ISTJ, Pribadi yang Taat dan Bisa Diandalkan

Ratu Elizabeth II Kepribadian ISTJ

ISTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang terdapat dalam tes kepribadian Myers Brigg Type Indicator (MBTI). ISTJ sendiri merupakan singkatan dari introversion, sensing, thinking, dan judgement. Dalam tes MBTI, tipe kepribadian ISTJ dikategorikan sebagai the inspector. Tipe kepribadian ini menikmati ketertiban dan hal hal yang terorganisir di semua bidang kehidupan termasuk dalam rumah, pekerjaan, keluarga, dan proyek yang mereka jalankan. ISTJ sangat menghargai kesetiaan dalam diri mereka sendiri dan orang lain, dan sangat menekankan pada tradisi.

Bisa dibilang, sebagian besar dari individu yang memiliki tipe personaliti ini adalah pribadi yang bertanggungjawab. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai pribadi yang memiliki sifat tenang, disiplin, dan sangat menghargai orang lain.

Karakteristik Kepribadian ISTJ

  • ISTJ adalah pribadi yang sangat terencana. Individu dalam tipe kepribadian ini suka merencanakan hal dengan hati hati sebelumnya. Mereka sangat menikmati kehidupan yang teratur. Selain itu, mereka suka hal yang terorganisir dan sangat memperhatikan hal secara detail. Ketika hal yang mereka kerjakan berjalan menjadi kacau, kemungkinan mereka akan susah untuk beristirahat sampai bisa menyelesaikan semuanya hingga benar benar selesai.
  • ISTJ adalah pribadi yang bertanggungjawab dan realistis. Mereka lebih memilih pendekatan secara logis untuk mencapai tujuan mereka dan mampu bekerja secara cepat untuk mencapai tujuan tersebut. Pribadi dalam kepribadian ISTJ tidak mudah terdistraksi dan mampu mengabaikan tugas gangguan untuk fokus pada tugas yang sedang mereka kerjakan. Mereka sering digambarkan sebagai pribadi yang mudah diandalkan dan dapat dipercaya.
  • ISTJ juga sangat menekankan pada tradisi dan hukum. Mereka sangat taat pada aturan, tradisi, dan hukum. Mereka lebih memilih untuk taat pada aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dalam beberapa kasus, ISTJ bisa tampak kaku dan pantang menyerah dalam keinginan untuk mempertahankan struktur yang sudah ada.

Tipe Tipe Kepribadian ISTJ

  • ISTJ-T atau Turbulent Logisticians

Pada umumnya, individu dengan kepribadian ISTJ-T akan selalu berjuang untuk berusaha mendapatkan posisi yang aman dan menjamin keselamatan dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini lebih berkaitan dengan sifat mereka yang dikenal dengan perfeksionis. Sulit untuk menemukan rasa puas bagi individu dengan tipe kepribadian ISTJ-T.

Kehidupan individu dengan tipe kepribadian ISTJ-T biasanya sangat terencana, tetapi sering masih meragukan rencana yang sudah mereka buat. Mereka juga sangat peduli dengan citra diri mereka dengan orang sekitarnya. Mereka juga sangat menghargai hubungan yang sudah mereka bangun, sehingga lebih sering mempertahankan hubungan yang sudah ada.

  • ISTJ-A atau Assertive Logisticians

Dibanding dengan ISTJ-T, kepribadian ISTJ-A lebih mudah merasa puas. Selain itu, mereka sangat mengenali diri mereka sehingga paham dengan apa yang mereka inginkan dan tujuan mereka dalam hidup. 

Kesamaan dari kedua tipe kepribadian ISTJ ini adalah memiliki kehidupan yang sangat terencana. Namun, ISTJ-A lebih yakin dengan tujuan mereka dan lebih mudah mencapai tujuan tersebut. Hal ini bisa saja disebabkan karena apa yang mereka harapkan sejalan dengan keinginan mereka. Tipe kepribadian ini kurang tertarik dengan pendapat orang lain dan berfokus pada pendapat dan keinginan mereka.

Kekurangan kepribadian ISTJ

  • Keras kepala

Walaupun kepribadian ini dikagumi dengan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab mereka, mereka terkadang menjadi pribadi yang keras kepala, tidak fleksibel, dan dogmatis. Mereka sering percaya bahwa cara yang mereka pilih adalah cara yang benar dan harus diikuti. Selain itu, adalah pilihan yang salah.

  • Kurang bijaksana

Komitmen mereka yang keras dapat membuat mereka bermasalah dalam hubungan pribadi. Tidak jarang, mereka berbicara banyak tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain. Mereka kurang memperdulikan perasaan orang lain dan lebih mementingkan kejujuran terhadap diri sendiri.

  • Mudah menyalahkan diri sendiri

Ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, mereka cenderung menyalahkan diri sendiri dan sering merasa bersalah. Mereka akan sulit menerima bahwa hidup tidak akan selalu berjalan sesuai rencana. Mereka mudah merasa gagal dan kalah. Hal ini bisa menjadi sumber stres dan bahan merenung yang berkelanjutan.

  • Sulit menerima perubahan

Karena terlalu bertahan terhadap tradisi dan aturan yang lama, individu dalam pribadi ISTJ sangat sering melakukan suatu hal terpaku pada buku atau teori. Mereka sering melihat masalah baru tapi menyelesaikannya dengan cara lama. Hal ini dapat membatasi potensi mereka dan dapat membuat mereka terlihat kolot di depan rekan kerja atau orang sekitar.

ISTJ dalam Pekerjaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepribadian ISTJ sangat bisa diandalkan dalam dunia kerja. Mereka bekerja sesuai dengan deadline dan sangat sistematis, sehingga kecil kemungkinan yang ada untuk melakukan kesalahan. ISTJ sangat menghargai lingkungan kerja yang stabil.

ISTJ berada dalam kondisi terbaik dalam dunia kerja saat mereka mampu membuat rencana yang terperinci dan tidak banyak penyimpangan yang terjadi. Meskipun mereka sering melakukan pekerjaan secara mandiri, mereka sangat menghargai kerja bersama tim, terutama jika ada hierarki yang jelas sehingga mereka tahu siapa yang bertanggungjawab. Lingkungan kerja yang ideal bagi tipe kepribadian ini adalah lingkungan yang tenang, teratur, dan terstruktur dengan aturan serta regulasi yang tersusun secara baik dan dipatuhi seluruh karyawan.

Pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadian ini adalah akuntan, analis, auditor, teknik sipil, atau tipe pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan saat menjalankan bekerja. 

Tipe kepribadian ini tidak disarankan untuk bekerja pada bidang yang menuntut cara berperilaku dan berpikir yang tidak lahir secara alami, atau abstrak. Tipe pekerjaan seperti ini dapat membuat mereka stress dan menguras tenaga sehingga terkesan tidak menarik. Contohnya adalah pekerjaan yang ada di bidang seni, seperti pemusik, aktor, art director.