Pekerjaan Sesuai MBTI: Mana yang Cocok Buatmu?

Source: Test 16 Kepribadian Online/Skillana.id

Memiliki karir di bidang yang disenangi memang jadi impian banyak orang. Pasalnya, mengerjakan hal yang kurang disukai dapat memunculkan dampak buruk bagi diri sendiri.

Meskipun tidak mudah, mungkin sekali bagi kamu untuk bisa menemukan pekerjaan yang cocok kamu jalani. Sebelum menentukan pekerjaan yang tepat, pertama-tama kamu perlu mencari tahu dulu tipe kepribadianmu, salah satunya dengan MBTI.

Apa itu MBTI?

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah indikator tipe kepribadian yang dirancang oleh Katharine C. Briggs dan Isabel Briggs Myers. Ibu dan anak ini mengembangkan teori psikologi Carl Jung tentang tipe-tipe kepribadian dalam bukunya yang berjudul  Psychological Types pada tahun 1921. Dengan mengikuti tes MBTI, kita bisa melihat kecenderungan kita dalam mengambil keputusan dan menghadapi masalah. Itulah sebabnya MBTI sering digunakan untuk menentukan karir yang tepat.

Pekerjaan yang sesuai untuk tipe MBTI-mu

Berdasarkan teori Jung, Myers dan Briggs membagi kepribadian menjadi 16 tipe. Berikut adalah pekerjaan-pekerjaan yang ideal untuk kepribadianmu.

1. INTJ – Arsitek

intj

Tipe kepribadian ini memiliki rasa percaya diri yang besar, tapi mereka kurang nyaman jika berada dalam grup yang besar. Memiliki banyak ide, INTJ juga bertekad untuk mengimplementasikan pemikiran mereka. Dengan tipe kepribadian ini, pekerjaan yang ideal adalah musisi, penasihat keuangan, marketing manager, hingga fotografer.

2. INTP – Perencana

Pribadi yang sangat baik dalam menyelesaikan masalah. Mereka memiliki kreativitas yang tinggi dan berusaha mencari solusi yang tepat untuk berbagai masalah. Beberapa pekerjaan yang cocok untuk kamu yang INTP misalnya web developer, composer, konsultan pemasaran, produser, hingga dosen.

3. ENTJ – Komandan

Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. ENTJ bisa dengan mudah menemukan hal yang kurang efisien dan mengembangkan solusinya. Untuk tipe kepribadian ini, karir yang sesuai misalnya administrator bisnis, manajer konstruksi, hingga seorang astronom.

4. ENTP – Pendebat

entj

ENTP lebih suka fokus pada ide-ide besar dan kurang nyaman bekerja dengan tugas maupun rutinitas yang repetitif. Mereka suka pekerjaan yang terkonsep. Karir yang cocok untuk tipe kepribadian ini antara lain pengacara, system analyst, financial planner, hingga ilmuwan.

5. INFJ – Penasehat

INFJ adalah pribadi yang idealis. Mereka tidak melihat sesuatu dari permukaannya saja yang menjadikan mereka pemikir mendalam atau sering disebut deep thinker. INFJ juga tipe yang kreatif dan punya banyak ide. Jadi, karir yang sesuai untuk tipe kepribadian ini antara lain psikolog, konselor, penulis, hingga ilmuwan.

6. INFP – Penyembuh

Tipe ini sangat imajinatif dan puitis. Di dunia profesional, INFP senang mempelajari hal baru dan antusias. Meski begitu, mereka kadang kesulitan untuk mempertahankan antusiasme pada pekerjaan dalam jangka waktu yang lama. Jenis karir yang ideal antara lain fotografer, seniman, hingga copywriter.

7. ENFJ – Pengajar

Tipe kepribadian ini memiliki prinsip yang kuat, cocok menjadi pemimpin, dan mudah menjalin relasi dengan orang lain. Beberapa jenis karir berdasarkan MBTI yang sesuai untuk tipe ini antara lain di bidang HR, public relations, sales, hingga art director.

8. ENFP – Pemenang

enfp

ENFP senang berpikir out of the box. Mereka memiliki intuisi yang kuat dan suka berada bersama banyak orang. Jika kamu memiliki tipe kepribadian ENFP maka beberapa jenis pekerjaan yang sesuai antara lain reporter, musisi, pekerja sosial, hingga editor.

9. ISTJ – Ahli Logistik

Dengan kepribadian yang pendiam, ISTJ akan nyaman untuk bekerja secara individu atau dalam tim kecil jika harus berkelompok. Mereka lebih menggunakan logics and reasoning sehingga memiliki patokan yang konkrit. Nah, jika kamu memiliki kepribadian ISTJ, maka kamu bisa coba meniti karir sebagai business analyst, akuntan, dokter gigi, hingga programmer.

10. ISFJ – Pelindung

ISFJ sangat sensitif pada perasaan orang lain, pribadi yang hangat, dan baik hati. Mereka sangat berdedikasi pada pekerjaannya. Mereka juga teliti dan memiliki metode yang baik untuk mempertahankan lingkungan kerja yang tertib. Karir yang cocok untuk tipe kepribadian ini antara lain guru TK, research analyst, staf keuangan, hingga manajer administrasi.

11. ESTJ – Pengawas

Berdedikasi, pekerja keras dan terorganisasi, ESTJ sangat baik dalam mengikuti prosedur maupun pedoman. Mereka juga suka membimbing orang lain. Pekerjaan yang bisa kamu coba untuk tipe ESTJ misalnya hakim, coach, hingga petugas keuangan.

12. ESFJ – Pemberi

ESFJ memiliki sifat yang ramah dan memerlukan interaksi sosial. Selain itu, mereka pandai menempatkan diri dalam masyarakat. Jadi, beberapa jenis pekerjaan yang sesuai untuk tipe kepribadian ini antara lain adalah kurator museum, medical researcher, hingga pekerja sosial.

13. ISTP – Pengrajin

Rasional dan logis, tetapi bisa juga spontan dan antusias. ISTP lebih senang mengerjakan tugas analitis atau teknis, dan mereka juga cepat memikirkan solusi jika mulai muncul masalah. Karir yang sesuai dengan ISTP adalah sebagai teknisi, insinyur, polisi, hingga ahli forensik.

14. ISFP – Penggubah

isfp

Tipe ini senang berinteraksi dengan orang-orang yang suka mengeksplorasi hal-hal baru. Di tempat kerja, ISFP lebih suka menyelesaikan pekerjaannya dengan jadwal yang mereka tentukan sendiri. Beberapa jenis karir yang cocok untuk ISFP antara lain manajer media sosial, arkeolog, hingga desainer.

15. ESTP – Promotor

ESTP adalah pribadi yang logis dan suka mengambil keputusan berdasarkan data. Meskipun rajin dan inovatif, mereka termasuk tipe yang mudah bosan dengan rutinitas. Contoh karir yang ideal untuk tipe kepribadian ini antara lain sutradara, project coordinator, hingga pengusaha.

16. ESFP – Penghibur

Pribadi yang sangat senang menjadi perhatian orang lain. Mereka suka belajar dan berbagi tentang hal yang mereka ketahui dengan orang-orang di sekitarnya. ESFP merupakan tipe yang hangat, friendly, dan menyenangkan. Mereka juga memiliki simpati yang tinggi sehingga peduli dengan keadaan orang lain. Pekerjaan yang sesuai dengan kamu yang ESFP adalah event planner, tour guide, hingga pramugari.

Potensimu akan lebih maksimal jika memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kepribadianmu. Tapi, kalau bidang yang kamu geluti sekarang ternyata kurang cocok dengan tipe MBTI-mu, jangan buru-buru ganti haluan tanpa pertimbangan yang matang, ya! Kamu juga bisa ikut isi asesmen di Skillana untuk tahu apa jenis MBTI kamu. Jadi, pekerjaan apa yang ideal buatmu?