Kepribadian ESFJ, Si Loyal yang Tidak Suka Dengan Perubahan

Tes MBTI atau Myres – Briggs Type Indicator adalah sebuah tes yang dilakukan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang. Dalam MBTI terdapat 16 kepribadian berdasarkan 4 dimensi dalam psikologi, yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Pada dasarnya tes MBTI merupakan jenis psikotes yang sering digunakan pada tahap seleksi masuk kerja.

Berdasarkan hasil tes MBTI, Kamu akan mendapatkan salah satu dari ke-16 tipe kepribadian berdasarkan jawaban yang Kamu pilih. Setiap tipe kepribadian pastinya memiliki karakteristik masing-masing termasuk ESFJ. Tipe Kepribadian ESFJ adalah salah satu dari 16 kepribadian yang ada dalam tes MBTI, tipe ini salah satu yang paling popular karena jumlahnya yang mencapai 12 persen dari populasi.

Apa itu Kepribadian ESFJ?

ESFJ dapat diartikan sebagai Extraversion, Sensory, Feeling, dan Judging, yang dalam pengertiannya, ESFJ adalah makhluk sosial, dan selalu mengetahui hal terbaru mengenai apa yang dilakukan oleh teman-temannya. Seseorang yang memiliki kepribadian tipe ESFJ tidak terlalu tertarik untuk memperdebatkan politik internasional terlalu lama. Seorang ESFJ lebih peduli dengan masalah yang praktis, seperti memperbaiki status sosial mereka dan mengamati orang lain.

Tipe ESFJ suka mengikuti apa yang terjadi disekitar mereka, hal tersebut adalah kebutuhan sehari-hari bagi seseorang dengan tipe ESFJ. Selain itu, tipe kepribadian ini selalu melakukan yang terbaik, dengan memanfaatkan kekuatan mereka untuk berbuat baik. Seseorang dengan tipe kepribadian ESFJ cenderung orang yang ramah, setia, dan berhati lembut. Tipe ESFJ mendapatkan energi dari berinteraksi dengan orang lain, dan biasanya digambarkan sebagai orang yang suka berteman dengan siapa saja.

Karakter Kepribadian ESFJ

1.      Pengamat Sekitar

Tipe ESFJ secara alami diarahkan untuk memahami orang lain, mereka dianggap sebagai pengamat yang cermat terhadap orang lain. Hal ini dikarenakan mereka sangat pandai membantu orang lain merasa nyaman dengan diri mereka. Orang-orang akan merasa tertarik untuk berinteraksi dengan tipe ESFJ.

2.      Mengendalikan Lingkungan

Tipe ESFJ yang dibesarkan dengan nilai-nilai dan standar tinggi cenderung akan tumbuh menjadi orang dewasa yang murah hati. Berbeda dengan mereka yang dibesarkan di lingkungan yang kurang aktif, sehingga memungkinkan memiliki etika yang menyimpang sebagai orang dewasa dan cenderung menjadi orang yang manipulatif dan egois.

3.      Loyal dan Serius

Tipe ESFJ sangat setia, dan suportif, mereka tidak tertarik pada hubungan yang biasa, dan memilih untuk fokus pada pengembangan komitmen berjangka panjang. Jika diposisikan sebagai pasangan, ESFJ sangat mendukung pasangannya dengan menunjukkan betapa dia mencintai dan menghargai pasangannya.  

4.      Suka Menghabiskan Waktu dengan Orang Lain

Sebagai seseorang yang ektrovert, ESFJ suka menghabiskan waktu bersama orang lain, mereka tidak hanya mendapatkan energy dari interaksi sosial saja, tetapi mereka juga benar-benar tertarik pada kebahagiaan orang lain. ESFJ sering digambarkan sebagai seseorang yang berhati tulus dan berempati, dan mereka sering menaruh kebutuhan orang lain diatas kebutuhannya sendiri.

5.      Menghormati Kearifan Kepemimpinan

Seseorang dengan tipe ESFJ cenderung memandang serius tanggung jawab mereka untuk membantu dan melakukan hal yang baik. Kepribadian ESFJ menghormati hierarki, dan mereka selalu melakukan yang terbaik untuk memposisikan diri mereka dengan kewenangan, baik dirumah maupun ditempat kerja, tipe ini akan menjaga segala sesuatu agar tetap jelas dan teratur untuk semua orang.

Kelebihan dan Kekurangan Tipe ESFJ

Setiap tipe kepribadian dari tes MBTI memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk ESFJ. Seorang ESFJ memiliki kelebihan saat berteman, mereka merupakan sosok teman yang loyal, mudah diajak bermain, dan gemar menolong. Selain itu, tipe ESFJ juga dikenal sebagai pribadi yang sangat teliti dan terorganisir dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga pada saat bekerja, tipe ini memiliki manajemen waktu yang baik dan sangat produktif.

Meski begitu, tipe ini memiliki beberapa kelemahan, diantaranya terlalu membutuhkan pengakuan dalam mengerjakan suatu hal, sensitive terhadap kritik yang tertuju padanya, dan tidak menyukai perubahan. Namun tidak hanya itu saja, mereka juga cenderung intoleran terhadap sebuah perbedaan, baik pada pandangan maupun hal lainnya.

Jenjang Karier untuk Tipe ESFJ

Karena memiliki karakteristik yang setia, hal ini membuat seseorang dengan tipe ESFJ memiliki sifat yang digemari oleh pimpinan perusahaan. Dalam hal pekerjaan, seorang ESFJ dapat dengan fokus dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan. Beberapa profesi yang diketahui cocok bagi seorang ESFJ adalah agen property, agen penjualan, dan resepsionis.

Seorang ESFJ juga cocok untuk menjadi paralegal, guru, dan pekerja sosial. Beberapa jenis pekerjaan perlu dihindari oleh seorang ESFJ karena sikapnya yang menolak terhadap perubahan, seperti ekonom, editor, insinyur mesin, pengacara, pilot, dan petani. 

perubahan, seperti ekonom, editor, insinyur mesin, pengacara, pilot, dan petani.

Tokoh yang Memliki Kepribadian ESFJ

Sebagai salah satu tipe kepribadian yang memiliki banyak populasi, tak heran jika kepribadian ini juga dimiliki oleh para tokoh terkenal. Disebut sebagai kepribadian yang terpopuler, maka tokoh yang memiliki kepribadian ini juga sangat populer di bidangnya.

Pada bidang politik, terdapat sosok presiden Amerika Serikat Joe Biden, Pangeran William, dan William McKinly. Sementara di dunia hiburan, terdapat nama-nama yang tidak asing di telinga seperti Chris Evans, Ariana Grande, Taylor Swift, dan Ed Sheeran. Selain dunia hiburan, tokoh dari bidang bisnis yang memiliki kepribadian ESFJ dimiliki oleh Andrew Carnegie seorang dermawan dan pengusaha yang terkenal di dunia industri abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Bagi seorang ESFJ, mengatasi sensitivitas adalah tantangan terbesar untuk mereka. Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang ESFJ adalah melakukan apa yang dapat mereka lakukan, seperti menjadi teladan, dan menangani apa yang mampu di tangani. Jika Kamu seorang dengan tipe ESFJ, ketahuilah bahwa banyak orang yang mengapresiasi upaya-upaya yang sudah kamu lakukan. Ketahuilah apa tipe kepribadian yang Kamu miliki menggunakan tes MBTI, agar Kamu lebih mengenal diri sendiri, dan apa pekerjaan yang cocok untukmu.