Apa Itu Search Engine Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

person using smartphone and laptop at the same time
Sumber: Austin Distel/Unsplash

Bagaimana jika ada cara untuk membuat strategi digital marketing-mu lebih baik dan efektif? Bagaimana jika kamu bisa mendapatkan nilai lebih untuk setiap uang yang dihabiskan untuk pencarian berbayar? Apakah kamu ingin memulai untuk bersaing dengan yang lain?

Di artikel ini, kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar search engine marketing, yaitu strategi pemasaran menggunakan mesin pencari. Tidak hanya itu, di artikel ini juga terdapat strategi untuk melakukan marketing SEM dengan efektif.

Apa itu SEM?

turned on black and grey laptop computer
Sumber: Lukas Blazek/Unsplash

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi online marketing yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas online sebuah website di Search Engine Result Pages (SERPs). SEM bersinggungan dengan Search Engine Optimization (SEO), karena dapat mencakup strategi seperti menulis ulang suatu konten website dan susunannya untuk mencapai peringkat lebih tinggi. Namun, SEM umumnya mengacu pada pencarian berbayar atau Pay-Per-Click (PPC).

Bagaimana cara kerja SEM?

SEO dan SEM harus menjadi bagian yang mendasar dari strategi digital marketing kamu karena algoritma yang menggerakkan search engine lebih canggih dari hari ke hari. Mesin ini menggunakan algoritma yang rumit untuk memastikan hasil yang relevan untuk setiap hasil pencarian, termasuk lokasi dan informasi bermanfaat lainnya.

Dalam SEM, iklan bersponsor muncul di bagian atas dan di samping hasil search engine untuk mendapatkan lebih banyak tampilan dan keunggulan daripada hasil yang organik.

Itu berarti strategi iklan pencarian berbayar yang dipikirkan harus benar-benar jika kamu ingin postingan kamu ada di peringkat awal.

Misalnya kamu adalah seorang pelanggan yang mencari produk atau servis online. Kamu pergi ke search engine dan menuliskan topik yang ingin kamu cari (yang juga disebut sebagai kata kunci/keyword).

Di halaman hasil pencarian kamu, kamu akan menemukan berbagai iklan yang kata kuncinya cocok dengan kata kunci dalam pencarian kamu.

Iklan ini muncul di lokasi yang menonjol di halaman pencarian, bersama dengan daftar pencarian lain yang cocok dengan kata kunci kamu. SEM sangat relevan dengan pencarian kamu, sehingga kemungkinan kamu akan mengkliknya.

Website seperti Semrush dapat membantu kamu untuk memantau iklan dan landing page kompetitor, yang memungkinkan kamu memperoleh wawasan tentang cara mengoptimalkan campaign kamu serta apa yang dapat kamu lakukan untuk mengalahkan kompetitor kamu.

Dalam search engine marketing, pengiklan membayar sebanyak iklan ditampilkan, yang disebut sebagai paid per click (PPC). Search engine marketing bertujuan untuk menjangkau pengguna saat mereka benar-benar membutuhkan informasi yang kamu tawarkan, sehingga iklan PPC baiknya tidak terlalu clickbait atau mengganggu.

Secara keseluruhan, strategi SEM yang dibangun dengan baik juga dapat meningkatkan SEO website kamu dengan menarik traffic yang berkualitas tinggi. Ini membuktikan kepada search engine seperti Google bahwa website kamu adalah sumber resmi, yang pada gilirannya akan ada di SERP.

Bagaimana cara untuk membuat strategi SEM yang efektif?

monitor screengrab
Sumber: Stephen Phillips/Unsplash

Nah, sekarang kita lihat bagaimana cara kerja campaign SEM bekerja dari perspektif perusahaan.

Jaringan SEM adalah toko yang sistemnya self-service, yaitu sistem yang memungkinkan pelanggannya mendapatkan barang tanpa bantuan staf. Setelah perusahaan memilih jaringannya, mereka bisa mendapatkan campaign dalam waktu singkat.

Langkah-langkah untuk membangun strategi SEM, yaitu:

  • Lakukan riset kata kunci
  • Pilih kata kunci yang terkait dengan bisnis kamu dan memiliki intensi yang tepat
  • Buka Google Ads dan siapkan campaign
  • Pilih kata kunci yang paling relevan
  • Buat iklan yang akan ditampilkan di hasil pencarian
  • Pilih strategi bidding dan bayar untuk setiap klik yang kamu dapatkan

SEM dianggap oleh banyak orang sebagai cara paling efisien untuk menghabiskan biaya marketing. SEM memungkinkan kamu menempatkan iklan di depan pengguna yang sedang membutuhkan hasil pencarian. Tetapi untuk memastikan bahwa campaign kamu berjalan dengan efektif, kamu harus menargetkan kata kunci yang tepat, serta memperhatikan beberapa hal lagi.

Apa yang Google cari saat pelelangan iklan?

person using microsoft surface laptop on lap with two other people
Sumber: Windows/Unsplash

Semua campaign iklan bersaing untuk target grup tertentu dan kompetitor mungkin menargetkan pengguna yang sama seperti kamu. Cara Google memilih iklan mana yang akan ditampilkan kepada pengguna tertentu adalah melalui lelang iklan.

Menurut pedoman Google Ads, terdapat 3 faktor utama yang mereka pertimbangkan selama lelang iklan:

  • Tawaran tertinggi: Nilai maksimum yang bersedia kamu bayar untuk sebuah klik pada iklan kamu
  • Quality score: Rumus yang digunakan Google Ads untuk menentukan relevansi iklan kamu, atau seberapa bermanfaatnya bagi pengguna
  • Ekstensi iklan: Informasi tambahan yang kamu berikan di iklan kamu (nomor telepon, tautan ke website tertentu, dan sebagainya).

Tawaran maksimum mengacu pada strategi penawaran Googlem dan kamu memiliki kontrol penuh atas ini. Hal yang sama berlaku untuk ekstensi iklan yang mungkin memengaruhi kinerja iklan kamu. Namun, quality score yang diberikan kepada kamu oleh Google dan itulah alasan mengapa iklan kamu yang memenangkan lelang ini.

Quality score tidak berhasil jika iklan kamu memuat banyak kata kunci yang tidak relevan dan umum. Ini dapat merusak hasil kamu dan memberikan efek yang salah kepada Google.

Bagaimana cara membuat iklan yang solid untuk SEM?

man writing on whiteboard
Sumber: Campaign Creators/Unsplash

Ada satu cara yang pasti untuk membuat iklan yang solid dan akan menuai keuntungan: membuat kalimat kata kunci yang berisi data.

Jika kamu memilih kata kunci yang sangat relevan, kamu akan memenangkan pelelangan iklan dengan harga yang lebih rendah daripada kompetitor kamu. Ini karena quality score kamu tinggi, artinya kamu telah memahami pengguna lebih baik daripada kompetitor kamu.

Singkatnya, saat membuat suatu kalimat, kamu harus memastikan hal-hal berikut.

  • Gunakan kata kunci yang mencakup maksud pengguna yang tepat
  • Bandingkan dan analisa volume pencarian kata kunci dan kepadatannya
  • Kendalikan biaya dengan memeriksa struktur campaign dan pengelompokkan iklannya

Prakteknya akan lebih sulit daripada teori, tetapi jangan menyerah tentang sistem SEM ini.

Jika kamu masih merasa kebingungan dan memiliki berbagai pertanyaan, kamu bisa banget buat ikutan acara Mini Bootcamp yang diadakan oleh Skillana. Di sini, kamu akan mempelajari lebih dalam tentang SEM, serta mendapat pengetahuan lainnya tentang Digital Marketing! Yuk, daftar di sini!