Tutorial Edit Background Pas Foto dengan Website Gratis

Salah satu dokumen yang wajib kita punya untuk macam-macam keperluan adalah pas foto. Mulai dari melamar kerja, mendaftar sidang skripsi, mendaftar CPNS, membuat paspor, dan sebagainya, pasti membutuhkannya. Biasanya, syarat warna background pas foto berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Nah, ini cukup merepotkan bagi yang tidak mempunyai skill mengedit foto. Bahkan ada yang terpaksa berfoto ulang, dan tentunya lagi-lagi perlu merogoh kocek. 

Sebenarnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah background foto sendiri. Berbagai macam aplikasi kini sudah tersedia, bahkan banyak juga yang gratis. Tapi, tidak semua software bisa kita pelajari dalam 1 malam. Lalu, adakah cara yang mudah bagi para pemula? Tentu ada! Sekarang sudah banyak website yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot meng-install aplikasi apapun pada laptop atau gawaimu.

Kebanyakan website untuk mengedit foto bisa kita gunakan tanpa berlangganan alias gratis, tapi beberapa diantaranya tetap memberi watermark pada foto kita. Untuk itu, kita harus pintar-pintar mencari website yang benar-benar bebas digunakan. 
Meskipun relatif lebih mudah dibanding mengedit menggunakan software profesional seperti Adobe Photoshop, mengedit menggunakan website juga perlu dipelajari sebentar saja untuk lebih mengenali istilah-istilahnya. Nah, berikut langkah-langkah mengedit background pas foto dari beberapa website yang tidak berbayar. Yuk, simak selengkapnya!

Remove.bg

https://www.remove.bg/

Website ini merupakan salah satu yang bisa digunakan secara gratis, tapi bisa juga kalau kamu ingin berlangganan. 

Step 1.

Masuk ke web remove.bg lalu klik tombol upload image yang berwarna biru. 

Step 2.

Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut. Kamu bisa langsung drag foto yang kamu mau, atau bisa dengan klik tombol biru lagi yang akan mengarahkanmu ke file explorer.

Step 3. 

Setelah memilih foto, akan muncul tampilan seperti ini. Klik saja tulisan removed background. Sampai step ini, sebenarnya foto sudah bisa disimpan dengan background yang transparan. Kalau kamu ingin menambahkan warna, langsung saja arahkan kursor ke foto, lalu klik tombol edit di pojok kanan atas foto. 

Step 4.

Setelah kamu memencet tombol edit, tampilan yang muncul adalah seperti berikut. Kamu bisa memilih warna background yang diinginkan dengan satu kali klik saja. Setelah itu, klik tombol download di bawah foto untuk menyimpan fotomu.

Step 5.

Langkah terakhir adalah meng-klik tombol download image. Foto akan tersimpan di laptop atau gawaimu dan siap digunakan.

Kelebihan remove.bg adalah prosesnya sangat mudah, tidak ada watermark meskipun kamu tidak berlangganan, dan kamu bisa mengedit foto sebanyak apapun. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat background fotomu transparan. Tapi, pastinya website ini punya kekurangan kalau kamu benar-benar memakainya secara gratis yakni foto yang dihasilkan memiliki resolusi yang biasa saja. Kalau kamu mempertimbangkan untuk menjadi pelanggan berbayar, foto editanmu akan memiliki resolusi dan ukuran file yang lebih besar.

Lunapic.com

https://www.lunapic.com/

Website gratis lainnya adalah LunaPic. Dengan konsep yang sama dengan remove.bg, kamu bisa mengganti background pas fotomu tanpa watermark.

Step 1.

Masuk ke lunapic.com, pilih transparent di bawah editing tools untuk mulai mengedit.

Step 2.

Klik choose file untuk memilih foto yang akan diedit.

Step 3. 

Langsung saja klik pada background fotomu, kemudian bagian tersebut akan menjadi transparan.

Step 4.

Jika ada bagian yang tersisa seperti ini, klik start again to make another area transparent. Halaman akan dimuat ulang dan setelah itu klik pada bagian yang belum transparan. Kemudian, klik tombol apply.

Step 5.

Background pas fotomu sudah transparan. Untuk menambahkan warna, klik add a background.

Step 6.

Muncul halaman seperti ini, kemudian klik our patterns or colors.

Step 7.

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman seperti ini. Pilih warna yang kamu inginkan, klik tombol hijau choose lalu klik tombol biru apply.

Step 8.

Proses editing sudah selesai. Klik tulisan save di bawah foto, kemudian foto akan otomatis tersimpan dalam laptop atau gawaimu.

Website ini bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan mengedit juga. Kamu bisa mengeksplor fitur-fiturnya lebih dalam untuk keperluan editing yang lain. Kekurangannya adalah tampilannya kurang bersahabat untuk pemula. 

Nah, itu dia tutorial mengedit background pas foto menggunakan website gratis di internet. Mana yang mau kamu coba?