INFP: Idealis, Introvert, dan Pendengar yang Baik

Jika Kamu adalah seseorang yang pendiam, tidak suka bersosialisasi, dan selalu melakukan segala hal sendirian, pasti kamu akan dianggap seseorang yang introvert. Padahal tidak semua sikap pendiam dan tidak suka bersosialisasi itu adalah seorang introvert, hal tersebut hanyalah stigma masyarakat yang salah mengartikan sikap dan kepribadian Kamu. Terlepas dari stigma masyarakat, Kamu juga perlu mengetahui apakah kamu adalah seorang introvert atau bukan.

Berdasarkan tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, terdapat 8 klasifikasi introvert, yang artinya ada 8 jenis tipe kepribadian introvert dan salah satunya yang ada pada diri kamu. Jika kamu adalah sosok pendiam tetapi kamu juga adalah sosok yang peduli dengan sesama dan suka membantu orang lain, maka tipe kepribadian yang cocok untukmu adalah INFP. 

Apa itu Kepribadian INFP?

Introvert (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P) atau disingkat INFP adalah kepribadian yang sering digambarkan sebagai sosok yang idealis atau Mediator. Kepribadian Mediator adalah seorang idealis yang sejati, selalu mencari celah kebaikan bahkan pada kejadian terburuk sekalipun. Walaupun seorang Mediator selalu dirasa pendiam, tidak ramah, bahkan pemalu, namun mereka memiliki api semangat yang sangat bersinar.

Tipe kepribadian ini mencapai 4% dari populasi, dan seorang INFP sayangnya memiliki risiko salah dipahami yang cukup tinggi. Seorang INFP dipandu oleh prinsip yang mereka miliki, bukan dengan logika, maupun kegembiraan. Saat menentukan cara untuk melangkah maju, mereka akan memperhatikan kehormatan, keindahan, moralitas, dan nilai.

Meski memiliki sikap yang cenderung tertutup dan idealis, orang-orang dengan kepribadian ini nyatanya adalah seseorang kreatif. Seorang INFP memiliki keinginan untuk membuat dunia lebih baik lagi, sehingga mereka tidak sungkan untuk membantu orang lain dengan cara mereka. 

Kepribadian INFP dibagi menjadi 2 tipe, yaitu INFP-A (Assertive) dan INFP-T (Turbulent) berikut adalah perbedaannya :

·         INFP – Assertive (A)

Tipe kepribadian INFP satu ini cenderung melihat sebuah kesalahan sebagai suatu hal yang pasti dialami semua orang, sehingga tidak mau mengambil pusing hal tersebut. Seseorang dengan INFP – A lebih memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi masalah atau risiko dibanding seseorang dengan INFP – T. Namun hal tersebut membuat kepribadian INFP – A dicap sebagai seseorang yang arogan.

Kepribadian INFP – A lebih nyaman dengan dirinya sendiri untuk memikirkan hal-hal yang positif. Sebagai mediator, INFP – A pandai menumbuhkan motivasi dan harapan kepada orang lain, dan mereka bisa menjadi pendengar yang baik disaat Kamu membutuhkannya, karena seorang INFP – A, adalah seseorang yang selalu menghargai pendapat orang lain.

·         INFP – Turbulent (T)

Berbeda dengan kepribadian INFP – A yang bisa positif dalam menanggapi segala hal termasuk kesalahan. Tipe INFP – T justru menganggap bahwa kesalahan adalah sebuah kegagalan. Seseorang dengan kepribadian ini sering merasa tidak nyaman dengan kehidupan yang mereka jalani saat ini. Mereka sering menggunakan rasa ketidakpuasan untuk mencoba menjadi pribadi yang lebih baik. Motivasi mereka untuk memperbaiki kesalahan sebagai kekurangan adalah hal yang membuat mereka untuk bekerja lebih keras.

Kekurangan dari tipe ini adalah, mereka menjadi kewalahan dan rentan stres, karena terlalu menuntut diri sendiri. Tipe INFP – T ini juga rentan mengalami penyesalan terhadap pilihannya sendiri. Namun, baik tipe INFP – T maupun INFP – A, keduanya sama sama punya kepedulian terhadap orang lain, dan selalu menghargai pendapat orang lain.

Karakteristik INFP

Melansir Verywell Mind yang dikutip dari Kompas.com, berikut adalah karakteristik dari kepribadian INFP yang perlu Kamu ketahui :

1.      Suka Menyendiri

Tipe kepribadian INFP cenderung memiliki sikap yang tertutup dan pendiam, karena saat berada dalam situasi sosial, dapat menguras energi mereka. Mereka lebih suka berinteraksi dengan kelompok atau teman dekat tertentu. Seorang INFP mendapatkan energi dari menghabiskan waktu sendirian, namun bukan berarti mereka adalah seorang pemalu.

2.      Mengandalkan Intuisi

Tipe Kepribadian INFP biasanya selalu mengandalkan intuisi dan fokus kepada gambaran secara menyeluruh daripada detail terkecil. Mereka bisa menjadi orang yang sangat teliti mengenai hal-hal yang sangat mereka pedulikan, tetapi mereka cenderung mengabaikan detail yang menurut mereka membosankan.

3.      Mengutamakan Perasaan Pribadi

Kepribadian INFP menempatkan penekanan pada perasaan pribadi dan keputusan yang mereka ambil lebih dipengaruhi oleh rasa khawatir daripada informasi yang objektif. Seorang INFP biasanya selalu menghindari konflik, sehingga mereka selalu menjaga perasaan orang lain, dan hal itu lebih penting bagi seorang INFP. Namun, hal ini tidak menunjukkan profesionalitas, dan bisa merugikan diri mereka.

4.      Fleksibel dan Berpikiran Terbuka

Ketika diharuskan membuat keputusan, seorang INFP cenderung membiarkan pilihan mereka tetap terbuka. Mereka sering menunda dalam membuat suatu keputusan dengan alasan untuk berjaga-jaga jika ada perubahan situasi. Namun saat membuat keputusan, hal itu didasari dengan nilai-nilai pribadi daripada logika, dan pengalaman akan sangat mempengaruhi keputusan mereka.

Jenjang karir untuk INFP

Dalam sebuah karir, INFP biasanya selalu berhasil dengan karir yang membuat mereka mengekspresikan kreativitas dan visi mereka. INFP lebih suka bekerja sendiri, namun mereka juga dapat bekerja dengan baik dengan orang lain. Seorang INFP sangat kreatif, dan artistik, mereka terampil dalam menggunakan bahasa, tetapi lebih menyukai mengungkapkan ekspresi secara tertulis dibanding lisan.

Seorang INFP memiliki etika dan nilai-nilai yang kuat, dengan begitu mereka jadi bersemangat untuk membela dan mempertahankan keyakinan mereka. INFP sangat tertarik untuk mempelajari lebih banyak tentang orang lain. Mereka juga bersedia untuk mendengarkan dan melihat dari sisi lain terhadap suatu masalah.

Bagi Kamu seorang INFP yang ingin memulai karir, dan belum tahu apa prospek karir untuk kepribadian INFP. Kamu dapat menjadi seorang perancang grafis, psikolog, penulis, konselor, dan pekerja sosial.

Tes MBTI ini dapat membantu Kamu mengenali diri sendiri dengan lebih baik. Dalam tes MBTI terdapat pertanyaan – pertanyaan yang bisa kamu jawab sesuai dengan apa yang ada pada diri Kamu. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur, agar hasilnya lebih akurat.  

Kamu mau cek hasil tes MBTI kamu? Cobain langsung di https://skillana.id/type-asesmen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *