Pentingnya Asesmen Diri untuk Career Path mu!

Ada banyak tips dan trik yang tersebar untuk mengawali karier mu. Namun hanya ada satu hal yang terkadang dilewati oleh banyak orang padahal itu merupakan hal yang sangat penting untuk mendasari memulai karir. Hal itu adalah melakukan asesmen diri. Tanpa sadar, melakukan asesmen diri sebagai langkah dalam mengawali karir ada banyak manfaatnya loh. Apa aja? Simak poin-poin di bawah!

1. Memahami kemampuan potensi serta ketertarikan dalam bekerja.

Setelah mendapatkan hasil dari asesmen dirimu, kamu akan mendapatkan beberapa detail seperti bidang minat yang sesuai dengan kepribadianmu, potensi yang ada dalam dirimu, serta beberapa hal yang berkaitan dengan ketertarikanmu dalam bekerja. Hal itu bisa menjadi fokus mu untuk bisa berkarier dalam bidang minat yang sesuai dengan kepribadianmu, selain itu juga kamu bisa mengembangkan beberapa soft skill yang berkaitan dengan bidangmu.

2. Mengetahui lebih tentang apa yang diinginkan saat bekerja

Setelah memahami minat dan potensimu , kamu bisa lebih fokus memilih pekerjaan yang sesuai dengan hasil asesmen dirimu. Dengan memahami hal tersebut juga dapat membantumu untuk mengeksplor banyak macam pekerjaan yang ada dan cocok untukmu. Tujuanmu dalam hal ini bisa berbentuk dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan atribut kepribadianmu sebanyak mungkin.

3. Kunci penting dalam perkembangan karier

Melalui 2 poin di atas, melalui hasil asesmen pribadi yang sudah kamu lakukan, kamu bisa fokus untukmengembangkan segala potensi yang ada dalam dirimu. Memahami potensi dan kemampuan yang ada dalam dirimu juga berarti mengembangkan segala kekuatan serta meminimalisir kelemahan dalam karakteristik pribadimu. Hal ini menjadi kunci penting kamu dalam mengembangkan diri dalam segala tahap perkembangan karier hidup kamu.

Nah, penting banget kan buat kamu melakukan asesmen diri sebelum kamu membentuk career path mu sendiri. Melalui asesmen diri, kamu bisa semakin memahami dan tahu apa yang kamu miliki untuk segera kamu kembangkan demi kelanjutan kariermu.

Skillana hadir sebagai platform pengembangan diri dengan menyediakan berbagai asesmen buat kamu yang mau tahu apa aja passion dan potensi yang kamu punya di dalam diri kamu sendiri!