Intip Perbedaan Gaji Penulis Novel Online dan Offline, Yuk!

gaji penulis novel | skillana

Menulis jadi salah suatu hobi anak muda zaman sekarang. Kamu bisa dapat uang dengan mudah lewat menulis novel. Makanya, yuk cari tahu gaji penulis novel lewat artikel ini.

Tapi sekarang, gaji seorang Novelis sudah mulai beragam karena mulai bermunculan aplikasi-aplikasi yang jadi wadah kamu dalam menulis. Nah, kira-kira berapa sih gaji penulis novel cetak maupun digital?

Baca artikel ini sampai habis, ya.

Berapa Sih Gaji Penulis Novel Offline?

Penulis novel offline yang Mimin maksud adalah mereka yang berhasil membuat novel cetak dan tersebar lewat toko buku dan e-commerce seluruh Indonesia.

Tapi sebelum karyanya tersebar, tulisan tersebut harus melalui beberapa tahapan. Lewat sumber ini, Mimin rangkum beberapa persiapan yang harus kamu persiapkan untuk menjadi seorang Novelis cetak:

  • Naskah, layout, dan desain cover
  • Anggaran
  • Mengurus legalitas novel (ISBN)
  • Menentukan harga novel di pasaran

Nah setelah itu, saatnya menghitung pendapatan kamu pada novel yang terjual tersebut. Pendapatan itu yang disebut dengan royalti. Tapi royalti itu akan berbeda sesuai dengan level dari penulis. Semakin tinggi level kamu, maka royalti yang akan dapatkan adalah sekitar 12-15%. Kalau kamu penulis yang masih baru terkenal, maka royalti yang akan kamu dapat adalah 10%.

Terus gimana sih cara menghitung keuntungannya? Mimin kasih contoh, ya.

Misalnya novel kamu terjual Rp.50.000.000, maka keuntungan yang kamu dapatkan sebanyak:

10% dari 50.000.000 adalah Rp.5.000.000.

Kamu akan mendapatkan pemasukan dua kali lipat dalam setahun. Hal itu karena periode cetak novel ada sebanyak dua kali dalam setahun.

Terus, kemana sisa penjualan novel sebanyak 90%?

Ternyata, jumlah itu dialihkan kepada beberapa pihak seperti: 20% untuk produksi buku, 5-10% untuk hal yang berkaitan dengan editor, 10-15% penerbit, 20% untuk distributor dan sisanya sebanyak 10% dialihkan kepada biaya promosi.

Gaji Penulis Novel di Platform Online Ini

Berbeda dengan Novelis offline, kamu bisa dapat gaji penulis novel melalui beberapa platform ini:

Wattpad

Wattpad

Jangan berpikir kalau kamu langsung mendapatkan uang dari tulisan yang kamu publis di sini ya. Kamu akan “digaji” jika tulisan itu menarik penerbit buku. Salah satu contoh tulisan yang berhasil diterbitkan adalah Dear Nathan karya Erischa Febriani.

Platform Wattpad pun terus berkembang dan mulai menghadirkan fitur Paid Story’s. Lewat fitur ini, kamu tidak lagi menunggu penerbit untuk menerbitkan karyamu. Paid Story’s akan menyeleksi beberapa tulisan yang banyak dibaca oleh pengguna Wattpad.

Dalam fitur tersebut, Wattpad akan mengunci beberapa bagian dari novel kamu. Setelah itu, pembaca akan membayar sejumlah uang agar ingin membaca bagan novel yang terkunci itu.

Fitur ini juga mengurangi pencurian hasil karya tanpa sepengetahuan penulis novel ini. Selain mendapatkan uang, karyamu juga akan lebih aman dan meminimalisir plagiarism. Keren kan, sob?

NovelToon

NovelToon

Jika kamu dikontrak oleh NovelToon, gaji yang akan kamu dapatkan setiap bulan sekitar Rp.1.400.000. Tapi gaji penulis novel itu akan berubah sewaktu-waktu karena menyesuaikan dengan jumlah pembaca novel.

NovelToon akan menggaji kamu setiap 1000 pembaca. Selain itu, kamu bisa dapatkan gaji mulai dari Rp.300 untuk level 3, Rp.400 untuk level 4 dan seterusnya hingga Rp.1.000 pada level 10.

Kalau kamu tergolong pengguna yang sudah tanda tangan kontrak, kamu akan masuk dalam golongan level 3. Eits, jangan khawatir, level itu akan naik dengan harus melakukan beberapa persyaratan seperti: membuat tulisan sebanyak 30.000 dalam sebulan dan nggak boleh melakukan update tulisan selama 3 hari.

Tentukan Gaji Penulis Novel Sesuai dengan Passion Kamu, yuk!

Baik Novelis cetak atau digital, semuanya adalah orang-orang yang punya keahlian dalam menulis. Berbanggalah buat kamu yang punya hobi menulis, karena saat ini menjadi Novelis bukan lagi hal yang susah karena bisa memanfaatkan dua platform seperti yang Mimin sebutkan di atas.

Tapi jangan coba-coba untuk menjadi seorang penulis kalau kamu belum tahu passion kamu, ya. Itu akan berimbas kepada pekerjaan yang kamu ambil. Nah, apakah kamu sudah tahu passion diri sendiri?

Hah?? Belum tahu minat bakatmu sampai sekarang? Yah, kurang update banget nih hehehe.

Biar kamu makin Percaya Diri, yuk cari tahu minat bakat kamu pakai Skillana. Mimin punya beragam jenis tes yang bisa berguna untuk mengetahui minat dan bakat kamu lebih lanjut, lho.

Yuk, coba sekarang!

Referensi:

https://www.idxchannel.com/milenomic/berapa-gaji-penulis-novel-digital-dan-cetak-ini-penjelasan-lengkapnya/3

https://tipkerja.com/gaji-penulis-novel/