Begini Sikap Nasionalisme dan Patriotisme Di Luar Sekolah

Sebagai anak muda, kita pastinya sudah tanggal 28 Oktober kan? Yap, tanggal itu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sebagai penerus bangsa, kamu perlu menjalankan sikap nasionalisme dan patriotisme.

Eits tapi bukan untuk menjadi pahlawan di medan perang ya, Sob. Kamu tetap bisa melakukan itu dimanapun kamu berada tak terkecuali di luar sekolah.

Meskipun ini masih awal tahun 2023, tapi nggak salah kok buat melakukan sikap ini kapan saja. Karena menurut Mimin, anak yang berjiwa naisonalis dan patriotis dapat dilakukan dimana saja tak terkecuali pada lingkungan sekolah atau perkuliahan

Caranya sederhana kok, Mimin spill lewat artikel ini, ya.

1. Mencintai Produk Dalam Negeri

Kita pasti suka banget dengan belanja. Apalagi e-commerce sudah menjamur dan menjadikan lebih bervariatif dalam memilih barang yang ingin kita beli.

Hal itu pun telah di survei dan hasilnya sangat mengejutkan. Rata-rata generasi Milenials dan generasi Z mengalami peningkatan pada tiap tahunnya.

sumber: Databoks

Statistik di atas memperlihatkan kalau generasi Milenial dan generasi Z adalah mereka yang suka belanja online. Gimana enggak, e-commerce yang menjamur membuat kita semakin banyak pilihan untuk mendapatkan barang-barang yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan.

Nah, meskipun kamu suka mengakses e-commerce milik Indonesia, tapi nggak selamanya barang-barang tersebut 100% buatan Indonesia ya, Sob. Bahkan tak jarang kamu nantinya akan menemukan toko dari luar negeri.

Kalau sudah demikian, jangan buru-buru untuk membelinya, ya. Kamu coba deh untuk cari-cari lagi, Mimin yakin akan menemukan produk yang kamu inginkan dan 100% buatan Indonesia.

Jadi, keputusan kamu dalam membeli produk dalam negeri adalah satu contoh sikap nasionalisme dan patriotisme di luar sekolah yang Mimin maksud. Dengan membeli produk tersebut, kamu berarti telah menghargai karya anak bangsa dan mendukungnya untuk selalu berkarya.

2. Menjunjung Tinggi Perbedaan

Selalu ingat semboyan negara kita, ya “Berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Meskipun Mimin dan kalian semua punya latar belakang yang berbeda, tapi kita semua harus saling bertoleransi.

Sikap nasionalisme dan patriotisme ini bisa dimulai dari hal yang kecil di lingkungan terdekat. Misalnya adalah menghargai pendapat orang lain.

Kita punya hak buat menyuarakan pendapat terhadap apapun. Biarkan teman-temanmu berpendapat terhadap sesuatu meskipun itu berbeda dengan pendapat yang kamu miliki. Dengarkan apa yang diutarakan kemudian ambilah keputusan dengan mempertimbangkan pendapatnya .

Kamu mungkin bisa bertoleransi saat sedang menentukan tempat berlibur bersama teman-temaan saat mengisi waktu luang.

Baca Juga:

3. Menaati Peraturan yang Berlaku

Adanya peraturan digunakan untuk meminimalisisr kejadian yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Menaati peraturan adalah sikap kepahlawanan karena mampu menjaga ketertiban bersama.

Kamu nggak cuma menaati dan menjalankan peraturan. Tapi jangan lupa untuk memberitahu mereka yang mungkin nggak menjalankan peraturan dengan baik.

Sikap nasionalisme dan patriotisme ini untuk mengajak teman-teman saling menjaga ketertiban bersama dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

Sikap kepahlawanan ini manfaatnya nggak cuma untuk diri sendiri tapi kita wajib untuk membagikannya dengan orang lain. Tujuannya sederhana, Sob. Semakin banyak memberikan semangat sumpah pemuda, semakin kuat pula rasa nasionalisme bagi para milenial dan generasi Z yang lainnya.

4. Berpendidikan Tinggi

Pahlawan adalah orang yang nggak gampang terpengaruh dengan orang lain. Mereka punya keinginan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik. Salah satu cara agar kamu tak gampang terpengaruh adalah memiliki pendidikan yang tinggi.

Semakin tinggi pendidikan yang kamu tempuh, maka mindset-mu akan terbentuk dengan baik. Nah, pola pikir tersebut akan memudahkanmu untuk memilih hal-hal yang baik dan buruk bagi masa depan.

Selain itu, berpendidikan juga akan membuat value diri akan lebih tinggi. Nilai diri tersebut bisa berkaitan dengan penilaian orang dan pekerjaan yang akan kamu dapatkan.

Saat ini perusahaan berbondong-bondong untuk mendapatkan calon karyawan yang punya value yang baik. Salah pertimbangan HRD adalah melihat pendidikan kamu, lho. Kalau kamu berhasil menempuh pendidikan yang tinggi, bisa jadi kamu adalah salah satu karyawan yang diinginkan oleh perusahaan.

Menerapkan Sikap Nasionalisme dan Patriotisme Pakai Skillana

Keempat sikap di atas memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Semua itu tergantung dengan kepribadian masing-masing.

Kalau belum mengetahui kepribadianmu, kamu bisa menggunakan Skillana, lho. Lewat platform tersebut kamu akan tahu potensi diri dan rekomendasi pekerjaan yang sesuai.

Cobain pake paket premiumnya, yuk! Mimin yakin deh kamu bisa mengetahui potensi diri lebih baik.

Yuk, daftar di sini!

Referensi:

https://mamikos.com/info/contoh-sikap-nasionalisme-dan-patriotisme-pljr/#:~:text=Bangga%20menggunakan%20produk%20lokal%20atau,moral%20bagi%20remaja%20di%20masyarakat