3K Untuk Lakukan Self Love: Kenal, Ketahui, Lalu Kerjakan!

3K untuk self love

Kamu pasti pernah cinta terhadap suatu seperti keluarga, pacar, sahabat hingga sebuah barang. Nah, tapi pernah nggak kamu pikirkan bahwa ternyata ada sesuatu yang tidak boleh kamu lewati yaitu mencintai diri sendiri atau self love.

Namun ternyata belum banyak orang yang bisa merasakan manfaat dari self love. Coba deh kalian rasakan, jangan jangan kalian juga salah satunya?

Jangan khawatir, sob. Supaya kalian bisa lebih paham tentang Self Love dan juga bisa ikut merasakannya, Mimin akan bantu kamu lewat artikel ini.

Eits tapi ada syaratnya. Kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. Lalu, kamu bagikan deh artikel ini ke teman-teman kamu. Agar semua lebih mengenal self love melalui 3K (Kenal, Ketahui, dan Kerjakan).

Kenalan Dengan Self love

You Deserve Better, tidak asing kan dengan istilah itu? Ya, kamu berhak bahagia dalam situasi apapun. Itulah yang dinamakan dengan Self Love yang sesungguhnya. Namun memang, bisa merasakan bahagia dalam situasi apapun itu tidak mudah untuk bisa dicapai. Kalau menurut Sobat Skillana sendiri gimana?

Sobat Skillana, mencintai diri sendiri pada dasarnya bisa kamu capai dengan mampu menerima diri kamu sendiri secara berlapang dada. Bukan hanya kelebihan, tapi juga menerima kekurangan yang kamu miliki. 

Menyeimbangkan kedua hal itu memang tidak mudah. Tapi kalau kamu bisa menerima keduanya dan menyeimbangkannya, maka itu akan membantu kesehatan fisik dan mental untuk jadi yang lebih baik lagi.

Berdasarkan hasil riset dengan  meningkatkan rasa sSelf lLove kamu bisa meningkatkan rasa kebahagiaan diri sendiri. Hal tersebut dibuktikan melalui studi Psikologis dari Medical News Today yang melansir dari sini.

Ketahui Buruknya Self Love

Selain hal positif, ternyata ada juga hal negatif yang kamu harus tahu dari memiliki rasa self love yang berlebihan. Cinta yang berlebihan terhadap diri sendiri menimbulkan sifat narsisme yang juga berlebihan. Ahli Psikologi sering menyebutnya dengan istilah Narcissistic Personality Disorder.

Sifat itu timbul saat kamu merasa diri sendiri lebih penting dari orang lain. Percaya diri atau PeDe terhadap kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki adalah ciri-ciri self love yang tidak sehat. Merasa lebih penting daripada orang lain dan percaya diri (PeDe) yang berlebihan adalah tanda-tanda gejala self love yang tidak sehat.

Ada alasan tertentu mengapa orang suka menampilkan keunggulan dari dirinya secara berlebihan. Salah satunya adalah ingin terlihat menarik dari orang lain. Jadi mereka ingin menjadi pusat perhatian orang lain.

Selain narsis, terlalu mencintai diri sendiri juga bisa menghasilkan kecenderungan obsesi yang berlebihan. Hal itu dinamakan Self-Obsessed, yang biasanya ditandai dengan penolakan terhadap masukan apapun tentang dirinya. Itu karena mereka sangat mencintai kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki. 

Jadi masukan dan kritikan dari orang lain bukan hanya akan dianggap sebagai angin lalu, bahkan beberapa dapat menganggap itu sebagai serangan personal terhadap diri sendiri. Harusnya cobalah untuk dijadikan sebagai bahan koreksi yang baik untuk kebaikan diri sendiri.

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Pengertian Self Love sudah tau, sisi negatifnya pun kamu juga sudah tahu. Sekarang saatnya buat kamu lebih tahu tentang pentingnya memiliki sifat ini.

Siap menerima informasi selanjutnya? Simak sampai selesai ya, sob.

1. Mengurangi Resiko Masalah Psikologis

Banyak masalah psikologis yang muncul karena adanya ketidakpuasan dari dalam diri sendiri. Dengan merasakan dan mengelola Self Love seseorang bisa mengurangi resiko dan memberikan proteksi terhadap rasa cemas, gelisah dan lainnya sehingga lebih kurang kerentanannya dari pada permasalahan psikologis.

Dengan Self Love, kamu bisa mengontrol diri sendiri. Jadi kamu bisa mengambil keputusan dan membuat rencana sesuai dengan kelebihan dan kekurangan diri.

2. Jadi Hidup Lebih Sehat

Layaknya mencintai seseorang, kamu akan takut jika kehilangannya. Ketakutan itu akan timbul jika kamu memiliki perasaan Self Love.

Mencintai diri sendiri akan membantumu untuk merasakan takut apabila merasakan sesuatu yang berbahaya pada diri sendiri. Itulah yang mendorong kamu untuk lebih menjaga baik-baik untuk menghilangkan ketakutan itu.

Salah satu cara untuk meminimalisir ketakutan itu adalah berolahraga. Kamu akan merasakan badan dan pikiran akan menjadi tenang saat olahraga.

Dukung juga hidup sehat kamu dengan mengkonsumsi makan makanan yang menyehatkan. Itulah upaya kamu untuk memberikan nutrisi yang seimbang untuk kebaikan tubuh dan pikiran. Salah satu cara dari self love inilah yang baik untuk keberlangsungan dalam mencintai diri sendiri.

3. Belajar Untuk Menghadapi Segala Situasi

Semua orang pasti pernah merasakan sesuatu yang tidak nyaman dan itu sangat wajar. Justru rasa nyaman inilah yang perlu untuk kamu selesaikan. Self Love adalah salah satu cara yang wajib kamu coba.

Berkat itu kamu bisa mengendalikan apapun keputusan yang kamu ambil dalam situasi yang berbahaya sekalipun. Karena kamu tahu apa kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Itu akan membuatmu jauh lebih baik mengatasi suatu permasalah karena penyelesaian yang terarah.

Cara-cara Menerapkan Self Love

Menerapkan Self Love itu mudah, kok. Terapkan cara-cara ini dan pastikan lakukan dengan waktu yang sebaik mungkin.

1. Jadi Diri Sendiri

Tidak perlu membandingkan apapun yang kamu punya dengan orang lain karena itu sesuatu yang sia-sia. Itu adalah sesuatu yang sia-sia. Bisa jadi kamu menemukan permasalahan yang baru yaitu overthinking yang berlebihan.

Cobalah untuk memiliki pikiran bahwa tiap orang adalah berbeda dengan sifat-sifat yang kita miliki. Tidak ada gunanya kamu membandingkan dengan orang lain.

Satu kata yang kamu harus kamu tanamkan di pikiranmu dalam menjalankan perasaan self love, yaitu fokus. Hilangkan rasa iri dan dengki terhadap kelebihan orang. Jangan jadikan kelebihan sebuah tolak ukur dalam keberhasilan seseorang.

Jangan pula jadikan kekuranganmu sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Justru inilah yang harusnya membuat kamu untuk semakin termotivasi untuk segera mengubahnya menjadi lebih baik.

Pikirkan bahwa kamu bisa mencapai impian dengan kekurangan dan kelebihan ini. Jadi maksimalkan apa yang kamu miliki untuk dapat mencapai hal itu.

2. Memaafkan Diri

Tiap manusia punya kekurangan yang bisa menjadi sumber suatu masalah. Ingatlah, kita semua pernah melakukan kesalahan. Jadi, cobalah untuk berlapang dada dalam menerima itu semua.

Selain memaafkan, lakukanlah sebuah perubahan untuk mengurangi kejadian-kejadian itu terulang kembali. Lakukanlah perlahan dan teruslah mencintai diri sendiri untuk hasil lebih memaafkan diri sendiri.

3. Saring Circle Pertemanan Kamu

Mungkin kamu adalah termasuk golongan orang yang memiliki banyak teman. Jika iya, mulailah menyaring teman-teman yang sesuai dengan karakter kamu.

Anggaplah teman adalah sebagai support system kamu. Makanya, kamu perlu untuk memiliki teman-teman yang bisa saling mendukung kegiatan yang kamu lakukan. Mereka bantu kamu untuk menciptakan suasana yang tenang dan dukungan motivasi dari mereka yang membantumu untuk maju.

Cara ini mungkin berat untuk sebagian orang. Tapi ini adalah langkah yang baik demi memiliki kualitas self love yang baik. Cobalah untuk merelakan teman-teman yang tidak sesuai dengan karakter dan yang tidak bisa mendukung mencapai impianmu.

Tapi jangan putus komunikasi dengan mereka, ya. Meskipun begitu, kalian tetap bisa jadi teman yang baik kok dalam hal lainnya.

Cobalah 3K Self Love Dari Sekarang!

Itulah serba-serbi self love yang wajib kamu tahu. Jangan hanya tahu pengertiannya. Ketahui juga sisi buruk yang kamu miliki jika menerapkan perasaan ini.

Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tapi artikel ini berusaha untuk memberikan edukasi tentang arti mencintai diri sendiri yang baik. Lakukanlah se-intensif mungkin, untuk kualitas yang lebih baik.

Cintai diri sendiri akan lebih pas jika kamu mengetahui karakter diri sendiri. Kamu bakal membutuhkan dukungan ahli untuk mengetahuinya seperti penggunaan teknologi mutakhir dari Skillana.

Sudah tahu kelebihan dan kekuranganmu, maka kamu akan lebih mudah untuk menjalankan self love yang sehat.

Yuk, kenali potensi dan karakter diri dengan Skillana. Coba sekarang!