Tips Jitu Menaklukkan Interview Kerja Kamu

two men talking
Sumber: LinkedIn Sales Solution/Unsplash

Interview menjadi salah satu poin yang sering kali dianggap menegangkan untuk para pencari kerja. Bagaimana tidak? Interview merupakan langkah terpenting untuk membuktikan kepada perusahaan bahwa kamu merupakan kandidat terbaik untuk posisi yang sedang mereka cari.

Kalau kamu sedang mencari tips agar interview-mu berjalan dengan baik, artikel ini akan membantumu menemukan jalan keluarnya.

Apa saja persiapan yang harus dilakukan?

Persiapan sebelum melakukan interview dapat menjadi kunci keberhasilan agar kamu bisa menjalani proses interview dengan baik. Kamu tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan kesan terbaik pada saat kamu menjalani interview. Jadi, persiapan ini dapat membantumu untuk memberikan kesan yang baik sehingga kamu mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Yuk, simak beberapa tips-nya!

1. Lakukan Research tentang Perusahaan

Kalau kamu belum melakukan ini sebelum kamu menjalani interview, tidak ada kesan yang menarik selain kamu hanya berdiam diri dan menjawab beberapa pertanyaan tanpa kamu tau perusahaan apa yang sedang kamu hadapi.

Perusahaan cenderung mencari kandidat pekerja yang sesuai dengan budaya yang selama ini mereka jalani. Melakukan research tentang perusahaan dapat memberi kamu petunjuk mengenai tujuan besar perusahaan sehingga kamu tidak akan merasa ragu ketika menjawab beberapa poin penting terkait perusahaan.

Ketika kamu dapat menjawab beberapa poin tersebut, kamu akan terlihat menjadi seseorang yang benar-benar ingin dan mampu untuk memberikan dampak positif dengan posisi yang sedang kamu cari.

2. Pahami Deskripsi Pekerjaan

person wearing black coat close-up photography
Sumber: Van Tay Media/Unsplash

Memahami deskripsi pekerjaan dapat membantu kamu untuk menemukan tujuan utama posisi pekerjaan tersebut dalam sebuah perusahaan. Ketika kamu memahami deskripsi pekerjaan yang sedang kamu cari, kamu akan lebih mudah untuk menyelaraskan keterampilan yang kamu punya dengan tujuan dari posisi pekerjaan yang sedang kamu cari.

Hal ini juga dapat membantu kamu untuk menemukan beberapa kemungkinan pertanyaan yang mungkin keluar terkait pekerjaan tersebut.

3. Perhatikan dan Pahami Resume yang Kamu Tulis

Resume yang kamu tulis berisi skills dan riwayat pekerjaan yang paling relevan untuk posisi pekerjaan yang sedang kamu cari. Banyak dari para pencari kerja sering kali bingung ketika mendapatkan pertanyaan terkait poin-poin yang ada pada resume yang sudah mereka tulis.

Untuk itu, ketika kamu mempersiapkan hal ini, kenali apa kemampuan yang relevan dan riwayat pekerjaan apa yang sudah kamu lakukan sehingga kamu dapat menjelaskan ini dengan baik dan semua kemampuan yang kamu punya dapat kamu jelaskan tanpa terlihat kebingungan.

4. Luangkan Waktu untuk Berlatih

Ketika kamu mempunyai waktu luang, cobalah untuk berlatih dengan memposisikan diri kamu seakan akan sedang melakukan interview.

Kamu bisa mencoba berlatih dengan menjawab beberapa  pertanyaan populer yang sering kali ditanyakan, hal ini bisa dilakukan dengan mencoba berbicara didepan cermin, merekam dengan ponsel dan dapat dilakukan dengan bantuan teman atau keluarga.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Video CV di Skillana untuk berlatih interview bersama AI. Di sini, kamu bisa berlatih menjawab berbagai pertanyaan yang biasa ditanyakan di interview.

Berlatih dapat membantumu untuk menumbuhkan kepercayaan dirimu dan membantumu mengatasi rasa gugup.

Apa yang harus dilakukan pada saat interview?

Setelah kamu melakukan beberapa persiapan, sekarang saatnya kamu memperhatikan hal apa saja yang harus dilakukan pada saat interview. Yuk, simak beberapa tips-nya di bawah ini!

1. Berpakaian Sopan dan Rapi

man in blue and white plaid dress shirt using macbook pro
Sumber: LinkedIn Sales Solutions/Unsplash

Ketika kamu melakukan interview, cobalah untuk berpakaian sopan dan rapi tanpa terkesan belerbihan. Pakaian menjadi suatu hal yang penting karena ini menunjukan kepribadian yang anda miliki.

2. Sabar dan Berpikir Positif

Perusahaan tidak hanya merekrut satu atau dua kandidat dalam mencari kandidat yang mereka butuhkan, hal ini tentunya akan membuat kamu untuk menunggu giliran untuk melakukan proses interview. Selagi kamu menunggu giliranmu, cobalah untuk bersikap sabar dan berpikir positif, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mengingat apa saja kualitas relevan yang kamu punya  yang dapat kamu berikan untuk perusahaan.

3. Atur Ponsel ke Mode Diam

Ponsel sering kali menjadi gangguan ketika proses interview berjalan, ada kalanya kamu lupa mematikan alarm, atau tiba tiba seseorang mengirimkan kamu pesan dan panggilan. Sebelum kamu melakukan interview, pastikan semua hal yang dapat mengganggu kamu lewat ponsel dapat teratasi dengan baik. Kamu bisa mengatur dengan mode sunyi, atau mematikan ponsel selama kamu melakukan proses interview.

4. Berperilaku Baik

Berikan tatapan dan senyuman hangat ketika kamu melakukan interview, ini dapat membuat proses interview menjadi lebih rileks.

5. Berikan Jawaban Terbaik

three women sitting at the table
Sumber: Christina @wocintechchat.com/Unsplash

Pastikan kamu mendengar pertanyaan dengan baik sehingga kamu dapat memberikan jawaban dengan jelas. Dalam hal menjawab pertanyaan, berbicaralah dengan jelas dengan kecepatan yang normal, dan atur nafas agar kamu tidak terlihat seperti tergesa-gesa.

6. Tunjukkan Bahwa Kamu Ingin Belajar Lebih

Ketika kamu dihadapkan dengan kemampuan yang pada dasarnya kamu belum benar benar paham, tunjukan bahwa kamu mau belajar lebih atau bahkan kamu bisa menambahkan dengan sedikit kemampuan yang relevan. Kamu bisa menunjukan bahwa kemampuan tersebut secara  konseptual sama dengan kemampuan yang kamu punya, sehingga perusahaan bisa memberikan kamu kesempatan untuk belajar selagi kamu menjalani posisi tersebut.

7. Perhatikan Kontak Mata dan Fokus

Kalau kamu mulai berpikir tentang pertanyaan apa saja yang akan keluar berikutnya dan mempersiapkan susunan kalimat untuk jawaban berikutnya, hentikan hal ini.  Lebih baik untuk fokus pada pertanyaan yang sedang ditanyakan dan mencoba untuk tetap menjaga kontak mata agar konsentrasimu tidak terpecah.

8. Jangan Ragu untuk Bertanya

people sitting on chair in front of table while holding pens during daytime
Dylan Gillis/Unsplash

Ketika kamu diberikan waktu untuk bertanya, jangan katakan kamu tidak mempunyai pertanyaan. Sebaliknya, siapkan beberapa pertanyaan atau kamu bisa membuat catatan kecil ketika proses interview berlangsung.

9. Hindari Lelucon

Jangan sesekali membuat lelucon ketika kamu sedang melakukan interview, ini akan memberikan kesan yang buruk. Kecuali, jika orang yang mewawancari kamu dengan sengaja membuat sedikit lelucon, kamu bisa ikut tertawa tanpa menunjukan ekspresi yang berlebihan.

10. Ucapkan Kalimat Positif

Setelah proses interview selesai, berikan kalimat positif sebagai bentuk terimakasih karena kamu  telah diberikan kesempatan untuk menjalani proses interview. Hal ini bisa memberikan kesan yang sangat baik dan tidak menutup kemungkinan menjadi bahan pertimbangan untuk kamu mendapatkan pekerjaan.

Sekarang kamu sudah semakin siap untuk interview, bukan? Tenang, kamu bisa banget buat latihan interview di Skillana dengan menggunakan fitur Video Interview. Kamu akan menjawab berbagai pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview. Good luck!