Awas! Inilah Jebakan Interview Kerja di Perusahaan Besar

interview kerja di perusahaan

Kini perusahaan multinasional banyak kita temui di Indonesia. Bagi Jobseekers, menjadi karyawan di perusahaan multinasional adalah salah satu impiannya. Banyak yang perlu disiapkan salah satunya adalah pertanyaan interview kerja di perusahaan besar.

Mimin tahu kok, tiap perusahaan punya standar pertanyaan yang harus ditanyakan kepada calon karyawannya. Meskipun kita nggak akan tahu persis detail pertanyaannya, tap kamu bisa mencari tahu pertanyaain-pertanyaan tersebut.

Mimin nggak berusaha menakut-nakutin kalian, kok. Mimin malah mau ajak kalian yang ingin kerja di perusahaan besar untuk mengetahui apa aja sih yang biasanya ditanyakan. Meskipun terdengarnya sepele, tapi kamu harus hati-hati kalau mereka sudah bertanya seperti yang di bawah ini.

Deskripsikan Diri Kamu!

Menurut Mimin, pernyataan ini berbeda “kenalkan diri kamu”. Kok bisa?

Jika merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indoneisa (KBBI) deskripsi adalah sebuah penguraian yang rinci. Nah yang harus kamu lakukan adalah menceritakan diri kamu sedetail mungkin kepada HRD.

Namun perhatikan pula kalimat yang akan kamu bicarakan ya, Sob. Mimin sarankan untuk nggak perlu lagi menceritakan tempat lahir, tanggal lahir hingga riwayat pendidikan. Semua itu sudah kamu jelaskan pada Curriculum Vitae (CV) sebelum memulai interview kerja di perusahaan.

Ingat, kamu sedang melakukan interview dengan perusahaan besar. Jadi jawablah setiap pertanyaan tersebut secara detail dan meyakinkan. Maka dari itu, Mimin punya tips yang bisa kamu lakukan saat menjawab pertanyaan ini.

Pertama, sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar pada perusahaan itu. Setiap perusahaan punya job description masing-masing dalam setiap divisinya. Baca baik-baik job description tersebut yang nantinya akan kamu kerjaan.

Nggak cuma untuk bahan pertimbangan dengan pengetahuan dan pengalamanmu saja. Hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai patokan dalam menjawab pertanyaan HRD, lho.

Kedua adalah sampaikan karakter kamu dengan menggunakan kata-kata yang positif. Beritahu mereka kalau kamu punya sisi positif yang sesuai dengan budaya perusahaannya.

Jangan sampai nggak tahu karakter diri kamu sendiri ya. Padahal mengetahui diri sendiri adalah “gerbang” awal mengenalkan diri saat interview kerja di perusahaan besar.

Biar kamu semakin jelas, Mimin rekomendasikan kamu untuk daftar menjadi member Skillan.id, yuk!

Kamu bisa pakai semua fitur yang ada di Skillana premium agar lebih tahu tentang karakter yang menonjol dari diri kamu.

Apakah Kamu Juga Melamar di Perusahaan Lainnya?

Nggak salah kok kalau memasukan lowongan pada banyak perusahaan. Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini, jangan panik dulu ya, Sob.

HRD punya tujuan tertentu dengan pertanyaan ini karena mereka berusaha untuk mengetahui bagaimana strategi karir kamu kedepannya.

Jika memang kamu melamar di perusahaan lain, bilang saja sejujurnya. Namun dalam hal ini, hanya dengan kejujuran tersebut bisa membuat HRD nggak terlalu yakin dengan keinginan kamu, lho.

Mereka perlu diyakinkan dengan jawaban-jawaban kamu. Selain menceritakan kedaan yang sesungguhnya, sampaikan pula kalau perusahaan mereka adalah perusahaan impian.

Kalau nggak kamu yakinkan, kecil kemungkinan mereka ingin menerima kamu menjadi karyawannya. Hal itu karena HRD mengkhawatirkan jika kamu malah memutuskan untuk resign dari perusahaan karena perusahaannya bukan satu-satunya perusahaan yang benar-benar kamu inginkan.

Beritahui Ke Saya, Bagaimana Kamu Dalam Satu Kata!

Pertanyaan interview kerja di perusahaan ini mungkin bisa jadi salah satu hal yang menakutkan. Bayangkan saja, dalam wawancara tersebut kamu diminta untuk menggambarkan diri sendiri dengan satu kata. Padahal saat itu kamu berpikir bahwa satu adalah jumlah kata yang sangat kecil untuk mendiskripsikan diri kamu.

Lalu, bagaimana solusinya biar kamu nggak ketakutan dengan pertanyaan tersebut? Nah, Mimin punya tipsnya.

Ingat baik-baik dua hal “pamungkas” ini yang meliputi: posisi pekerjaan dan karakter asli.

Ingat, sifat asli yang harus amu tonjolkan adalah kelebihan kamu ya, Sob. Setelah itu, ketahui pula posisis pekerjaan yang kamu lamar. Meskipun kamu punya banyak kelebihan, tapi yang harus kamu lakukan adalah memilah sifat-sifat agar menyesuaikan posisi yang kamu lamar.

Misalnya kamu sedang melamar menjadi seorang Copywriter. Satu kata yang bisa menggambarkan diri kamu sebagai seorang Copywriter yang handal adalah “kreatif”.

Kamu punya opini lain terkait hal ini? Tulis di kolom komentar ya, Sob.

Pertanyaan Unik Saat Interview Kerja di Perusahaan Besar

Kata siapa perusahaan besar cuma membutuhkan informasi yang formal tentang diri kamu. Ada kalanya mereka akan memberikan pertanyaan yang unik yang mungkin nggak kamu pikirkan sebelumnya.

Pertanyaan tersebut bukan karena HRD gabut ya, Sob hehehe. Akan tetapi mereka ingin mengetes kemampuan berpikir, adaptasi dan lain sebagainya. Penasarn? Ini dia pbeberapa pertanyaannya.

Kalau diibaratkan dengan hewan, hewan mana yang sesuai dengan kamu?

Nggak ada yang salah dan benar dalam hal ini. Hanya saja HRD berusaha untuk mengetahui karakteristikmu dalam salah satu hewan yang kamu ucapkan.

Jawablah dengan penuh keyakinan dan berikan alsan yang logis mengapa kamu memilih hewan tersebut. Akan lebih baik jika alasan tersebut bisa sesuai dengan posisi yang kamu lamar pada saat itu.

Namun jika kamu menjawabnya dengan penuh keraguan, maka HRD bisa saja menilai kamu orang yang tidak siap dengan tantangan dan nggak bisa mengetahui kepribadian diri sendiri.

Kalimat apa yang bisa membuat kamu termotivasi?

Kamu pasti sering sekali mendengar kutipan-kutipan dari orang-orang, kan? Kutipan ini nggak selalu datang dari pernytaan idola kamu ya, Sob. Kamu juga bisa mengambil kutipan atau pernyataan dari orang terdekat kamu seperti saudara, orang tua atau pacar.

Selain melihat motivasi kamu, HRD juga mampu melihat bagaimana tujuan hidupmu. Jika tujuan hidup yang kamu sampaikan ternyata sesuai dengan yang harapan oleh perusahaan, maka itu adalah langkah awal untuk dapat ketahapan selanjutnya. Hal itu karena kamu sudah dianggap sebagai calon kandidat yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Ketika ada serangan zombie yang banyak, apa yang kamu lakukan?

Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana kamu bertahan dalam tekanan yang ada dalam pekerjaan. Tekanan pekerjaan memang banyak sekali bentuknya, dan perumpaan ini bisa menjdi penilaian HRD terhadap diri kamu.

Jawab apa saja yang akan kamu lakukan dalam keadaan seperti itu. Mimin sarankan untuk jawab dengan kepastian, ya. Selain itu jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa kamu memilih saat dalam serangan zombie.

Siap Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Di Perusahaan Besar Di Atas?

Ingin mendapatkan kerja harus mempersiapkan beberapa hal. Interview kerja adalah hal yang nggak boleh kamu lewati. Apalagi tiap perusahaan punya standar masing-masing sehingga kamu harus memperdalam pengetahuan tentang hal tersebut.

Ingat ya sob, perusahaan besar punya beberapa pertanyaan interview yang out of the box. Agar kamu bisa masuk dalam salah satu kandidat yang diperhitungkan, kamu wajib mengetahui kisi-kisi pertanyaan yang sudah Mimin sampaikan di atas.

Nggak cuma itu saja, lho. Tips dunia kerja lainnya juga bisa kamu liat pada Blog Skillana atau pada sosial media Mimin lainnya.

Yuk, siapin diri kamu agar menjadi generasi mudah yang bermanfaat bersama Skillana

Referensi:

https://www.ekrut.com/media/apa-saja-sih-yang-ditanyakan-bos-perusahaan-dunia-saat-wawancara

https://id.prosple.com/interviews-and-assessments/7-pertanyaan-jebakan-saat-interview-fresh-graduate-dan-cara-menjawabnya