Penting! Ini Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset

perbedaan fixed mindset dan growth mindset | Skillana

Mindset adalah pola pikir yang selalu ada pada setiap manusia dan berbeda-beda. Nah, ngomongin soal mindset, kita pasti nggak asing dengan Fixed dan Growth Mindset, kan? Kira-kita perbedaan apa saja perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset?

Ternyata mindset bisa terbentuk secara sengaja dan nggak sengaja lho, Sob. Mindset terbentuk dengan sengaja kalau kamu punya dorongan yang kuat untuk berkembang. Tapi kalau mindset yang terbentuk secara nggak sengaja biasanya karena sebuah peristiwa tertentu yang mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu.

Informasi ini penting banget buat kamu ketahui, lho. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui perkembangan diri sendiri dan bisa mengembangkan potensi diri sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Mimin tahu, informasi tentang Fixed dan Growth Mindset ini perlu disampaikan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Oleh karena itu, Mimin mau kasih “kejutan” buat kamu diakhir artikel ini, Sob.

Penasaran? Simak sampai habis ya.

Pengertian dan Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset

Seperti namanya, pemikiran Fixed Mindset tuh kalau kamu yakin bahwa potensi dalam diri sudah mutlak dan nggak bisa berganti. Biar makin paham, Mimin kasih contoh, ya.

Kamu jago masak dan masakan kamu ternyata sesuai dengan ekspektasi dan disukai banyak orang. Nah, respon itu yang buat kamu yakin kalau memasak adalah kemampuan yang nggak perlu diubah karena sudah terbukti. Jadi, kamu nggak perlu lagi untuk mencari keahlian lain.

Kalau Growth Mindset adalah ketika kamu merasa harus mengembangkan potensi. Usaha jadi hal yang utama untuk meraih semua yang kamu inginkan.

Yuk, sekarang saatnya buat tahu apa saja perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset? Mimin kasih tahu, ya.

Baca Juga:

Cara Pandangnya

Growth Mindset adalah orang-orang yang punya keyakinan buat mengembangkan suatu hal agar lebih baik. Semua yang kamu lakukan buat mencapainya menjadi hal yang berharga. Kamu merasa bangga melalui proses yang sebagian orang menganggap itu nggak nyaman.

Ingat ya Sob, Growth Mindset nggak hanya berorientasi dengan hasil, tapi juga proses.

Beda dengan Fixed Mindset yang cuma menceritakan apa yang didapetin. Menurutnya, proses itu bukan hal yang penting untuk diceritakan ke orang lain. Hasil adalah hal utama yang harus diceritakan agar mereka tahu kalau kamu juga bisa meraih impian.

Mana yang Lebih Suka Challenge?

Kalau kamu sedang mempertanyakan hal tersebut, maka jawabannya adalah si Growth Mindset. Dia merasa kalau pengetahuan dan kemampuannya masih kurang dan perlu untuk berkembang.

Nah kalau Fixed Mindset adalah orang-orang yang nggak berani keluar zona nyaman. Semua yang sudah kamu dapatkan adalah sesuatu yang sesuai dengan harapan. Kamu sangat bangga dengan pencapaian itu karena memanfaatkan potensi diri sendiri.

Si Fixed Mindset merasa nggak perlu lagi untuk mempelajari hal-hal yang baru. Hal itu karena kamu takut mengambil resiko yang banyak dan kamu ketakutan karena akan mempengaruhi semua hasil yang pernah kamu dapatkan selama ini.

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset Saat Dikritik

Kritikan tuh wajar, kok. Tapi Fixed dan Growth Mindset punya cara sendiri dalam menanggapi kritikan.

Orang yang punya Growth Mindset menganggap kritikan adalah hal yang penting bagi perjalanan karir di masa mendatang. Hal itu karena kritikan adalah masukan dari seseorang yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan masa depanmu.

Beda halnya dengan seseorang yang punya pemikiran Fixed Mindset. Dia menganggap kalau kritikan tersebut tidak sama sekali membangun karirnya. Malah hal itu dapat menyerang secara personal dan merasa baper karena merasa kalau orang-orang tersebut tidak menghargai hasil yang kamu dapatkan selama ini.

Sifat Buruk Terhadap Orang Lain

Tahukah kamu, ternyata kedua sifat tersebut punya caranya tersendiri dalam menanggapi kesuksesan seseorang. Bahkan kesuksesan orang bisa menjadi ancaman buat orang lain lho. Kira-kira siapa ya yang punya sifat tersebut?

Yap, sifat iri terhadap kesuksesan orang lain umumnya terjadi oleh orang-orang yang punya Fixed Mindset. Dia merasa kalau kemampuan yang dia punya seharusnya bisa menghasilkan pencapaian yang lebih tinggi dari orang lain. Sayangnya orang tersebut yang mendapatkan kesuksesan lebih tinggi dari kamu.

Beda lagi kalau itu dialami oleh seorang yang Growth Mindset. Itu bukan ancaman, tapi dia berusaha untuk mendekati orang-orang sukses tersebut untuk mendapatkan tips dan trik untuk mendapatkan kesuksesan yang serupa. Kamu selalu ingin belajar dan mendapatkan pengetahuan yang baru dengan mencari tahu lebih dalam agar bisa sukses sepertinya.

Cari Tahu Lebih Lanjut Tentang Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Yuk!

Mimin yakin, masih banyak lagi perbedaan dari Fixed dan Growth mindset. Biar ilmu kamu semakin banyak, ikutan event Skillana, yuk.

Webinar tersebut akan diisi oleh Kak Riza selaku Employee Engagement & Employee Branding Specialist dari Mamikos. Kamu bebas bertanya Kak Riza tentang kedua mindset itu, lho.

Siapkan waktu kamu pada tanggal 16 September 2022 jam 19.00 WIB.

Tunggu apalagi, yuk simak poster di bawah ini ya!

Atau klik link ini buat registrasi. See u.

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset | skillana

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-growth-mindset-dan-fixed-mindset/#.Yx6asnZBy3C