5 Website Pembuat CV Online Termudah dan Terbaik!

CV yang baik memainkan peran penting dalam karir setiap individu, dan itu adalah salah satu hal yang segera diperhatikan oleh rekruter.

Terdapat banyak sekali website yang menyediakan jasa pembuat CV online. Nah, untuk membantu kamu dalam memilih, berikut 10 rekomendasi pembuat CV online termudah dan terbaik.

Apa itu pembuat CV online?

Sebelum membahas tentang rekomendasi pembuat CV online, mari kita bahas tentang artinya terlebih dahulu.

Pembuat CV adalah alat yang membuat hidup dan pencarian pekerjaan kamu lebih mudah. Kamu tidak perlu untuk menghabiskan waktu berjam-jam menulis CV kamu sendiri di program yang tidak terlalu kamu kenal. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan salah satu pembuat CV yang akan melakukan pekerjaan ini untuk kamu.

Kamu dapat memilih dari template yang menarik secara visual yang sudah ada sebelumnya yang akan segera memikat rekruter kamu. Ada website CV gratis dan berbayar yang menawarkan layanan ini, tergantung pada apa yang sedang kamu cari. Sekarang, ayo temukan yang sesuai untuk kamu!

1. Canva, untuk pembuatan CV yang berdesain

Sumber: Fitur/Canva.com

Jika kamu ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif atau menginginkan CV yang benar-benar menonjolkan diri kamu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu dari ratusan template gratis buatan desainer Canva.

Pilihan Canva sangat bervariasi dan unik, jadi kamu pasti akan menemukan yang kamu sukai, dan memasukkan bagian CV semudah copy dan paste.

Selain itu, template dipisahkan ke dalam berbagai kategori, seperti ‘Desain Grafis’, ‘Kreatif’, ‘Perusahaan’, sehingga dapat memudahkan kamu untuk memilih berdasarkan industri pilihan kamu.

Kelebihan:

  • Pilihan template yang bermacam-macam dan tampilannya menarik
  • Mudah digunakan, seperti mengunggah foto, mengubah jenis font, warna, dan sebagainya

Kekurangan:

  • Kurang ramah ATS
  • Tidak mudah untuk membuat posisi yang rapi karena tidak ada garis pembatas
  • File CV online tidak bisa diedit menggunakan aplikasi pihak ketiga. Satu-satunya cara adalah menggunakan akun Canva

2. Resume Genius, untuk pembuatan CV yang mudah dan cepat

Sumber: ResumeGenius.com

Resume Genius tidak diragukan lagi menjadi salah satu pembuat CV termudah dan tercepat yang kamu miliki. Dengan tampilan yang bersih dan mudah digunakan, alat ini memandu kamu (dengan cepat) melalui kategori termasuk pendidikan, pengalaman kerja, dan referensi. Website ini menawarkan berbagai template bervariasi, mulai dari ‘Majestic’ hingga ‘Stylish’. Resume Geniuis memberi kamu bagian yang mudah diisi sehingga kamu dapat memiliki CV yang mengesankan dan komprehensif dalam waktu yang singkat.

Kelebihan:

  • Tampilan yang mudah untuk digunakan
  • URL untuk berbagi dan melacak pekerjaan
  • Dapat mencari posisi dan memilih lebih dari 50.000 deskripsi pekerjaan yang berhubungan dengan apa yang kamu lamar

Kekurangan:

  • Format file gratis yang bisa diunduh adalah .txt, kamu harus membayar trial selama 14 hari untuk mengunduh CV berformat PDF atau format lainnya
  • Tidak ada opsi untuk mengunggah CV yang ada, jadi kamu harus memulai dari awal setiap kali membuka, sehingga sulit untuk meng-update.

3. My Perfect Resume, untuk pembuatan CV yang memberi masukan

Sumber: MyPerfectResume.com

My Perfect Resume memungkinkan kamu untuk membuat CV dari dasar dan memasukkan komponennya ke dalam template kosong atau mengunggah CV yang sudah ada sebelumnya jika kamu sudah pernah membuatnya. Selain itu, di website ini memberi kamu rekomendasi sepanjang proses, termasuk frase yang disarankan yang dapat kamu sertakan untuk posisi tertentu.

My Perfect Resume juga memungkinkan kamu untuk menyertakan bagian opsional seperti sertifikasi, pencapaian, dan afiliasi, yang sangat penting jika kamu baru memulai atau berpindah industri. Website ini sangat berguna jika kamu melamar pekerjaan di bidang kreatif dan ingin menambahkan warna atau desain unik ke CV kamu.

Untuk menggunakan My Perfect Resume secara gratis, klik ‘Unduh’ di toolbar sebelah kiri setelah kamu berada di step terakhir, alih-alih memiliki ‘Save and next’. Selanjutnya, pilih ‘Plain Text (.txt)’ untuk mengunduh CV kamu secara gratis.

Kelebihan:

  • Cocok jika kamu membutuhkan masukan untuk CV kamu
  • Kalau kamu belum tahu bentuk CV yang sesuai dengan posisi yang kamu inginkan, ini cocok untuk kamu.

Kekurangan:

  • Opsi kustomisasinya masih sedikit, dan hanya sembilan template yang dapat dipilih

4. Standard Resume, untuk pengguna aktif LinkedIn

Sumber: StandardResume.co

Standard Resume memungkinkan kamu untuk mengimpor informasi kamu langsung dari LinkedIn, yang dapat menghemat waktu jika profil akun LinkedIn kamu sudah lengkap.

Selain itu, background putih dan fitur minimalis memungkinkan kamu untuk fokus pada hal yang benar-benar penting, yaitu konten kamu. Kamu dapat beralih antara ‘Write’ dan ‘Design’ untuk melihat bagaimana tampilan CV kamu sebelumnya mengunduhnya sebagai PDF. Hal terbaiknya, website ini juga membuat CV kamu responsif terhadap ponsel sehingga kamu dapat melhatnya di ponsel kamu.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Mudah digunakan karena dapat mengunduh data dari LinkedIn
  • Minimalis, membantu kamu untuk fokus pada pengalaman dan pencapaian

Kekurangan:

  • Template yang minimalis, sehingga tidak ada komponen desain atau pilihan

5. Indeed, untuk pembuat CV sekaligus pencari kerja

Sumber: Indeed.com

Membuat CV Indeed adalah proses yang sangat cepat. Hal yang dapat membedakan website ini dibanding website lain adalah kamu dapat secara otomatis membagikan CV kamu dengan rekruter di Indeed segera setelah kamu selesai. Jika kamu telah menyelesaikan CV, kamu masih bisa untuk mengunggahnya ke website milik kamu sendiri.

Meskipun memang tidak menawarkan banyak pilihan untuk berkreasi seperti website lain, Indeed adalah pilih yang bagus jika kamu ingin membuat resume yang lebih tradisional dan ingin langsung mengunggahnya.

Nah, itu dia 5 website pembuat CV terbaik buat kamu. Untuk membantumu, Skillana juga udah menyiapkan template CV yang bisa kamu pakai. Good luck on your journey!