Kepoin Profesi Campaign Specialist, Yuk!

Campaign Specialist

Profesi campaign specialist adalah profesi yang masih termasuk dalam ranah pekerjaan marketing. Dalam dunia marketing, kampanye adalah upaya strategis untuk mempromosikan tujuan perusahaan tertentu, seperti meningkatkan kesadaran akan produk baru atau mencari feedback dari konsumen. Selain itu, marketing campaign juga biasanya ditujukan untuk menjangkau konsumen dalam berbagai cara dengan bantuan media, mencakupi email, iklan media cetak, televisi, dan radio. Jika dalam dunia digital, marketing campaign juga dapat diukur melalui jumlah pay-per-click dan iklan media sosial. Kampanye dalam sebuah perusahaan juga bisa menjadi sarana untuk membangun loyalitas konsumen terhadap sebuah merek.

Seorang campaign specialist juga harus bermotivasi tinggi dan berorientasi pada data untuk mengelola kebutuhan kampanye dan bertanggung jawab memastikan pelaksanaan kampanye untuk perusahaan dan klien.

Mengapa profesi campaign specialist menjadi penting?

Seorang campaign specialist bertugas untuk membuat rencana iklan dan pemasaran untuk menjangkau audiens sesuai dengan tujuan sebuah kampanye dijalankan.. Biasanya, kampanye yang ditangani oleh seorang campaign specialist adalah kampanye yang berlangsung dalam durasi yang lama, itulah sebabnya sebagai seorang campaign specialist, kamu harus melakukan perencanaan konten hingga memikirkan jadwal perilisan kampanye yang tepat untuk memaksimalkan peluang konten kampanye tersebut berhasil. Salah satu hal penting yang harus kamu harus pahami adalahi target audiens perusahaan dan tipe konten seperti apa yang mereka minati. 

Sebagai campaign specialist dari sebuah perusahaan, kamu akan banyak bekerjasama dengan berbagai pihak eksternal untuk menyiapkan dan melaksanakan kampanye serta mengukur dan melampirkan laporan tentang keefektifan dari kampanye tersebut. Posisi campaign specialist biasanya terdapat pada perusahaan swasta, namun juga dapat ditemukan pada organisasi yang memiliki tujuan akhir penjualan. 

Berdasarkan data yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, profesi campaign specialist diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang lebih pesat hingga 20% di antara tahun 2018 hingga 2028. Selain itu, diperkirakan akan terdapat lebih dari 100.000 lahan kerja sebagai seorang campaign specialist pada tahun 2028. Jadi,tidak usah ragu jika kamu memiliki keinginan untuk berkarir sebagai seorang campaign specialist karena profesi ini pasti menjanjikan di masa depan.

Apa saja lingkup kerja sebagai seorang campaign specialist?

  • Mengelola, mengimplementasikan, melacak, dan mengukur keberhasilan dari berjalannya sebuah kampanye
  • Melakukan presentasi dan arahan terhadap tim internal atau eksternal yang termasuk dalam proses pengerjaan sebuah kampanye, seperti copywriter, desain grafis, sosial media, dan sales.
  • Mengelola, memantau, dan menerapkan inventaris yang diperlukan untuk berjalannya sebuah kampanye, seperti halaman promo, banner, landing page, visual utama, dan lain lain
  • Menyampaikan laporan hasil kampanye secara berkala, termasuk analisis dan evaluasi dari sebuah kampanye
  • Melakukan riset pasar untuk menemukan jawaban terhadap kebutuhan, kebiasaan dan tren konsumen saat ini

Apa saja keterampilan yang dibutuhkan sebagai  seorang campaign specialist?

Memiliki dasar dasar pemasaran

Sebagai seorang campaign specialist, kamu harus memiliki dasar dan pengalaman bekerja dalam bidang pemasaran, baik secara online atau offline. Misalnya, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), pay-per-click (PPC), dan media sosial.

Aktif dalam dunia digital

Untuk bisa memahami bagaimana cara mengemas konten kampanye yang menarik, seorang content specialist harus aktif dalam dunia digital dan memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap apa yang sedang menjadi tren pemasaran dan berita.

Kemampuan presentasi yang baik dan kreatif

Agar ide yang dipaparkan mudah dipahami oleh pihak pihak yang terlibat dalam menjalankan sebuah kampanye, seorang campaign specialist harus memiliki kemampuan presentasi yang baik. 

Memahami tools digital yang digunakan

Dalam menjalankan sebuah kampanye, pekerjaan campaign specialist dapat dipermudah dengan bantuan dari berbagai software, seperti google analytics. Kehadiran software dapat digunakan untuk memantau tren ataupun menganalisis hasil dari kampanye yang sudah dibuat.

Biasanya, ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk posisi campaign specialist, mereka mencari individu yang sudah pernah memiliki pengalaman di bidang pemasaran, atau merupakan lulusan dari jurusan yang terkait. Maka, jika kamu tertarik untuk memulai karir sebagai campaign specialist, sangat disarankan untuk mencari pengalaman magang dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *