9 Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2022

brown and white long coated small dog wearing eyeglasses on black laptop computer

Jadikan 2022 lebih baik dari 2021 dengan meningkatkan keterampilan kerja yang dicari oleh rekruter.

Saat kita melihat ke depan hingga 2022, kita tahu satu hal yang pasti; pandemi mengubah semuanya, termasuk dunia kerja. Dengan adanya pandemi, perusahaan berusaha untuk menjaga roda tetap berputar. Persaingan calon karyawan semakin ketat dan semakin kompetitif.

Jika kamu sedang mencari cara untuk membedakan diri kamu dibandingkan kandidat lainnya, kamu perlu berpikir di luar gelar dan sertifikasi kamu untuk menuju keterampilan kerja teratas yang diinginkan perusahaan pada 2021.

Kebanyakan orang yang melamar suatu posisi memiliki sertifikasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu. Tetapi banyak manajer perusahaan setuju bahwa soft skill milik kamu yang dapat menempatkan kamu di urutan teratas dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Saat kamu bersiap-siap untuk menguji pasar kerja di tahun depan, pelajari keterampilan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan yang dilansir dari Top Resume ini.

1. Mau untuk terus mempelajari hal baru

person in blue denim jeans sitting on bed with laptop

Hari-hari mendapatkan pekerjaan dan hanya asal memilih keterampilan sudah berakhir. Jika kamu ingin untuk maju lebih baik, kamu perlu untuk mempelajari bidang tertentu secara terus-terusan. Dengan meningkatkan keahlian kamu, entah itu soft skill atau hard skill, kamu meningkatkan peluang untuk meningkatkan jenjang karir kamu.

Perusahaan senang untuk mendengar bahwa kandidat mau untuk mempelajari hal baru. Skill ini dibutuhkan karena perubahan dan pertumbuhan terjadi dengan kecepatan yang luar biasa. Mereka yang tidak mau belajar hal-hal baru akan tertinggal.

Tips: Lihat platform kelas online seperti Coursera untuk melihat apa yang mereka tawarkan di bidang pekerjaan kamu, dan jangan takut untuk keluar dari bidang ini juga. Jika kamu seorang programmer yang ingin mempelajari tentang project management, bagus. Kalo kamu ingin mempelajari desain, bagus juga! Apapun bidangnya, pasti akan menambah pengetahuan kamu. Itu juga akan menjadi nilai plus.

2. Manajemen waktu

Manajemen waktu selalu penting, akan tetapi dengan kerja dari rumah, itu lebih penting dari sebelumnya. Itu berarti atasan kamu harus percaya bahwa kamu dapat mengatur waktu kamu dan menyelesaikan pekerjaan tanpa ada yang mengawasi. Di era teknologi, media sosial dan TV dapat mengalihkan pekerjaan kamu. Kamu perlu untuk membuktikan bahwa kamu dapat bekerja dengan efektif dan tepat sasaran.

Tips: Prioritaskan tugas kamu untuk hari selanjutnya, tempatkan tugas termudah terlebih dahulu agar kamu lebih semangat untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih berat. Dengan begitu, kamu akan tetap pada target dan fokusmu akan tetap sesuai.

3. Dapat mengambil keputusan

man standing in front of people sitting beside table with laptop computers

Apakah semua orang dapat mengambil keputusan? Tidak juga. Bagi sebagian orang, pengambilan keputusan sangat menyiksa; mereka memikirkan berbagai pertanyaan seperti, ‘Bagaimana jika kita membuat pilihan yang salah? Apakah itu layak untuk dijadikan investasi? Apakah tim akan mengikuti’.

Memiliki kemampuan untuk menilai kriteria yang ada dan mengambil keputusan yang tepat, bahkan jika kamu kadang-kadang salah, menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan. Ini juga menunjukkan bahwa kamu bersedia mengambil resiko, dan itu juga hal yang baik.

Tips: Pengambilan keputusan yang tidak hanya secara sikap adalah suatu keterampilan. Cobalah baca buku tentang pengembangan diri dan latih kemampuan berpikir kritis kamu.

4. Dapat bekerjasama dengan siapa saja

Jika kamu berpikir bahwa bekerja remote berarti sendirian, kamu mungkin akan terkejut. Bekerjasama adalah hal yang biasa dilakukan, namun saat ini lebih sulit dibanding biasanya. Bekerjasama tidak secara langsung dan dapat merangkul orang-orang serta memikirkan strategi saat mengerjakan proyek menunjukkan kepada HRD bahwa kamu dapat tetap menjadi tim walaupun bekerja sendirian di rumah.

Tips: pelajarilah cara kerja divisi lain; sementara kamu mungkin tidak dapat melakukan semuanya, kamu dapat mempelajari bagaimana dan mengapa tim lain melakukan apa yang mereka lakukan akan membantu kamu bekerjasama dengan mereka dalam proyek apapun.

5. Kecerdasan emosional

Kemampuan untuk tetap selaras dengan emosi kamu sendiri dan emosi orang-orang di sekitar kamu lebih berharga dibanding biasanya. Kamu diharuskan untuk mengerti bagaimana perasaan orang saat mengerjakan sesuatu. Hari-hari seperti ‘tinggalkan masalah pribadi kamu saat sudah sampai kantor’ telah hilang. Dari mengenali emosi teman kerja dan klien kamu, kecerdasan emosional akan membantu kamu menjadi ‘manusia yang ramah’ tanpa harus menjadi ekstrovert.

Tips: mulailah mengisi tes asesmen seperti Skillana. Dengan mengisi tes asesmen ini, kamu bisa mengenali diri kamu lebih jauh dan melihat potensi diri kamu lebih jauh.

6. Kreatif dan tidak mudah menyerah

Asian businessmen and businesswomen meeting brainstorming ideas about creative web design planning application and developing template layout for mobile phone project working together in small office. Free Photo

Tahun 2022 akan menjadi masa perubahan dan pertumbuhan, dan itu berarti memiliki kreativitas dapat menempatkan kamu pada posisi terdepan untuk menemukan solusi dan ide-ide baru yang menggerakkan jalan perusahaan kamu.

Terkadang ide-ide baru tidak langsung berhasil, atau bahkan tidak sama sekali, dan kemampuan untuk bangkit dari kemunduran dengan perbaikan dan ide-ide baru menunjukkan kepada atasan bahwa kamu akan membuat perusahaan mereka terus maju.

Tips: Temukan beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas kamu.

7. Mudah beradaptasi

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa semua hal berubah lebih cepat dibanding biasanya? Semakin berkembangnya teknologi, berarti semakin banyak hal baru yang ditemukan. Itu berarti kata-kata ‘Kita selalu seperti ini!’ sudah tidak berlaku lagi pada kehidupan pekerjaan kamu.

Kamu harus beradaptasi dengan teknologi baru, kolaborasi baru, dan filosofi baru untuk berhasil di tahun 2021.

Tips: mulailah cari tahu tentang gaya kerja setiap orang, dan coba untuk mengikutinya. Cobalah untuk menerima budaya apapun dan terbuka akan itu.

8. Dapat mengatur suatu pekerjaan

Memahami cakupan penuh proyek kamu dan mampu mengelolanya dari konsep hingga penyelesaian akan menjadi keterampilan penting di tahun 2022. Dengan munculnya lebih banyak pekerjaan remote, lebih sulit bagi manajemen untuk mengawasi setiap proyek yang berjalan, sehingga memiliki karyawan yang terampil dalam manajemen proyek membuat hidup mereka lebih mudah. Ini juga membuat kamu siap untuk membantu orang lain dan mungkin beralih ke peran manajemen kamu sendiri.

Tips: Jadikan diri kamu mahir dengan setidaknya satu atau dua sistem manajemen proyek. Lakukan riset untuk melihat mana yang paling populer di industri kamu.

9. Mengetahui tentang sosial media dan media digital

shallow focus photography of crowd taking video

Suka atau tidak suka, media digital sangat penting di saat-saat seperti ini. Jika kamu ingin bersaing di dunia kerja, kamu setidaknya harus mengetahui apa yang ada di luar sana, cara kerjanya, dan jenis audience yang dimiliki. Meskipun prinsip untuk berpegang pada apa yang kamu ketahui, pola pikir itu akan terbuang sia-sia dan tidak berlaku lagi.

Tips: sering-seringlah membuka sosial media dan update dengan keadaan saat ini. Kamu bisa untuk melihat update berita yang kamu sukai saja, kemudian merambah ke topik-topik lainnya.

Nah, itu dia 9 skill yang harus kamu siapin di 2022. Nah, kalo kamu pengen buat melihat sifat-sifat apa saja yang ingin kamu upgrade, kamu bisa banget isi tes asesmen di Skillana. Di sini, kamu bisa tahu bagaimana karakter kamu dalam pekerjaan, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ini. Yuk, isi sekarang!