Micro Influencer: “Seleb” yang Menguntungkan Pebisnis

micro influencer adalah | skillana

Saat ini mendapatkan pekerjaan adalah hal yang mudah karena cuma berbekal smarphone dan internet saja dan Mimin yakin semua orang bisa melakukannya saat ini. Kemudahan itu bisa membuatmu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, lho. Salah satu pekerjaan yang lagi viral adalah menjadi Micro Influencer.

Influencer tuh seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Tapi saat ini Influencer nggak cuma ada di TV, lho. Sosial media jadi platform yang digunakan oleh mereka.

Lewat artikel ini Mimin akan jelasin lengkap tentang Micro Influencer. Lalu, artikel ini akan menjawab keuntungan memanfaatkan Micro Influencer untuk para pebisnis.

Sudah siap buat tahu informasinya, Sob? Yuk, check them out!

Micro Influencer adalah?

Sob, Influencer terbagi menjadi beberapa golongan. Nah, Micro Influencer adalah jenis Influencer yang letaknya diantara Nano dan Macro Influencer karena punya followers sebanyak 10.000-100.000.

Biar nggak bingung, lihat infografis di bawah ini, ya:

Sumber: Allstar

Meskipun demikian, Micro Influencer juga punya keunikan sendiri seperti Influencer lain. Makanya, para pebisnis yang tertarik untuk menggunakannya untuk mempromosikan bisnisnya.

Bicara soal bisnis, kira-kira seberapa menguntungannya sih menggunakan Micro Influencer pada bisnis mereka. Selain itu, apa saja sih yang harus kamu persiapkan agar memikat para pebisnis agar “memanfaatkan” kamu. Nih Mimin jelasin selengkapnya.

Micro Influencer Jelas Menguntungkan Bagi Pebisnis

Ya, Micro Influencer bisa membantu para pebinis karena punya beberapa keuntungan dibandingkan dengan Influencer lainnya. Apa saja keuntungan yang ditawarkan Micro Influencer bagi para pebisnis?

Harganya Terjangkau

Ini cocok buat para pebisnis yang masih merintis usahanya. Dengan harga yang terjangkau dan followers yang cukup banyak membuat para pebisnis ingin memanfaatkan kamu untuk mempromosikan usahanya.

Jika mereka beruntung, ada pula Micro Influencer yang memberikan feedback yang baik kepada kliennya. Umpan balik yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk diberikan kepada klien adalah potongan harga hingga pengembalian barang hingga bonus promosi lagi.

Jangan khawatir merugi karena feedback tersebut ya, Sob. Justru mereka akan merasa puas dan dapat merekomendasikan kamu sebagai Micro Influencer yang menyenangkan saat bekerja sama dengan klien.

Punya Ciri Khas yang Kuat

Umumnya Micro Influncer masih belum banyak tim yang membantunya. Mulai dari memikirikan konten hingga penerbitan konten pada beberapa platform adalah hasil pemikiran kamu sendiri. Itulah yang meningkatkan ciri khas yang kuat.

Ciri khas itulah yang menuntun kamu untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan konten. Hal itu karena konten yang ingin kamu buat harus sesuai dengan gaya kamu tapi nggak boleh kehilangan informasi penting sesuai keinginan klien.

Tonjolkan pula kreativitas kamu lewat editan foto atau video konten kamu ya, Sob. Semakin menarik maka semakin puas klien karena kemungkinan meningkatkan profit akan sangat besar.

Yakin nggak mau jadi Micro Influencer?

Cara Menjadi Micro Influencer

Sudah siap jadi seorang Influencer yang Micro? Jangan lupa untuk lakukan ini ya, Sob.

Tentukan Hobi dan Bakat Kamu

Mimin percaya apapun menjalankan aktivitas yang sesuai dengan kesukaan akan lebih menyenangkan. Pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat akan meningkatkan produktivitas kerja.

Eits, tapi ada nggak sih dari kalian yang ternyata nggak tahu potensi dalam diri sendiri?

Kalau kamu jadi salah satunya, itu tandanya kamu belum kenal platform yang mencari minat dan bakat bernama Skillana. Baca sampe selesai ya agar kamu tahu apa itu Skillana?

Pilih Platform yang Sesuai

Kamu bisa pakai semua sosial media untuk jadi Miro Influencer. Tapi semua sosial media punya peraturan sendiri dan kamu wajib untuk menyesuaikan “cara mainnya”. Penyesuaian itu bertujuan agar kamu bisa jadi Micro Influencer dengan memanfaatkan fitur-fitur sosmed tersebut.

Selain mengenal fiturnya, kamu perlu untuk memilih sosial media yang sesuai dengan kepribadian kamu. Misalnya kamu suka menulis, maka sosial media yang bisa kamu gunakan adalah instagram. Sosial media itu punya fitur carousel yang bisa bagikan hasil tulisanmu berupa gambar pada satu postingan.

Kalau kamu lebih eksis di depan kamera, TikTok adalah sosial media yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa berkreasi membuat video singkat dengan menggunakan efek dan lagu kekinian agar trending atau FYP.

Ingat ya, Selalu Priorotaskan Konten

Menjadi posisi ini sama seperti sedang menjual jasa melalui konten di sosial media. Semakin menarik, maka semakin mudah untuk memikat para pebisnis untuk menggunakan jasa kamu.

Bukan hanya isi dari konten, tapi juga kualitas dari konten. Misalnya kamu Influencer Micro pada TikTok, pastikan video yang kamu buat harus resolusi tinggi. Jika perlu, gunakan peralatan yang mumpuni untuk menunjang hal tersebut.

Tapi jika kamu ingin menjadi seorang Influencer golongan Micro di Instagram, maka pastikan gambar yang kamu hasilkan juga beresolusi tinggi dan menggunakan aplikasi edit untuk hasil yang lebih baik.

Sering Sapa Penggemarmu

Hampir seluruh sosial media sudah memiliki fitur live. Nah fitur tersebut penting untuk di manfaatkan untuk menyapa para penggemar. Meskipun kamu bukan Micro Influencer yang suka melakukan siaran langsung, tapi fitur ini nggak boleh untuk kamu lalui.

Jika perlu, kamu nggak hanya memanfaatkan fitur live. Tapi kamu bisa sesekali membuat postingan berupa games yang yang memancing mereka untuk bereaksi dan itu pun sudah tergolong dengan interaksi.

Siapin Diri Mulai Sekarang, yuk!

Menjadi Influencer tuh nggak gampang seperti bayangan kita, Sob. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang penting seperti penjelasan di atas.

Mimin sarankan buat jangan terburu untuk menjadi salah satu jenis Influencer. Jangan karena faktor eksternal yang membuat kamu ingin menjadi pekerjaan ini. Mimin saranin buat tes potensi diri pake Skillana, yuk!

Saat menggunakan Skillana, kamu nantinya akan diuji dengan berbagai tes. Tampilannya yang eye catchy membuat kamu betah berlama-lama karena adanya gambar-gambar yang lucu.

Penasaran? Yuk pakai Skillana biar kamu jadi tahu potensi dari dalam diri kamu.

Refrensi:

https://voi.id/ekonomi/171259/tips-sukses-jadi-influencer-untuk-pemula

https://rajakomen.com/blog/pentingnya-micro-influencer-instagram-untuk-promosi-bisnis-kamu-di-instagram-e6ab4e22a2.php#:~:text=Bukan%20hanya%20macro%20influencer%2C%20namun,berpengaruh%20dalam%20meningkatkan%20penjualan%20bisnis.