Materi Public Speaking, “Alat Bius” Tampil di Depan Umum

materi public speaking | skillana

Salah satu softskill yang perlu kamu miliki tuh mampu mempersuasi orang lain. Tapi nggak semua orang bisa melakukannya misalnya ngerasa demam panggung karena belum latihan maksimal. Selain berlatih, kamu perlu memahami ilmu tentang materi public speaking.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus siapkan materi saat berbicara depan umum. Kamu bakal susah membuat orang lain terpikat kalau kamu nggak punya landasan dalam memulai public speaking yang baik.

Lewat artikel ini, Mimin akan berikan beberapa materi yang perlu kamu kuasai agar menjadi public speaking yang handal dan mampu “membius” lawan bicara. Penasaran? Yuk check it out!

1. Cari Topik Pembicaraan

Public speaking nggak sekedar berbicara depan umum, tapi kamu perlu persiapkan beberapa hal. Salah satunya adalah mencatat poin-poin penting yang ingin disampaikan. Tapi sebelumnya, ketahui apa topik yang ingin kamu sampaikan.

Bukan hal yang mudah cari topik untuk materi public speaking-mu. Sesuaikan kategori Audiens dengan topik yang akan kamu bawakan. Carilah yang sesuai dengan isu yang sedang banyak dibicarakan diusia-usia tersebut.

Kalau sudah, mulailah membuat materi public speaking dengan menjalin komunikasi dengan orang-orang yang sesuai dengan persona Audiens kamu. Dengan komunikasi, kamu bisa lebih dalam untuk mencoba diskusi jangka panjang terhadap topik yang akan kamu sampaikan.

Nah, pada proses ini, jangan malu untuk menunjukan rasa keingintahuan yang tinggi. Sifat itulah yang membantumu untuk mendapatkan banyak informasi dari orang-orang yang sesuai topik yang ingin kamu angkat.

Nggak cuma tahu saja sob, cobalah untuk beradu argumen dengan mereka. Bukan untuk menantang mereka dengan opini yang kamu punya, ya. Tapi disini kamu berusaha untuk mengetahui bagaimana sudut pandang yang berbeda dalam mengartikan suatu permasalahan.

2. Materi Public Speaking yang Perlu Dilakukan

Setelah menulis poin-poinnya, tugas kamu selanjutnya adalah sampaikan topik tersebut yang bisa menggugah emosi lawan bicara. Bukan hanya topik yang relate dengan Audience, tapi gunakan dasar-dasar public speaking pada materi public speaking di bawah ini untuk kesuksesan public speaking kamu.

2.1 Buka Dengan Menceritakan Tentang Diri Sendiri

Anggap saja kamu sedang berkenalan dengan seseorang dan mereka perlu tahu tentang kamu. Oleh karena itu buatlah pembukaan yang memikat dengan gaya berbicara khas yang kamu miliki.

Kuasai panggung tersebut sebagai tempat kamu untuk bebas menceritakan tentang diri sendiri. Mengambil dari beberapa sumber, kalimat awal yang kamu pilih berguna sebagai senjata yang ampuh mempengaruhi lawan bicara. Itu karena Audiens bisa menjadi penasaran atau bahkan bisa malas untuk mendengarkan materi yang ingin kamu paparkan.

Materi public speaking yang satu ini bisa kamu awali dengan menceritakan kekurangan diri sendiri. Bukan bermaksud untuk tidak menerima kekurangan diri sendiri, tapi cobalah untuk memancing Audiens untuk tertawa. Jadi, kamu bisa membangun suasananya dengan lebih ceria dan nggak tegang.

Bahkan menurut survei, Audiens nggak suka mendengar orang merendahkan orang lain. Mereka bisa lebih mengapresiasi kalau kamu bisa menunjukan kekurangan yang dikemas dengan humor agar mereka bisa tertawa.

Ajak bicara Audiens bukan hanya dengan mengajaknya tertawa dengan kekuranganmu. Sebelum memasuki materi public speaking yang utama, kamu bisa ciptakan lagi emosional para Audiens dengan menceritakan kegalauan yang kamu rasakan. Jika memungkinkan kamu bisa meyisipkan beberapa kalimat humor yang bisa membuat Audiens tertawa.

2.2 Ceritakan Galaumu Tentang Suatu Hal

“Basa-basi” lainnya yang mungkin bisa kamu lakukan dalam menjalankan dasar-dasar public speaking adalah menceritakan apapun yang pernah kamu rasakan pertama kali. Nah, harusnya pada tahapan ini, kamu sudah bisa membuat pembicaraan yang bisa sedikit menggambarkan topik yang akan kamu bawakan.

Nah, pada tahapan ini kamu harus mengajak Audiens untuk sama-sama merasakan apa yang kamu rasakan. Cara ini juga menjadi kunci kemampuan kamu dalam melakukan public speaking.

Belum Lengkap Nerapin Materi Public Speaking, Kalau Belum Ikut Ini…

Nggak semua orang berani berbicara depan umum. Grogi jadi alasan yang umum atas ketidakmampuan itu. Padahal sebelum berbicara depan umum, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal salah satunya adalah materi public speaking.

Selain menguasai topik, cara-cara sebelumnya juga perlu kamu kerjakan. Tapi apakah cuma itu saja? tentu enggak, sob.

Biar lebih paham tentang public speaking, kamu perlu didampingi ahli untuk lebih belajar tentang hal ini.

Oleh karena itu, Mimin Lana ngadain webinar lagi, nih. Kali ini Mimin bareng Natasha Hilal mau bahas seputar public speaking yang berjudul:

“Mastering Public Speaking for your Career”

Yuk, kembangkan kemampuan public speaking kamu bersama Skillana!

Link pendaftarannya ada di sini, ya. See you.

materi public speaking | skillana