4 Fitur Tersembunyi di Zoom yang Harus Kamu Tahu

FItur Baru Zoom

Aplikasi Zoom kini sudah jadi bagian dari kegiatan kita sehari-hari. Pembelajaran jarak jauh, meeting kantor, bahkan family gathering saat ini bergantung pada Zoom. Aplikasi yang biasa digunakan untuk teleconference ini semakin hari terus memperbarui fungsi dan fiturnya. Sekarang, Zoom punya berbagai fitur yang ternyata belum banyak diketahui, bahkan oleh mereka yang setiap saat menggunakannya. Apa saja sih fitur-fitur tersembunyi Zoom yang wajib kamu tahu?

Mencerahkan tampilan video

Kalau pencahayaan di ruanganmu kurang baik, kamu tidak perlu membeli lampu tambahan. Masalah ini bisa diatasi dengan memakai fitur yang mengatur pencahayaan video. Pengaturan ini bisa menaikkan kecerahan video sehingga wajahmu terlihat lebih jelas oleh lawan bicara di meeting room.

Caranya memakainya adalah klik tanda panah ke atas di sebelah start video lalu pilih video settings.

Kemudian akan muncul tampilan seperti ini. Kamu bisa atur kecerahan videomu di adjust for low light dengan menggeser-geser bulatan yang ada di atas garis biru. Kamu juga bisa membuat wajahmu lebih flawless dengan mengatur touch up my appearance.

Virtual Makeup

Kalau kamu hampir terlambat mengikuti online meeting atau kelas di pagi hari, tidak perlu terburu-buru memoleskan makeup. Kamu bisa memakai fitur ini agar kamu terlihat fresh. Fitur virtual makeup bisa dipakai oleh siapa saja. Kamu bisa merapikan alis, menambahkan lipstik, bahkan menambahkan kumis di wajahmu. Kamu juga bisa mengatur ketebalan makeup, jadi kamu bisa tampil sesuai mood-mu saat meeting berlangsung. Sangat effortless kan?

Caranya juga mudah. Klik panah ke atas yang ada di sebelah start video lalu pilih choose video filter.

Kemudian klik studio effects yang ada di pojok kanan bawah.

Tampilan akan melebar ke samping seperti ini. Kamu bisa menambahkan bagian-bagian makeup yang kamu inginkan seperti alis, kumis, janggut, dan warna bibir. Baik warna dan ketebalan semuanya bisa diatur sesuai keinginan pada halaman ini.

Filter

Fitur ini akan membuat videomu terlihat lebih estetik. Filter-filter yang tersedia di Zoom cenderung playful, sehingga mungkin kurang cocok untuk dipakai saat rapat resmi di kantor. Tapi, kamu bisa mempercantik tampilan videomu saat ada pertemuan yang kasual, misalnya family gathering, makrab, atau sekedar virtual hangout bersama teman-teman. 

Caranya adalah dengan meng-klik choose virtual background.

Setelah muncul halaman ini, kamu bisa langsung memilih filter sesuai selera atau bisa juga disesuaikan dengan tema acara virtual meeting-mu.

Virtual background dari video

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang fitur ini, tapi tahukah kamu kalau kita bisa memakai video sebagai virtual background? Meskipun videonya akan terus berulang (looping) tapi fitur ini bisa membuat meeting room menjadi lebih hidup. Virtual background dari video tersedia di Zoom versi terbaru. Sayangnya tidak semua gawai bisa memakainya, hanya yang mempunyai spesifikasi tertentu saja yang bisa dengan bebas menggunakan fitur ini.

Cara mengaktifkannya adalah dengan memilih menu choose virtual background.

Setelah itu, kamu bisa langsung memilih video yang mau kamu gunakan sebagai virtual background. Zoom sudah menyediakan beberapa video, tapi kamu juga bisa menambahkan video yang kamu miliki dengan klik tanda (+) di sebelah kanan. Tombol (+) akan mengarahkanmu ke file explorer jadi kamu bisa menggunakan video sendiri yang ada di laptopmu.

Sudah tahu kan, fitur-fitur tersembunyi di aplikasi Zoom? Kamu bisa memakainya kapan saja, terlebih untuk menghidupkan suasana virtual meeting. Selamat mencoba!