview-online-langsung-diterima-kerja/read-all