Tembus HRD! Inilah Tuntunan Membuat Surat Lamaran

surat lamaran | skillana
pixabay

Tiap perusahaan memiliki beberapa persayaratan berkas saat kamu ingin melamar kerja. Salah satunya adalah surat lamaran.

Buatlah perusahaan tertarik melalui berkas yang kamu berikan. Penasaran bagaimana surat lamaran pekerjaan yang menarik HRD?

Ketahui selengkapnya pada artikel ini.

Pentingkah Surat Lamaran?

Jangan terkecoh dengan perusahaan yang tidak menginformasikan berkas-berkas lamaran. Kamu harus tetap melampirkan surat lamaran karena hal itu penting, mengapa?

1. Sebagai Komunikasi

Surat adalah salah satu metode berkomunikasi. Hal itulah yang masih kita gunakan saat melamar kerja karena sebagai jembatan untuk berkomunikasi.

Anggap saja kamu dan pihak perusahaan tidak mengenal sebelumnya. Itulah peran berkas ini yaitu sebagai jembatan komunikasi antara kalian berdua. Maka kamu bisa menggunakan bahasa layaknya sedang berbicara dengan orang secara langsung.

Eits, meskipun begitu, kamu tidak boleh sembarangan dalam membuatnya. Perlu kamu ingat, surat lamaran ditujukan oleh perusahaan. Maka dari itu gunakanlah bahasa formal yang baku agar terlihat profesional.

2. Bahan Pertimbangan

Setelah itu, serahkan keputusan selanjutnya kepada perusahaan. Setidaknya kamu telah berusaha untuk menceritakan apa yang ingin kamu tonjolkan kepada mereka.

Perlu kamu ketahui bahwa HRD akan menyeleksi kandidat-kandidat yang sesuai kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, buatlah surat lamaran semenarik mungkin, agar mereka tertarik. Bagaimana caranya? Inilah penjelasan selengkapnya.

Jangan Lakukan Ini!

Internet adalah gudangnya template dari salah satu berkas kerja ini. Sayangnya, tidak semua dapat memikat HRD karena beberapa hal.

Template itu sudah umum digunakan sehingga menjadikan orang tidak kreatif untuk mengembangkan isi surat lamaran yang menarik. Seperti contohnya surat lamaran yang kami ambil dari 99.co.

Tidak ada yang salah dengan surat di atas. Tapi akan lebih baik jika kamu bisa memanfaat kreatifitas kamu dalam mengolah kata-kata. Jika kamu tetap menggunakannya, keunikan kamu tidak akan terlihat oleh HRD.

Begini Surat Lamaran yang Menarik

Apakah model surat lamaran kamu seperti di atas? Jika iya, segera ubah agar lamaran kamu bisa menarik HRD perusahaan.

Tidak sulit kok. Artikel ini akan memberikan tuntunan dalam membuat surat lamaran yang baik dan lengkap berdasarkan referensi dari orang yang expert di bidangnya.

Paragraf Pembuka Surat Lamaran

Kami awali pada bagian yang paling. Seperti halnya surat lamaran lain, kamu wajib mencantumkan identitas penerima surat tersebut.

Lebih baik jika kamu riset tentang perusahaan mulai dari alamat, hingga nama HRD perusahaan. Manfaatkanlah internet untuk mencari informasi tersebut. Apalagi dengan adanya aplikasi seperti Linkedin, kamu mudah mengetahui nama HRD perusahaan tersebut.

Mencantumkan nama HRD adalah langkah awal dalam menarik pembaca surat ini yaitu HRD yang telah kamu sebut namanya. Pencantuman nama tersebut bertujuan untuk membangun rasa yang lebih personal.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah pengecekan salah tulis atau typo. Bukannya membangun rasa personal, justru hal ini menyebabkan lamaran kerja kamu tidak dibaca secara menyeluruh. Setelah itu, jangan lupa menyertakan kalimat “Dengan Hormat,” sebagai pembuka dari kalimat-kalimat berikutnya.

Awali dengan perkenalan nama dan pendidikan. Agar lebih personal, lengkapilah dengan kata ganti orang pertama “saya” untuk menyebutkan diri kamu.

Pada paragraf yang sama, lengkapi informasi ke HRD terkait posisi yang kamu lamar dan darimana kamu mengetahui lamaran tersebut.

Paragraf Kedua dan Ketiga

Ceritakanlan bagaimana kamu tertarik bekerja di posisi yang kamu lamar. Buatlah kalimat yang menandakan bahwa kamu sangat tertarik untuk bekerja di bidang tersebut. Bangun emosi HRD dengan kalimat yang kamu buat dengan menonjolkan keinginan yang tinggi dalam bidang tersebut namun tetap menggunakan bahasa yang formal dan personal.

Pertegas beberapa kata dengan menggunakan kata tebal. Hal itu akan memudahkan HRD dalam mengetahui minat yang tinggi tersebut.

Setelah memaparkannya, kamu berikan paragraf baru untuk menceritakan “mengapa kamu tertarik di perusahaan tersebut”. Jangan hanya opini yang kamu tulis, lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut.

Imbangi argumen kamu dengan riset yang didapatkan tentang perusahaan tersebut. Jika memungkinkan, tampilkan hasil riset terbaru yang membanggakan terkait dengan perusahaan tersebut.

Paragraf Keempat

Banggakan skill yang kamu miliki pada paragraf ini. Pastikan kemampuan-kemapuan tersebut masih berkaitan dengan kualifikasi posisi tersebut.

Agar mereka percaya, ceritakan pula cara kamu mendapatkan keahlian dan pencapaian yang kamu dapat.

Ceritakan pula kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan selama perkuliahan atau saat menunggu panggilan pekerjaan. Ini adalah cara membuktikan kepada HRD bahwa kamu adalah orang yang aktif.

Penutup Pada Surat Lamaran

Ucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran. Selain itu pada bagian ini, lengkapi harapan kamu untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut dan menunggu untuk melewati tahapan berikutnya.

Sambil Menunggu Panggilan Interview, Yuk Lakukan Ini

Setelah membaca artikel ini kamu mungkin akan mendapatkan banyak insight baru mengenai cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat surat lamaran kerja yang sesuai. 

Nah galau menunggu respon oleh HRD, kamu bisa latihan simulasi wawancara dengan menggunakan Robot Ai Wawancara di Skillana.id. Bersama Mbak Widya, kamu bisa lebih percaya diri saat kamu telah dinyatakan lolos ke tahapan wawancara dengan HRD.

Selamat mencoba ya!