Begini 4 Cara Menghilangkan Cemas yang Berlebihan

cara menghilangkan cemas yang berlebihan | skillana

Cemas adalah perasaan yang nggak mudah hilang begitu saja. Kalau dibiarkan, cemas bisa mengganggu aktivitasmu, lho. Makanya cara menghilangkan cemas yang berlebihan adalah informasi yang penting untuk diketahui.

Menurut Mimin kamu perlu melakukan hal tersebut. Itu karena bisa menyebabkan dampak yang lebih berbahaya sampai ke kesehatanmu. Pasti nggak mau kan?

Nggak susah kok buat menjalankannya. Mimin kasih 4 (empat) cara-cara tersebut, ya. Check them out!

1. Cari tahu Penyebabnya

Masa remaja seperti kamu dan juga Mimin punya kesulitan dalam mengendalikan kecemasan. Ketidak mampuan tersebut yang membuat kita berpikir bahwa permasalahan selalu saja datang. Betul gak, Sob?

Kalau dipikir-pikir nih, overthingking tersebut adalah bentuk dampak negatif dari kecemasan. Jika sudah seperti itu, cara menghilangkan cemas yang berlebihan yang pertama adalah cari tahu penyebabnya.

Mungkin hal tersebut nggak bisa kamu lakukan sendiri. Makanya kamu memerlukan orang terdekat sebagai tempat curhat. Curahkan semua keluh kesahmu kepadanya agar mereka dapat memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang tengah kamu hadapi.

Meskipun punya banyak teman dekat, tapi nggak semua bisa jadi teman curhatmu. Cobalah untuk memilih teman yang cocok sebagai pendengar yang baik. Menurut Mimin, pendengar yang baik adalah mereka yang nggak menyalahkan kamu sebagai penyebab utama kecemasan ini. Selain itu pendengar yang baik adalah mampu mendengar keluh kesahmu hingga akhir tanpa menyela omonganmu.

Tapi ingat ya Sob, nggak semua permasalahan itu bisa teratasi dengan curhat bersama orang terdekat saja. Ada kalanya kamu menemukan jalan buntu dalam melakukan cara menghilangkan kecemasan berlebihan ini.

Jika demikian maka cobalah untuk meminta bimbingan orang ahli misalnya Psikolog. Bersama ahli tersebut kamu akan mendapatkan bimbingan yang terbaik sesuai dengan keadaan diri kamu.

2. Cara Menghilangkan Cemas yang Berlebihan Bareng Orang Terkasih

Kalau sudah merasa kecemasan, jangan menyendiri, ya. Itu akan menambah beban pikiran kamu karena rawan untuk mengerjakan sesuatu yang negatif. Jangan biarkan kamu menyendiri, ajak siapapun untuk melakukan quality time.

Nah, kamu sudah nggak asing lagi kan dengan istilah ini? Ternyata istilah quality time ini telah ada sejak tahun 1970-an, lho.

Meskipun sudah lama ada, namun masih banyak yang keliru mengartikan quality time. Aktivitas ini nggak hanya melakukan aktivitas yang kamu sukai. Tapi, diskusi dengan orang terdekat juga dapat diartikan sebagai quality time.

Ajaklah mereka untuk berdiskusi tentang suatu hal secara mendalam. Cara ini sangat mungkin untuk mengurangi kecemasan terhadap sesuatu.

3. Olahraga

Daripada berdiam diri, yuk coba untuk melakukan aktivitas fisik. Salah satu aktivitas fisik yang Mimin anjurkan adalah berolahraga. Anjuran ini ternyata dapat dijelaskan secara ilmiah dan terbukti dapat mengurangi kecemasan lho, Sob.

Penelitian dalam bidang Psikologi pernah dilakukan dan hasilnya adalah olahraga mampu meningkatkan suasana hati. Lewat olahraga kamu akan meleas Hormon Endorfin dan beberapa zat kimia lainnya. Pelepasan tersebut berfungsi untunk mengalihkan pikiran terhadap sesuatu yang mengganggu aktivitas kamu.

Meskipun begitu, kamu nggak perlu langsung melakukan olahraga berat. Mimin khawatirkan hal tersebut malah mendatangkan sesuatu yang tidak kamu inginkan seperti sakit dan sebagainya.

Jalan kaki adalah olahraga sederhana yang bisa kamu andalkan untuk menghilangkan kecemasan yang berlebihan. Dengan berjalan kaki kamu bisa bertemu orang baru dan membuka komunikasi dengan mereka.

Kira-kira ada jenis olahraga yang dapat mengurangi rasa kecemasan? Komen di bawah, ya!

4. Punya Aktivitas Favorit? Lakukan saja!

Apapun yang dilakukan untuk mengerjakan hal tersebut justru akan melupakan rasa kecemasanmu. Kamu berusaha untuk mengalihkan rasa panik tersebut dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai.

Aktivitas tersebut akan lebih baik jika kamu juga mengikuti beberapa perkumpulan yang membahas tentang aktivitas favoritmu tersebut. Kamu akan mendapatkan relasi baru dan mendapatkan pengetahuan yang baru pula.

Cemas Karena Belum Tahu Minat dan Bakatmu? Gak Jaman Lagi Deh!

Kecemasan tuh wajar dan selalu dialami oleh setiap manusia. Namun yang paling terpenting dalam hal ini adalah kita harus mampu dalam menghindari hal tersebut karena kecemasan dapat menghambat aktivitas keseharian kita.

Keempat cara menghilangkan kecemasan yang berlebihan dapat kamu lakukan sesuai dengan kepribadianmu kok. Mimin yakin, semua dari kita punya cara sendiri dalam menjalankan itu semua.

Ternyata kepribadian nggak selalu berguna untuk menentukan minat dan bakat kamu. Tapi kepribadian juga membantu kamu dalam menjalankan cara menghindari cemas yang berlebihan di atas.

Biar nggak bingung, kamu bisa mencoba Skillana yang ada beberapa fitur untuk membantumu mengetahui kepribadian tersebut.

Hanya dengan Rp.79.000 kamu bisa mengetahui dengan detail kepribadian yang kamu miliki.

Mau coba dulu? Yuk langsung cek di sini, ya!

Referensi:

https://www.bola.com/ragam/read/4693774/6-cara-mengatasi-kecemasan-pada-remaja-dengan-bijak

https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/cara-tepat-mengatasi-remaja-dengan-kecemasan-dan-stres