4 Teknik Membaca Cepat untuk Millenial Paling Update

4 teknik membaca cepat | Skillana

Membaca adalah cara untuk mendapatkan informasi lewat koran, novel, caption sosial media atau media-media lainnya. Tapi Mimin yakin deh, beberapa dari kamu pasti malas membaca, iya nggak? hehehe. Biar malasnya berkurang, Mimin kasih informasi tentang 4 teknik membaca cepat, yuk.

Eits, teknik ini nggak buat kamu ketinggalan informasi yang penting, kok. Kamu tetap bisa mendapatkan informasi itu tapi dengan cara yang cepat.

Selain itu, manfaat lain yang kamu dapatkan adalah makin paham dengan bacaan tersebut. Hal itu karena kamu membacanya secara berulang-ulang karena waktunya yang cepat.

Nah, kira-kira apa saja 4 teknik itu? Yuk, check them out!

1. Scanning

Dalam menggunakan salah satu dari 4 teknik membaca cepat ini, libatkan hasrat dan emosi kamu, ya. Bukan untuk marah-marah ya, sob. Kedua perasaan itu gunanya untuk menentukan suatu bagian dari bacaan yang menurut kamu sudah termasuk dalam inti dari sebuah tulisan.

Tapi ingat ya, teknik membaca cepat ini nggak bisa digunakan untuk semua jenis bacaan. Ini cuma bisa dilakukan saat kamu membaca koran atau bacaan non fiksi lainnya. Jenis buku yang nggak bisa menerapkan teknik ini adalah bacaan fiksi atau bacaan sejenis lainnya.

Cara pertama dalam teknik ini adalah menentukan kata kunci yang diinginkan. Setelah itu, berlatihlah untuk membolak-balikkan halaman dengan cepat untuk mendapatkan kata kunci tersebut.

Nah, jangan lupa untuk membaca rangkaian kalimat dalam kata kunci tersebut, ya. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Selain itu, carilah kalimat yang bercetak tebal. Perbedaan tulisan ini bisa menjadi informasi yang penting lainnya, lho.

2. Skimming

Nggak perlu mencari kata satu per satu ya, sob. Kamu hanya perlu membaca judul dan subjudul bacaannya saja. Pemilihan bagian ini untuk melihat kesesuaian informasi yang kamu cari dan isi dari buku tersebut.

Jika bukunya cocok, kamu mulai cari informasi lengkapnya dari paragraf awal dan akhir. Selain itu, jangan abaikan ilustrasi atau infografis yang ada dalam buku itu, ya. Kedua jenis gambar itu berfungsi sebagai ringkasan informasi penting yang tersaji secara menarik.

3. Previewing

Salah satu model dari 4 teknik membaca cepat ini lebih cepat dari sebelumnya. Kamu nggak perlu membuka satu persatu halaman buku yang ingin kamu untuk menerapkan teknik membaca cepat.

Awalnya, kamu bisa memulai teknik ini dengan melihat judul buku tersebut. Selanjutnya, lihat juga penulis buku tersebut. Biasanya tiap penulis punya keahlian khusus, sehingga setiap buku yang diterbitkan punya sudut pandang tersendiri.

Kemudian, cobalah untuk beralih ke bagian belakang dari buku tersebut. Pada bagian belakang tersebut, kamu akan menemukan beberapa ringkasan seperti indeks, lampiran, kesimpulan dan lain sebagainya. Bagian-bagian itu berguna sebagai ringkasan isi dari buku tersebut.

4. Selecting – 4 Teknik Membaca Cepat Terakhir Ala Skillana

Cara ini punya nama lain yaitu teknik baca-pilih. Teknik ini akan lebih efektif kalau kamu lakukan jika ingin mengembangkan tulisan yang pernah dibuat sebelumnya.

Cara pertama adalah fokuskan pandanganmu kepada topik yang ingin kamu kembangkan. Kemudian, lakukan riset lewat sumber bacaan lainnya agar bisa menghasilkan tulisan terbaru tentang suatu topik.

Lakukan 4 Teknik Membaca Cepat Di Atas, Kalau….

Mimin tahu, nggak semua orang suka membaca. Jadi 4 teknik membaca cepat ini penting untuk kamu terapkan. Jika terus berlatih membaca cepat, bisa-bisa kamu semakin suka membaca, lho.

Selain suka membaca, Mimin yakin kalau kamu punya minat dan bakat terpendam lainnya. Makanya yuk cari tahu potensi kamu bareng Mimin pakai platform Skillana.

Kalau sudah tahu minat itu, kamu bisa explore kemampuan itu tanpa ada batasan. Selain itu, kamu juga bisa raih kesuksesan sesuai passion yang kami miliki.

Tunggu apalagi? Coba Skillana, yuk!

Referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/teknik-membaca-cepat/

https://www.ruangguru.com/blog/skimming-dan-scanning-membaca-cepat

https://pendidikanpedia.com/teknik-membaca-cepat/