Intip Rahasia Work Life Balance yang Belum Diketahui

work life balance | Skillana

Work life balance,apakah kamu pernah mendengar istilah itu? Belakangan banyak orang yang menyebutkannya di sosial media. Tapi belum banyak dari kita yang bisa mencapai keseimbangan itu.

Bukan hanya pekerja, work life balance juga bisa dirasakan oleh kamu yang masih menempuh jenjang pendidikan. Buat kamu yang masih kuliah atau sekolah, apakah juga merasakannya?

Kalau iya, Mimin Lana akan ceritakan rahasianya melalui artikel ini.

Sebelum lanjut membaca, jangan lupa ajak teman-teman kamu untuk baca artikel ini. Agar kalian semua sama-sama tahu tentang work life balance.

Penyebab Sulitnya Mencapai Work Life Balance

Keseimbangan kegiatan prioritas dan kegiatan lainnya adalah definisi sederhana dari work life balance. Semua orang tentu ingin merasakan keseimbangan itu. Tapi tiap-tiap dari kamu mungkin memiliki porsi yang berbeda untuk menyeimbangkannya.

Misalnya kamu adalah pelajar. Padatnya jadwal sekolah atau kuliah membuatmu susah membagi waktu dengan kegiatan lainnya. Alasannya adalah tugas yang menumpuk.

Tapi setelah lulus, jangan harap kamu bisa langsung merasakan apa itu work life balance yang sesungguhnya. Ini adalah awal perjalanan karir yang memiliki beban lebih besar.

Beban itu belum seberapa jika kamu bandingkan dengan menjadi karyawan. Meskipun Work From Home (WFH) adalah tren kerja yang baru, tapi itu tidak menjamin kamu bisa melakukannya

Justru menurut website Kementerian Keuangan WFH malah membuat orang tidak seimbang dalam bekerja karena overworked. Itu karena susahnya koordinasi antar karyawan karena berbeda tempat dan waktu.

Tapi diri sendiri juga bisa mengurangi kesembangan ini faktor yang pertama adalah malas. Punya tugas yang menumpuk harusnya langsung dikerjakan, bukan malah dibiarkan begitu saja. Parahnya lagi, kamu malah melakukan kegiatan yang tidak penting seperti main handphone, scroll sosial media dan nongkrong.

Selain itu, kamu terlalu multitasking. Kamu dipaksa untuk melakukan pekerjaan lebih dari satu yang jadi tidak konsentrasi.

Cara Menerapkan Work Life Balance

Kalau kamu merasakan hal di atas, cobalah untuk menerapkan beberapa poin di bawah ini:

1. Buatlah Schedule

Tiap orang punya cara sendiri dalam membuat schedule. Jika kamu orang yang tidak ribet dan suka yang instan, bisa coba gunakan aplikasi seperti Google Calendar. Itu punya fitur pengingat otomatis yang muncul di smartphone kamu, loh.

Tapi kalau kamu adalah orang suka mencatat, gunakan sticky note untuk mencatat jadwal yang penting. Kamu bisa tempelkan ke benda-benda yang sering kamu gunakan dalam kantor seperti laptop dan meja kantor.

Letakkan kegiatan yang penting pada bagian awal ya, sob. Tujuannya agar kamu bisa memprioritaskan kegiatan yang penting untuk dilakukan terlebih dahulu.

2. Cobalah Untuk Lebih Tegas

Tegas bukan berarti galak, ya. Ketegasan ini agar kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan satu tugas. Kamu bisa menyeleksi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu. Alasan lain untuk menolaknya adalah pekerjaan baru tidak sesuai dengan kompetensimu. Jika dipaksakan dikhawatirkan akan menimbulkan kesalahan.

3. Self Love

Jangan lupakan diri sendiri saat melakukan pekerjaan kantor. Lakukanlah apa saja kegiatan yang kamu sukai untuk mengurangi stres.

Tidak ada patokan dalam menjalankan self love. Itu karena setiap orang punya cara sendiri untuk memanjakan diri sendiri. Cara ini juga berfungsi untuk menghindari pikiran yang stress dan menjaga kesehatan tubuh.

4. Kerjakan Tugas Dikantor Untuk Work Life Balance

Ini penting dan bisa kamu pertimbangkan untuk menghasilkan work life balance yang baik. Jangan kerjakan tugas kantor di rumah sekalipun itu menumpuk. Lingkungan yang tidak kondusif adalah alasan utama saat kamu mengerjakannya di rumah.

Ingatlah bahwa rumah adalah tempat istirahat setelah “berperang” tenaga dan waktu, bukan sebagai tempat kerja kedua.

Manfaat Work Life Balance

Tidak akan sia-sia saat kamu melakukan ini. Yuk, ketahui beberapa manfaatnya di bawah ini:

1. Bahagia dan Lebih Produktif

Pikiran kamu akan lebih tenang daripada sebelumnya. Dengan itu kamu bisa lebih mudah mengerjakan tugas-tugas di hari berikutnya dan meningkatkan produktivitas kerja.

2. Kreativitas Meningkat

Kreativitas bisa kamu dapatkan setelah melakukan kegaiatan yang kamu sukai. Dengan itulah kamu bisa menemukan ide-ide yang baru dari suatu kejadian yang juga baru saja kamu rasakan.

Menurut Dr. Tamara McClintock Greenberg yang kami kutip dari portal berita TribunNews, tuntutan kerja yang tinggi membuat kita lupa dengan kebutuhan diri sendiri. Makanya istirahat dengan melakukan kegiatan yang kamu suka adalah healing yang terbaik. Bukan hanya sekedar menyegarkan pikiran, kreativitas juga bisa meningkat karena pikiran itu.

3. Memiliki Hubungan Baik

Perasaan ini meningkatkan rasa bahagia yang tinggi. Perasaan itu kemudian bisa berimbas ke rekan-rekan kantor sehingga kamu bisa menciptakan suasana yang happy dan nyaman saat berkoordinasi dengan tim.

Raih Work Life Balance Dengan Baik

Faktanya work life balance bisa dirasakan oleh siapapun dengan beban yang berbeda-beda. Bukan hanya faktor eksternal, diri sendiri juga bisa menyebabkan perasaan ini susah untuk kamu wujudkan. Nah, tiap orang juga punya kesusahan sendiri dalam mewujudkannya.

Apakah kamu memiliki kesusahan yang sama? Sepertinya kamu belum tahu tentang diri sendiri lebih dalam.

Banyak sekali manfaat yang kamu miliki saat mengetahuinya. Salah satunya adalah kamu bisa mewujudkan work life balance lebih mudah dan tidak susah seperti apa kata orang.

Yuk, Mimin Lana bantu cari tahu potensi diri kamu, ya. Skillana adalah platform yang saat ini sedang kamu butuhkan. Banyak jenis assesmen yang kami miliki untuk mencari tahu potensi kamu.

Yuk, ciptakan work life balance bersama Skillana!