#CariTahuTentangKamu Pakai Metode Johari Window, Yuk!

johari window

Tiap orang punya personality yang berbeda-beda. Kepribadian yang kita miliki akan berpengaruh pada kehidupan sehari-sehari. Agar mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kepribadian kita, kamu bisa gunakan teknik Johari Window untuk tahu lebih dalam mengenai dirimu.

Uniknya, cara ini melibatkan orang lain untuk membantumu lebih tahu tentang kepribadianmu. Ternyata cara ini punya cerita yang wajib kamu tahu, loh.

Yuk, cari tahu bareng Mimin Lana lewat postingan ini. Jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu ya agar sama-sama bisamengetahui kepribadian masing-masing.

Johari Window: Asal-usul Hingga Manfaatnya

penemu johari window
sumber gambar

Bagi kamu yang belum tahu, mereka adalah Joseph Luft dan Harrington Ingham. Keduanya adalah Psikolog Amerika sekaligus penemu Johari Window pada tahun 1955, loh. Kedua nama tokoh itu ada disisipkan pada kata Johari. “Jo” asalnya dari Joseph, sedangkan “Hari” adalah Harrington.

Keunikan lain yang harus kamu tahu adalah kata jendela atau window. Pada jendela terdapat empat kotak kecil, itulah yang menjadi inspirasi dari penamaan teori kesadaran diri ini. Tiap-tiap kotak punya nama sendiri-sendiri yaitu: Open, Blind, Hidden dan Unknown.

Saat menggunakannya, kamu akan dibantu oleh orang lain untuk tahu kepribadianmu. Inilah menjdikan Johari Window mengutamakan komunikasi antara kamu dengan lawan bicara. Tidak perlu Psikolog, kamu hanya perlu meminta teman atau anggota keluarga untuk jadi lawan bicaramu. Jadi, dengan teori ini, kamu bisa meningkatkan self-awarness untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan kekurangan yang mungkin bisa merugikan kamu dan lingkungan sekitar.

Ternyata ada manfaat lain yang kamu dapatkan saat menggunakan Johari Window. Kolaborasi dengan lingkungan akan lebih baik jika menggunakan teori ini. Menurut websites kampuspsikologi, analisis dengan Johari Window meningkatkan produktivitas sehingga lebih efisien dalam berkegiatan. Keuntngannya lainnya adalah kamu bisa menjadi diri sendiri dengan versi yang lebih baik berkat penilaian dari orang lain.

4 Pilar Teori Johari Window

Open, Blind, Hidden dan Unknown akan Mimin jelaskan lebih rinci di bawah ini:

1. Open Area

Dalam fase kuadran I ini kamu dan lawan bicaramu akan salin terbuka. Kalian mengutarakan apa yang kalian saling rasakan tentang sikap masing-masing.

Lebih baik kalau kamu bisa bisa berkomunikasi santai dengan lawan bicaramu. Anggap saja fase ini sebagai sesi “cuehat”. Jadi, semakin komunikatif maka suasana yang tercipta akan lebih nyaman. Gaya tubuh yang timbul juga tidak terbatas karena kamu bisa tersenyum atau melakukan gesture lainnya.

2. Area Blind

Di sini kamu tidak bisa menilai karakter diri sendiri. Jadi, hanya orang lainlah yang bisa menilai kepribadian kamu.

Pada fase ini, kalian tidak akan merasa sangat terbuka dengan lawan bicara. Justru bagian ini rentan untuk miskomunikasi karena bisa saja kamu merasa tidak seperti apa yang mereka nilai. Meskipun begitu, cobalah untuk tenang dan jangan baper. Fase ini adalah penilaian berdasarkan apa yang mereka tahu tentang kamu. Jadikan ini sebagai masukan yang baik untuk kedepannya.

3. Hidden Area

Tiap orang punya rahasia sendiri sehingga tidak bisa semua bisa menceritakan hal-hal tentang dirinya. Tapi fase kuadran ke-3 ini punya dua jenis yang harus diketahui.

Pertama yaitu under disclosed. Kamu tergolong jenis ini jika kamu tidak ingin menceritakan semua rahasia yang kamu miliki. Atau mungkin kamu bisa menceritakannya tapi tidak secara mendalam.

Kedua yaitu kamu adalah orang yang terlau terbuka yang membiarkan orang lain tahu rahasia itu. Jika itu kamu, maka over disclosed adalah kepribadianmu.

4. Pilar Johari Window yang Terakhir

Ini disebut dengan area yang tidak diketahui atau unknown area. Kamu atau lawan bicaramu sama-sama tidak mengetahui kepribadian itu karena tidak terlihat. Bahkan diri sendiri pun tidak mengetahui bahwa kamu juga memiliki sifat itu.

Beda dengan lainnya, fase ini butuh effort lebih untuk mengetahuinya. Menggunakan alat tes psikologi seperti tes kepribadian bisa mengungkapkan potensi dan kelemahan yang berada di area ini.  Tes kepribadian di Skillana bisa menjadi salah satu contohnya.

Biasanya kemampuan itu adalah kemampuan yang sering diremehkan oleh orang lain sehingga kamu tidak percaya diri dengan kemampuan itu. Parahnya kamu tidak berusaha untuk membangkitkan pontensi itu untuk dijadikan sebagai sebuat kelebihan yang berguna untuk kamu.

Cara Membuat Teori Johari Window

Gampang kok, ikuti cara ini secara runtut ya, sob.

1. Buatlah Kelompok

Ajak 5-6 orang untuk mencoba Johari Window. Setelah itu cocokan dengan keperluan Johari Widow yang kamu buat. Jika kamu hanya ingin tahu tentang diri kamu di lingkungan terdekat, cobalah untuk mengajak anggota keluarga. Tapi di lingkungan kerja, ajak rekan kerja untuk mengetahui kepribadianmu.

2. Buat List kata Sifat

Agar lebih mudah, cobalah kamu untuk membuat beberapa kata sifat yang menggambarkan beberapa personality. Setelah itu kamu bisa meminta mereka untuk memilih 5 kata sifat yang cocok dengan personality kamu.

Nih, beberapa contoh kata sifat yang mungkin bisa kamu gunakan:

  1. Sabar
  2. Teliti
  3. Ceria
  4. Berani
  5. Pintar
  6. Dapat diandalakan
  7. Pantang Menyerah
  8. Suka bergaul

Berikan lembaran kertas yang telah terisi beberapa kata sifat. Setelah itu berikan kepada kelompok itu dan mintalah mereka untuk mengerjakannya secara bergantian.

3. Libatkan Diri

Catatlah beberapa kata sifat yang bisa mencerminkan diri kamu. Catatan itu yang nantinya berguna untuk mencocokan karakter kamu dengan apa yang mereka nilai. Tujuan ini adalah untuk lebih mudah untuk mengisi Johari Window yang baik untuk menilai karakter kamu selama ini.

4. Lakukan Analisis

Setelah itu masukkan pilihan mereka ke dalam empat pilar Johari Window di atas sesuai dengan arahan dan definisi yang sudah kami jelaskan di atas.

Keempat pilar tersebut punya nilai idela sendiri di dalamnya. Open area harus memiliki 75%, Blind dan Hidden mencakup 10% dan bagian Unkwon hanya 5%. Kalau kamu ternyata memiliki angka yang berbeda, maka ada beberapa sifat yang harus kamu perbaiki untuk kinerja yang lebih baik.

Pakai Johari Window untuk Mencari Kerja

Kamu bisa tahu karakter yang kamu punya. Dengan itu, kamu lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tak terkecuali saat bekerja. Ini juga berfungsi unutk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Setelah kamu tahu kepribadian, kamu bisa melamar pekerjaan sesuai dengan penilaian lewat Johari Window.

Mungkin tidak semua dari kamu bisa menerapkan cara ini dengan mudah. Beberapa faktor jadi penghalang yang menyebabkan kamu tidak bisa merealisaikan Johari Window. Sepertinya kamu butuh bantuan teknologi agar kamu cepat mengetahui karakter dari diri kamu.

Skillana adalah platform yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui potensi diri kamu. Banyak jenis asesmen yang bisa kamu gunakan dan kamu juga bisa langsung mendapatkan hasilnya, loh.

Yuk, cari tahu tentang diri kamu di sini, ya!