Ini Dia Tips dan Aplikasi Latihan Wawancara Kerja Gratis

latihan wawancara kerja | skillana

Interview kerja adalah salah satu saat yang paling jobseekers tunggu-tunggu.Biasanya kalian akan diundang ke sesi interview setelah CV yang kamu berikan lulus uji screening oleh HRD. Biar nggak panik pas interview, yuk coba latihan wawancara kerja mulai dari sekarang!

Jangan menunda-nunda kesempatan untuk latihan ini karena mungkin saja tidak datang untuk kedua kalinya. Kebanyakan event latihan wawancara kerja hanya dilaksanakan di periode-periode tertentu saja. Jika beruntung, kamu bisa latihan wawancara kerja langsung bersama ahlinya.

Tapi jika belum mendapatkan kesempatan itu, kamu tetap harus berlatih. Bisa menggunakan cara apa saja, kok. Asalkan kamu punya tekad yang kuat untuk wawancara yang baik.

Maka dari itu, Mimin Lana akan berikan tips-tips latihan wawancara di bawah ini.

1. Latihan Wawancara Kerja Dengan Orang Dekat

Kamu bisa meminta tolong teman atau anggota untuk untuk membantumu latihan wawancara kerja. Lalu apa saja sih yang perlu kamu siapkan dengan cara ini? Yuk, simak baik-baik.

Setting Lokasi Sepeti Nyata

Umumnya tahapan ini dilakukan di rumah. Kenapa nggak memilih kafe? karena Mimin rasa kafe adalah tempat terbuka jadi bakal banyak orang yang berdatangan dan mengurangi kesan seperti di-interview oleh HRD.

Atur lokasi seperti ruangan interview pada umumnya. Meskipun nggak seperti ruangan kantor sungguhan, tapi cobalah untuk menambahkan beberapa peralatan seperti meja dan dua kursi jika kamu perlukan.

Minta Mereka untuk Berpakaian Rapi

Cara ini bertujuan untuk memberikan kesan layaknya interview dengan HRD. Mintalah mereka berpakaian sopan dan rapi, namun tidak menuntut mereka berpakaian terlalu formal.

Ingat, mereka hanya membantu kamu dalam latihan wawancara kerja. Jadi, jangan menuntut banyak untuk terlihat layaknya HRD, ya. Tips ini Mimin anggap cukup penting karena pakaian adalah cerminan seseorang atau posisi dalam pekerjaan.

Mintalah untuk Membuat Pertanyaan “Random”

Random bukan berarti sembarangan, ya. Mintalah mereka membuat pertanyaan yang masih sesuai dengan konteks saat wawancara kerja. Ingatkan kalau mereka seolah-olah menjadi HRD, agar bisa membuat pertanyaan yang sesuai.

Setelah selesai, jangan meminta informasi apapun tentang pertanyaan tersebut. Biarkan kamu menjawab sesuai dengan apa yang kamu rasakan. Jika kamu sudah mengetahui pertanyaannya terlebih dahulu, takutnya jawaban itu terkesan dilebih-lebihkan.

2. Berlatih Secara Mandiri

Kalau cara pertama susah untuk kamu lakukan, maka cara ini alternatifnya. Inilah cara-cara yang bisa kamu coba:

Cari Tahu di Internet

Kamu bisa mendapatkan informasi apa saja melalui internet. Kalau kamu suka membaca, kumpulan Blog Skillana adalah sumber bacaan yang kami rekomendasikan. Tapi Youtube juga dapat kamu pertimbangkan dalam latihan wawancara kerja.

Pertama carilah pertanyaan-pertanyaan saat interview kerja. Apa saja yang bakal HRD tanyakan? Artikel bawah ini bisa jadi alternatif bacaan kamu.

Baca juga:

8 Pertanyaan yang Biasa Ditanyakan Saat Interview

Selain itu, kamu bisa gunakan sosial media untuk tahu pengalaman-pengalaman jobseekers lainnya. Berterima kasihlah dengan adanya internet. Karena kamu dapat melatih wawancara dengan bantuan-bantuan dari orang lain tanpa harus bertemu secara tatap muka.

Berlatih Depan Kaca

Tujuannya untuk menambah percaya diri karena seperti berbicara dengan orang lain.

Beberapa hal yang kamu perlu perhatikan pada langkah ini antara lain: cara berbicara, menatap mata, gesture hingga gaya berpakaian. Keempatnya adalah latihan wawancara kerja yang nggak boleh kamu lewatkan. Itu karena seluruhnya saling menunjang kepercayaan diri saat interview.

Bahkan berbicara depan kaca punya segudang manfaat. Ada 6 manfaat yang perlu kamu ketahui selain tentang melatih wawacara kerja. Dari bacaan itu, Mimin simpulkan kalau dengan kaca kamu bisa curhat, mengetahui diri sendiri dan berjanji untuk lebih baik dari yang kamu lihat sekarang. Keren juga ya, sob?

Latihan Wawancara Kerja Secara Online

Gaya bicara perlu kamu latih karena tahapan ini mengutamakan suara dalam penilaiannya. Jangan terlalu buru-buru saat menjelaskan. Kamu bisa coba rekam suara saat latihan interview kerja. Setelah itu play suara kamu dan cobalah untuk menanyakan ke orang terdekat apakah intonasinya terlalu cepat? Kalau iya, coba lagi dengan cara yang sama hingga orang lain menilai intonasi tersebut sudah cukup sesuai.

Perangkat juga perlu kamu perhatikan. Jika ternyata kurang mendukung, cobalah untuk meningkatkan kualitasnya seperti menggunakan headset untuk suara yang lebih jelas.

Isi Kegiatan yang Positif

Kalau sudah merasa bosan, waktunya kamu untuk beristirahat sejenak. Lakukan apa saja kegiatan yang bisa mengurangi rasa bosan. Tinggalkan sejenak dan lakukan hal-hal positif itu hingga kamu merasa lebih tenang lagi.

Meskipun tiap orang berbeda, tapi pastikan untuk lakukan hal-hal yang positif. Misalnya kamu adalah orang yang suka scroll sosial media. Lebih baik kalau kamu coba untuk melihat akun-akun yang berkaitan dengan informasi seputar dunia kerja, seperti Instagram Skillana.

3. Latihan Wawancara Kerja Dengan Mbak Widya

Mimin mau kenalin Mbak Widya ke kalian, nih. Dia adalah “orang” yang bisa bantu kamu dalam latihan wawancara kerja, loh.

Mbak Widya bisa bantu kamu dengan hanya menggunakan smartphone atau komputer. Dia adalah HRD virtual yang bisa membantumu dalam menyiapkan interview kerja. Dia punya banyak pertanyaan relevan untuk mematangkan kesiapan kamu dalam wawancara kerja.

Lalu, dimana kamu bisa bertemu dengan Mbak Widya?

Yuk, Latihan Wawancara Bareng Skillana

Semua latihan interview kerja memang penting. Biar lebih matang persiapannya, Mbak Widya bisa membantu kamu, loh.

Nggak perlu keluar rumah dan biasa yang besar. Cukup smartphone atau komputer dan koneksi internet, latihan wawancara kerja akan lebih menyenangkan.

Tunggu apalagi? Coba sekarang yuk!