Tingkatkan Kepercayaan Dirimu dengan 5 Cara Ini!

Kepercayaan diri atau self-confidence adalah sikap dan keyakinan seseorang atas keterampilan dan juga kemampuan dirinya.  Memiliki kepercayaan diri yang baik itu berarti kamu menerima dan mempercayai dirimu sendiri untuk memiliki kendali atas hidupmu dan dapat bertanggung jawab atas perbuatanmu. Membangun kepercayaan diri yang baik sangat berkaitan dengan seberapa jauh kamu mengenal dirimu sendiri, memiliki pandangan positif mengenai dirimu dan juga menerima dengan baik kekuatan dan kelemahan dirimu. 

Namun tak salah juga kalau sering kali kita juga merasa kepercayaan diri kita rendah. Memiliki kepercayaan diri yang rendah berujung pada perasaan penuh ragu, pasif hingga kurang mempercayai orang lain. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi atau rendah jarang sekali dikaitkan dengan kemampuan yang kamu miliki, tapi  sebagian besar didasarkan pada persepsi kita sendiri. Persepsi kamu mengenai diri sendiri. 

Rasa percaya diri tentu didapatkan dari berbagai macam pengalaman yang berbeda. Seperti lingkungan tempat kita tumbuh, keluarga dan teman lama, hingga beberapa aspek kecil yang terkadang terlihat sepele namun juga berperan aktif dalam pembangunan persepsi kita mengenai diri sendiri.

Kepercayaan diri juga tentu gak bisa dibangun tinggi begitu saja. Di luar persepsi tentang diri sendiri yang terbangun dari berbagai hal di sekitar kita, ada banyak hal untuk kita bisa lebih meningkatkan kepercayaan diri kita. Caranya gimana aja sih?

1. Refleksi diri

Semua hal negatif pasti sering kali datang dari pikiran sendiri kan? Merasa belum melakukan apa-apa dan tidak memiliki pencapaian? Rasa percaya diri turun begitu saja? Coba kamu ambil waktu sendiri, kemudian merenung memikirkan sejauh apa kamu sudah berjalan. Terkadang terus berlari membuat kita lupa tentang apa saja yang sudah kita lewati. 

Ambil sedikit waktu sejenak, dan pikirkan apa saja yang pernah kamu lakukan. Apresiasi dirimu, karena kamu sudah berhasil bergerak sejauh ini! Ada banyak hal hebat yang sudah kamu lakukan sebelumnya, mungkin tidak besar tapi semuanya bisa perlahan membuat tingkat kepercayaan dirimu meningkat.

Refleksi diri memberikan kamu waktu sendiri untuk bisa menganalisis hidup dari berbagai aspek besar ataupun kecil, kamu bisa mengevaluasi apapun hal hebat yang telah kamu lakukan sejauh ini. Refleksi diri memberikan sedikit jeda pada dirimu untuk tidak apa sesekali berjalan demi menghargai hal-hal yang sudah dijalani sejauh ini, dengan memberikan jeda kamu bisa kembali mengevaluasi apa yang perlu kamu fokuskan dan apa yang benar-benar ingin kamu raih dalam jangka pendek maupun jangka panjang hidupmu.

2. Lihat apa saja yang sudah kamu capai selama ini

Berjalan sejauh ini, tanpa sadar kamu sudah mencapai banyak hal loh! Ayo tulis hal-hal kecil yang membuat kamu bangga, dan simpan itu baik-baik. Ketika kamu merasa kepercayaan dirimu menurun, biarkan catatan itu jadi pengingat kamu bahwa kamu sudah melakukan banyak hal keren!

Kamu pernah mendengar istilah journaling? Kamu bisa mencoba memulai journaling. Journaling bisa menjadi alternatif buat kamu dalam menuangkan perasaanmu dalam bentuk tulisan. Kamu bisa melakukannya dengan cara konvensional seperti menulis didalam buku harian ataupun secara digital menggunakan http://www.journey.cloud Asyik loh! Kamu bisa menulis apa yang kamu rasakan, apa yang kamu inginkan, impianmu, harapanmu, pencapaianmu, dan hal-hal yang kamu akan lakukan dalam keseharian. Dengan enuliskan kegiatan yang akan kamu lakukan setiap harinya, lalu menuliskan tujuan kamu di jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kamu bisa menuliskan apapun dalam kegiatan journaling ini!

3. Kamu jago dalam hal apa aja sih?

Setiap orang pasti memiliki potensi di setiap kelebihan. Menurut kamu, kamu punya apa sih? Temukan dan pahami kemudian kamu bisa mengembangkan hal-hal tersebut untuk meningkatkan tingkat percaya dirimu. Untuk memahami diri sendiri ada banyak jalan yang dapat kamu ambil. Yang pertama, kamu bisa menggali potensi dirimu dengan mencari tahu apa yang kamu sukai, apa yang kamu tidak sukai, kenali kelebihan dan kekuranganmu, banyak mencoba hal baru, perluas wawasan, bertemu banyak orang baru, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan platform teknologi yang dapat membantu kamu untuk mengenali diri kamu sendiri!

Salah satu platformnya adalah Skillana.id. Skillana memiliki fitur tes berbentuk online assessment untuk menilai kepribadian, tes gaya kerja, tes minat bakat, tes biometrik, dan tes kepemimpinan seseorang. Dari hasil tes yang kamu lakukan melalui Skillana, kamu akan mendapatkan informasi yang akan sangat berguna untuk kamu lebih mengenali diri kamu sendiri!

4. Membuat goals

Kamu juga bisa mencatat beberapa goals. Gak perlu sesuatu yang besar kok; bisa seperti memasak, merapikan rumah, atau menyiram tanaman. Memulai dengan hal kecil akan melahirkan hal-hal yang lebih besar. Ketika kamu sudah bisa menentukan goals atau tujuan-tujuan hidup kamu, baik jangka pendek hingga jangka panjang, kamu akan memulai memikirkan jalan apa yang akan kamu ambil untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Ketika kamu sudah berhasil melakukannya, hal ini akan membantumu untuk meningkatkan kepercayaan dirimu loh!

5. Cari hobimu!

Yuk coba cari beberapa hal yang mungkin kamu sangat sukai! Seperti menanam tanaman, fotografi, menyulam atau apapun itu. Ketika kamu sudah melakukan hal yang kamu sukai dan komitmen terhadap itu, kamu akan bisa lebih termotivasi untuk membangun hobi baru yang menarik! Dan dengan mendalami hobimu, kamu akan lebih mengenali diri sendiri, mengetahui potensi yang ada dalam diri kamu, dan menjadi orang yang lebih percaya diri dengan kemampuan yang kamu punya!

Kalo kamu sendiri? Potensi apa aja sih yang bisa membuat kamu pede?

Belum tahu? Skillana bisa bantu kamu untuk nemuin potensi diri kamu yang terpendam loh! 

Tunggu apalagi? Sekarang langsung ke Skillana.