Yuk Kenalan dengan SEO Writer Profesi yang Diprediksi Memiliki Proyeksi Masa Depan Cerah

Salah satu profesi yang diprediksi akan mendapatkan kesuksesan dimasa depan adalah SEO Writer. SEO atau Search Engine Optimization  merupakan pekerjaan yang memiliki tugas utama untuk meningkatkan nilai atau visibilitas sebuah website  dalam sebuah hasil pencarian di search engine terutama di Google.

SEO writer merupakan salah satu bagian dari digital marketing yang bisa ditemukan di hampir segala jenis lini bisnis. Beberapa alasan yang membuat perusahaan memilih menggunakan jasa seorang SEO writer adalah:

1.       Mengurangi biaya akuisisi customer baru (CAC) jika dibandingkan dengan paid channel atau Google Ads.

2.       Jumlah pengguna yang melakukan pencarian transaksional di search engine mengalami peningkatan. Data ini diperoleh dari laporan 2020 Search by Google.

Kemampuan Dasar dari SEO Writer

Buat Kamu yang memiliki ketertarikan untuk bergabung sebagai SEO writer harus memiliki beberapa keahlian sebagai berikut ini:

Memiliki Kemampuan Menulis

Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang SEO writer adalah penulisan yang baik dan benar. Selain itu, Kamu juga harus memahami format penulisan sesuai dengan kaidah SEO dengan baik, karena hal ini menjadi dasar bagi Kamu untuk mulai berkarir sebagai SEO writer professional.

Mempunyai Rasa Ingin Tahu yang Luas

Sebuah tulisan akan semakin indah ketika memuat berbagai informasi menarik dan juga bermanfaat untuk para pembacanya. Hal ini bisa terwujud ketika Kamu memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga memaksa Kamu untuk mengumpulkan beragam informasi tentang topik pembahasan yang sedang ditulis.

Hal lain yang harus Kamu perhatikan sebagai seorang penulis adalah melampirkan informasi berdasarkan fakta yang ada. Oleh karena itu, Kamu dituntut untuk bisa menemukan informasi yang benar dari sumber-sumber terpercaya. Semakin aktual informasi yang Kamu lampirkan ditambah dengan gaya bahasa yang menarik, akan membuat pembaca semakin penasaran dan tertarik untuk membaca tulisan yang telah Kamu tulis.

Menguasai Gaya Bahasa yang Sesuai dengan Target Pembaca

Memiliki kemampuan penulisan dengan beragam gaya bahasa menjadi poin plus bagi seorang SEO writer, target pembaca yang tidak terfokus hanya pada satu kriteria menuntut seorang penulis menemukan gaya bahasa yang tepat. Untuk itu sebagai seorang SEO writer Kamu harus mengenali dan memahami target pembaca dengan baik, sehingga tulisan yang Kamu suguhkan bisa sesuai dan selaras dengan gaya bacaan pembaca.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Writer

Tugas utama yang dijalankan oleh seorang SEO writer adalah merancang serta melaksanakan strategi optimasi untuk meningkatkan peringkat website perusahaan di search-engine, seperti Google. Beberapa tanggung jawab lainnya yang harus diselesaikan SEO writer adalah:

1.       Melakukan analisis kompetitor

2.       Menjalankan riset keyword

3.       Bekerjasama dengan divisi lain di perusahaan

4.       Mengukur dan memonitor performa SEO

5.       Membuat perencanaan content production

6.       Menulis konten yang berkualitas dan SEO friendly

7.       Memperbaharui serta mengoptimalkan konten sebelumnya

8.       Memberikan rekomendasi technical SEO untuk developer

9.       Membangun relasi dengan pihak eksternal seperti news site, blogger, komunitas dengan tujuan memperluas link-building.

Job Title dari Seorang SEO

Berikut ini beberapa jenis Job Title dari seorang SEO yang harus Kamu pahami, sebelum memutuskan untuk bergabung dalam bidang ini:

SEO Analyst, job title pertama ini bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi dengan tugas utama yaitu memonitor performa website perusahaan serta memberikan laporan dan rekomendasi terkait hal tersebut.

SEO Strategist, posisi SEO satu ini mempunyai tanggung jawab sebagai planning atau perencana dengan tugas utama adalah melakukan riset keyword, mengetahui update tren dan juga logaritma serta menyusun strategi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

SEO Writer/Content  adalah On-Page Content dengan tugas utama yaitu optimasi konten, keyword di title, headline, dan artikel, serta bertugas melakukan penulisan konten dan bekerja sama dengan content writer.

SEO Outreach bertanggung jawab sebagai Off-Page SEO dengan tugas utama mendapatkan backlink melalui pitching email ke media ataupun pemilik website, networking dengan para blogger dan bergabung di forum.

SEO Specialist dengan tanggung jawab sebagai On-Page Technical dengan tugas utama merancang rekomendasi pemrograman HTML, CSS, JavaScript ke developer.

Jenjang Karir SEO Specialist

Setiap perusahaan menetapkan aturan jenjang karir yang berbeda-beda, namun secara umum jabatan atau jenjang karir dari seorang SEO dimulai dari seorang SEO Specialist atau Job title SEO lainnya. Didukung dengan beragam kemampuan lainnya maka Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung sebagai seorang Senior SEO Specialist. Level ketiga adalah SEO Manager, dilanjutkan sebagai SEO Lead, jenjang karir berikutnya adalah Head of Digital Marketing, dan posisi tertinggi yang bisa diraih oleh seorang SEO adalah sebagai CMO atau Chief of Marketing.

SEO writer menjadi salah satu profesi yang diyakini berkembang dimasa depan, dikarenakan perkembangan zaman dan teknologi menuntut perusahaan untuk ikut serta dan mengembangkan setiap aktivitas kerjanya secara optimal dengan teknologi. Hal ini tidak akan terlepas dari peranan seorang SEO, sehingga SEO memiliki peluang karir yang luas dan cemerlang di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *