Jenis Tes Minat Bakat dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

Tidak jarang setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di jenjang perkuliahan, masih banyak ex-mahasiswa yang bingung dengan perencanaan jenjang karir masa depannya. Hilangnya ketertarikan terhadap bidang pekerjaan yang relevan dengan jurusan pendidikan menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu semangat dari dalam diri untuk mencoba hal berbeda dan terasa baru serta dorongan dan arahan yang datang dari lingkungan eksternal, membuat Kamu semakin kebingungan untuk menentukan jenjang karir terbaik.

Jika Kamu sekarang sedang merasa terjebak dalam situasi yang membingungkan tersebut atau untuk Kamu yang sedang berada di tingkat akhir perkuliahan tetapi masih belum memiliki rencana karir dimasa depan, maka artikel ini cocok untuk dilanjutkan membacanya. Artikel ini akan membahas jenis-jenis tes minat bakat yang bisa Kamu coba untuk lebih mengenal diri Kamu dan manfaatnya terhadap perencanaan jenjang karir Kamu di masa depan.

Apa itu Tes Minat Bakat ?

Perbedaan antara seseorang yang mengenali dirinya dengan baik dengan individu yang tidak tahu siapa dirinya adalah dari kemampuannya merancang dan membuat keputusan untuk dirinya sendiri dimasa depan. Seseorang yang mengenali dirinya akan mengetahui secara pasti kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya, sehingga dia bisa memutuskan untuk hal yang menjadi kelebihannya dan meluangkan waktu lebih banyak untuk menutupi kelemahannya.

Namun, tidak semua orang bisa menentukan sikap tegas dan memilih hal yang disukai dan ingin dikembangkannya. Tes minat bakat hadir untuk membantu mereka melakukan hal tersebut. Tes minat bakat adalah ujian yang digunakan untuk memahami kemampuan individu dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Tes ini menilai kemampuan berpikir dan juga penalaran seseorang sembari menguji kejelasan konsep untuk topik tertentu. Hasil tes tersebut memungkinkan individu untuk bisa membedakan antara area yang membutuhkan perbaikan dan area yang dikuasai. Sehingga individu tersebut bisa mendedikasikan usahanya di jalan yang benar dan arah yang tepat serta membantu mewujudkan tujuan masa depan yang diinginkan.

Apa saja jenis-jenis tes minat bakat ?

Kamu bisa mencoba jenis tes minat bakat berikut ini untuk mengenali kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Tes bakat biasanya dilakukan dengan melibatkan berbagai jenis aplikasi diantaranya adalah TalentQ, SHL, Cubiksa dan aplikasi interview lainnya. Jenis tes bakat dipilih berdasarkan situasi tertentu. Tidak hanya dilakukan secara pribadi, organisasi atau perusahaan juga melakukan tes minat bakat untuk mengenali lebih dekat karyawannya, terutama dalam proses perekrutan karyawan baru.

Secara umum tes minat bakat dikategorikan menjadi dua, yaitu :

1.   Tes Minat Bakat di Organisasi

es ini biasanya ditawarkan oleh organisasi atau perusahaan yang diadministrasikan secara online untuk mengenali karyawan dan calon karyawannya. Jenis tes ini biasanya termasuk kedalam rangkaian proses seleksi karyawan baru sebuah perusahaan. Tes ini dinilai sangat cocok untuk menyaring pelamar yang tidak cocok dari proses seleksi sehingga tahapan perekrutan bisa berjalan dengan efektif dan menghemat waktu.

Tes minat bakat dilakukan untuk melihat kemampuan pelamar dalam bidang tertentu, penilaiannya dilakukan berdasarkan peringkat pada sistem penilaian, hal ini memungkinkan perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik, karena bisa membandingkan hasil tes bakat dari kandidat lain.

Hasil tes bakat juga bisa membantu divisi sumber daya manusia memprediksi bagaimana seorang karyawan bereaksi terhadap situasi tertentu di dalam lingkungan kerja. Penilaian ini didapatkan dari tes situasional.   Selain itu juga menggambarkan kemampuan karyawan untuk mengelola stress, keterampilan komunikasi dan kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional juga termasuk aspek yang harus dikenali oleh perekrut kerja dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan emosional menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki karyawan. Kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan individu untuk mengenali emosinya sendiri dan emosi orang lain.

2. Tes Pendidikan

Jenis tes bakat kedua ini ditemukan di lingkungan sekolah, dimana instansi pendidikan memberikan tes bakat kepada siswanya di awal sekolah untuk mengukur kecerdasan dan penguasaan akademik siswa. Selain itu juga bermanfaat dalam proses penyusunan dan penempatan siswa dengan bakat tertentu pada program pendidikan khusus.

Pada instansi pendidikan, rangkaian tes bakat biasanya melibatkan konselor yang akan memberikan bimbingan dan penjelasan dari hasil tes bakat, untuk membantu siswa menemukan dan memilih bidang sesuai dengan keinginan dan kelebihannya.

Selain dikelompokkan berdasarkan pada instansi penyelenggaranya, beberapa jenis tes minat bakat yang sering dilakukan adalah sebagai berikut:

Tes Penalaran Numerik, yaitu tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang membuat keputusan atau kesimpulan yang benar dari data numeric atau statistik.

Tes Penalaran Verbal, adalah tes untuk menilai pemahaman individu tentang teks tertulis dan seberapa factual kesimpulan yang bisa Kamu ambil dari materi tertulis tersebut.

Latihan In-Tray dan E-Tray, adalah tes penilaian standar yang memberikan informasi mengenai kemampuan umum seseorang untuk mengelola dan menangani serangkaian tugas berbeda, kemampuan menegosiasikan tuntutan dari berbagai pendapat yang berbeda dan menganalisis prioritas yang berbeda.

Penalaran induktif, adalah rangkaian tes untuk menilai kemampuan individu untuk bekerja secara fleksibel dengan informasi yang tidak dikenal dan menemukan solusinya.

Tes Penalaran Mekanis, dilakukan untuk mengetahui dan memberikan penilaian terhadap kemampuan dan kompetensi seseorang ketika berhadapan dengan konsep mekanis.

Tes Penalaran Diagram, merupakan tes umum untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bentuk, ide abstrak dan kecepatan Kamu dalam mengamati atau mengekstrak aturan dari ilustrasi dan menerapkannya pada sampel baru untuk menghasilkan jawaban yang benar.

Tes Penalaran Spasial digunakan untuk mengukur kapasitas kemampuan Kamu untuk mengatur ulang, memutar dan memanipulasi bentuk atau objek secara mental tanpa menyentuhnya secara fisik.

Manfaat Tes Minat Bakat

Tes minat bakat termasuk kedalam salah satu instrumen penting terutama dalam proses perekrutan karyawan baru, tidak hanya bermanfaat bagi organisasi, tes ini juga bermanfaat bagi individu. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah:

1. Mengenali diri sendiri dengan lebih baik

Tes bakat bisa membantu seseorang untuk mengenali dirinya dengan lebih baik, hasil tes ini akan membantu Kamu mengetahui kemampuan, minat dan bakat yang Kamu miliki serta kekurangan yang harus Kamu perbaiki. Hal ini akan membantu Kamu dalam membuat suatu keputusan terutama yang berkaitan dengan pemilihan bidang yang Kamu inginkan baik di lingkungan sekolah, jurusan diperguruan tinggi dan bidang pekerjaan

2. Standarisasi dalam proses perekrutan

Tes psikologi termasuk salah satunya tes bakat sering diterapkan oleh perekrut dalam proses penemuan kandidat terbaik. Tes bakat membantu penetapan sebuah standar dalam penilaian sehingga menghindari terjadinya kecurangan dan bias dalam perekrutan.

3. Efektifitas dan Efisiensi

Proses tes bakat dilakukan dengan melibatkan berbagai aplikasi dan dijalankan di laptop atau computer masing-masing kandidat, hal ini akan mempercepat dan mempermudah proses rekrutmen.

Kamu bisa mengakses https://skillana.id/type-asesmen untuk melakukan tes minat dan bakat dan kenali dirimu secara lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *