Auto PeDe! Begini Cara Latihan Public Speaking Sendiri

latihan public speaking | skillana

Hai, Sobat Skillana! Kamu pernah merasa keringat dingin saat berbicara di depan umum? Kalau iya, mungkin kamu sedang terkena demam panggung karena kurang latihan public speaking.

Padahal berlatihan public speaking caranya cukup mudah lho. Cuma berbekal internet kamu bisa berlatih sendiri di rumah.

Tahu nggak sih Sob, belajar public speaking nggak membuat kamu rugi sama sekali, lho. Itu karena kemampuan ini tergolong dalam 10 (sepuluh) softskill yang harus kamu miliki agar siap memasuki dunia kerja. (Sumber: Binar Academy)

Yuk siapin diri kamu mulai saat ini, ya. Agar setelah lulus kuliah, kamu bisa lebih percaya diri dan cepat mendapatkan pekerjaan karena kemampuan berbicara depan umum itu.

Nggak perlu lama-lama! Nih Mimin Lana kasih tau caranya, ya. Pastikan untuk menyimak artikel ini sampai habis.

Bicara Dengan “Benda Mati”

Eh Sob, Mimin nggak bermaksud untuk menakut-nakutin kamu, ya. Benda mati yang Mimin maksud adalah benda datar seperti cermin dan tembok.

Benda pertama sebagai teman kamu saat latihan public speaking adalah cermin. Mimin paling menyarankan benda ini karena kamu bisa melihat proyeksi kamu saat berbicara.

Kalau perlu, kamu bisa siapkan cermin yang tingginya seperti tinggi badan kamu. Dengan kaca seukuran itu, kamu bisa lebih leluasa melihat gesture badan saat sedang berlatih public speaking.

Ingat ya Sob, berani bicara depan umum nggak cuma dilihat dari caranya berbicara. Tapi kamu juga perlu mengatur gerakan badan mulai dari mata, tangan hingga kaki saat berbicara.

Mimin tahu kok, pasti ada dari kalian yang masih malu-malu ngeliat diri sendiri melalui kaca? Hayoooo ngakuuu~ hehehe.

Eits jangan keburu insecure dulu. Kamu masih bisa latihan public speaking sendiri dengan menghadap tembok, lho. Memang, cara ini nggak bisa membuat kamu melatih gesture tubuh. Tapi setidaknya metode ini bertujuan untuk melatih intonasi suara.

Naik turunnya intonasi suara sangat diperhatikan saat melakukan public speaking. Selain itu, menghadap dinding juga melatih kamu untuk lebih fasih dalam mengucapkan huruf-huruf vokal yang rentan salah pengucapan.

Nah, mungkin kamu bingung, mana yang harus kamu kerja dahulu berbicara depan cermin ataukah dinding?

Mimin serahkan itu sepenuhnya ke Sobat Skillana dengan mempertimbangkan kebutuhan masing-masing, ya.

Sering Melihat Video Latihan Public Speaking di Internet

Nggak ada alasan kamu belum menemukan video latihan public speaking. Banyak Content Creator yang mengangkat topik pembahasan ini. Jadi ilmu yang kamu dapatkan akan semakin beragam.

Meskipun demikian, tapi jangan sampai lengah dalam memilih Content Creator untuk jadi mentor kamu , ya. Pastikan dia punya reputasi baik dalam bidang public speaking.

Kamu bisa kepoin sosial medianya terlebih dahulu. Jika bereputasi dalam bidang public speaking maka kamu nggak lagi khawatir dengan ilmunya.

Rekam Diri Kamu Saat Latihan Public Speaking

Jika sudah melakukan tahapan sebelumnya, sekarang saatnya untuk merekam diri kamu saat public speaking. Posisikan handphone dalam keadaan berdiri. Setelah itu, rekamlah dengan menggunakan kamera depan.

Fokuskan tatapan kamu ke kamera depan. Kamu terlihat seperti menatap lawan bicara pada hasil video.

Setelah terekam, putarlah berulang-ulang video tersebut. Perhatikan baik-baik gesture dan dengarkan intonasi suaranya.

Jika menemukan kesalahan, jangan langsung menghapus videonya. Kalau perlu catatlah kesalahan tersebut untuk bahan evalusi pembuatan video latihan public speaking di waktu yang akan mendatang.

Minta Penilaian Orang Terdekat

Meskipun sudah berlatih, tapi kamu nggak boleh kelewatan untuk meminta pendapat orang lain. Kamu bisa melakukan public speaking di hadapannya secara langsung. Kemudian mintalah masukan terhadap kemampuanmu berbicara baik dari gesture hingga intonasi.

Selain itu, kamu bisa berikan rekaman video hasil latihan public speaking tersebut. Kalau kamu merekamnya beberapa kali, Mimin sarankan berikan saja seluruh rekaman video tersebut. Kemudian mintalah mereka untuk memilih video yang menurutnya terbaik dan berikan masukan atas video itu.

Apakah Kamu Berpotensi Jadi Public Speaker Hebat? Sini Mimin Kasih Tahu!

Mimin tahu, nggak semua bisa public speaking. Makanya, latihan adalah cara yang tepat untuk mengasah softskill ini.

Bicara soal softskill, public speaking bukan satu-satunya yang dibutuhkan di dunia kerja, lho.

Makanya ketahuilah softskill kamu dengan melakukan tes minat bakat milik Skillana. Mimin punya ragam asesmen yang menarik, lho. Jadi kamu nggak akan bosen deh saat melakukan tes.

Biar makin komplit, lengkapi informasi tentang diri kamu pakai Skillana Premium!

Tunggu apa lagi? Pakai sekarang yuk.

Referensi:

https://buku.kompas.com/read/1450/latihan-public-speaking-sendiri-bisa-berikut-5-tips-jitunya

https://topcareer.id/read/2020/03/23/27008/latihan-public-speaking-cukup-dari-rumah-begini-caranya/