Cari Tahu Cara Menghilangkan Sifat Tidak Enakan, Yuk!

Penulis: Alifenda Irodatu Juniorus

Editor: Ella Dyan Septianing Tyas

menghilangkan sifat tidak enakan | skillana

Pernah nggak sih kamu merasa tidak enak saat menolak permintaan bantuan dari orang sekitarmu? Bahkan, aktivitasmu jadi terbangkalai karena menuruti permintaan itu. Nah biar nggak seperti itu lagi, lakukan beberapa cara menghilangkan sifat tidak enakan di artikel ini, yuk!

Nggak ada salahnya kok kalau punya sifat tidak enakan. Itu tandanya kamu punya empati yang tinggi ke orang lain, lho.

Tapi kalau sifat ini terus dibiarkan, malah akan menyusahkan diri kamu sendiri. Hiihhh~ kamu nggak mau kan, Sob?

Mimin tahu, menghilangkan sifat tidak enakan nggak semudah membalikkan telapak tangan. Makanya, biasakan untuk melakukan cara-cara ini mulai dari sekarang.

Apa aja sih? Pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

1. Berani Menolak

Menurut Mimin, ini adalah cara yang paling mendasar dalam menghilangkan sifat tidak enakan. Tenang Sob, mengatakan “tidak” terhadap pekerjaan yang nggak sesuai bukan tergolong kejahatan, kok. Jadi jangan takut untuk menolak karena kamu juga berhak melakukan itu.

Selain itu, Mimin sarankan untuk nggak sering mengucapkan kata “maaf” saat menolak sesuatu. Ada baiknya sebelum meminta maaf, pikir lagi apakah itu menjadi kesalahanmu atau bukan. Jika penolakan itu bukan atas kesalahanmu, nggak perlu untuk meminta maaf, ya.

2. Menghilangkan Sifat Tidak Enakan Tanpa “Caper”

Pengakuan dari orang lain tuh juga penting, lho. Salah satu keuntungan dari validasi diri adalah bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Tapi jangan terus-terusan mengharapkan pengakuan dari orang lain, Sob. Tetap lakukanlah aktivitas kamu sehari-hari dan biarkan orang lain mengakui kemampuanmu sendiri dengan prestasi yang kamu raih.

Kalau perlu tes potensi dan minat bakatmu menggunakan Skillana. Kamu bisa lebih mudah untuk mengembangkan kemampuan sesuai minat dan bakat. Dengan begitu kamu bisa mengurangi sifat tidak enakan dengan prestasi yang sesuai dengan potensi diri.

3. Stop Jadi Pleaser Person!

Cara menghilangkan sifat tidak enakan selanjutnya yaitu berhenti untuk berusaha menyenangkan semua orang. Mimin yakin kamu nggak akan mampu menyenangkan semua orang.

Setiap orang itu punya kebahagiaannya sendiri. Itu juga berlaku buat kamu yang pasti punya kebahagiaan tersendiri.

Jadi biarkan itu mengalir apa adanya tanpa kamu paksakan untuk menyenangkan mereka. Jangan korbankan kebahagiaan kamu demi kesenangan orang lain, ya!

4. Jangan Takut Komentar Negatif

Ada saja orang yang kurang puas dengan kinerjamu dan mereka mengkritiknya. Eits, jangan keburu “baper” dengan kritikan. Wajar kok komentar negatif itu selalu ada.

Dalam hal ini, cara menghilangkan sifat tidak enakan adalah dengan berani memberikan opinimu terhadap kritikan tersebut. Kamu berhak kok berkomentar terhadap kritikan negatif itu.

Tetap berpegang teguh dengan asumsi terbaik kamu, ya. Jangan merasa tidak enak untuk memberikan pendapat karena beberapa hal.

Meskipun berusaha menyangkal terhadap kritikan tersebut, tapi jangan lupakan untuk menyampaikannya secara sopan. Hal itu agar hubungan baik kamu dan dia terjaga dengan baik.

5. Jangan Takut Berubah Sikap

Cara menghilangkan sifat tidak enakan yang terakhir adalah berani mengubah sikap. Ini bukan berarti melawan, tapi berusaha untuk mengambil keputusan yang bijak terhadap tugas yang akan diberikan.

Cara ini bertujuan untuk membatasi diri dengan memilah beberapa aktivitas yang nggak sesuai. Tapi kalau teman kamu merasakan perubahan sikap, jelaskan saja alasan kamu. Mimin yakin, mereka akan menerima alasan tersebut yang bertujuan untuk menghilangkan sifat tidak enakan.

Mana Cara Menghilangkan Sifat Tidak Enakan yang Sesuai Dengan Kamu?

Menolak permintaan jadi salah satu cara yang sulit untuk dilakukan. Tapi perlahan sifat ini harus dihilangkan biar nggak mengganggu produktivitas sehari-hari.

Nah, kelima cara ini bisa kamu praktekkan, ya. Kamu juga bisa mencoba beberapa saja yang sesuai dengan kepribadianmu.

Pakai Skillana yang premium, yuk! Dengan pakai premium, kamu akan mendapatkan hasil analisa yang lebih lengkap tentang kepribadianmu, lho.

Jangan lupa ajak temanmu buat tes potensi diri dan kepribadian di sini, ya!



Referensi:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/sucy-fujiazma/cara-mengatasi-sifat-gak-enakan-c1c2