Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Seputar “Expected Salary”

expected salary adalah | Skillana

Setelah menyelesaikan pendidikan, kamu akan memasuki ke jenjang dunia kerja. Sebelum bekerja, kamu akan melewati tahapan interview kerja yang menanyakan beberapa pertanyaan, salah satunya adalah expected salary.

Expected salary adalah pertanyaan tentang berapa nominal gaji yang kamu inginkan. Nah, pertanyaan ini nggak akan kamu temukan di awal interview. Umunya, HRD akan menanyakan pertanyaan ini saat sesi interview akan selesai.

Kamu bebas kok menyebutkan berapa nomina gaji yang kamu mau. Tapi, ekpektasi gaji itu harus kamu pertimbangkan dengan beberapa hal ini di bawah ini, ya. Simak artikel ini sampai habis.

1. Riset

Ini adalah langkah awal untuk memantapkan expected salary yang kamu inginkan. Riset yang kamu lakukan bisa dari beberapa hal. Inilah hal-hal yang perlu kamu lakukan riset.

Pertama yaitu gaji karyawan di perusahaan yang kamu lamar. Informasi ini nggak bisa kamu dapatkan diinternet, tapi kamu harus merisetnya dengan menanyakan kepada karyawan perusahaan tersebut.

Tapi, nggak etis kalau kamu langsung menanyakan gaji mereka. Biar dia nggak tersinggung sama pertanyaanmu, coba deh tanyakan kisaran gaji yang mereka dapatkan. Meskipun nggak rinci, setidaknya kamu bisa tahu rata-rata gaji karyawan di sana.

Riset lainnya tentang expected salary adalah gaji dari posisi yang kamu lamar dengan mengandalkan internet. Nggak semua informasi bisa kamu ambil, ya. Seleksi lagi dengan menyesuaikan job description mereka, apakah sesuai dengan job decrioption posisi kamu?

Riset nggak hanya tentang dua hal itu, lho. Semakin banyak hal yanag kamu riset, semakin mudah kamu menjawab pertanyaan expected salary dari HRD.

2. Sesuaikan Dengan Kehidupan Kamu

Gaji adalah imbalan yang kamu dapatkan setelah menyelesaikan tugas-tugas yang. Saat kamu menjawab pertanyaan tentang expected salary, maka kamu harus mempertimbangkan kegunaan gaji yang telah kamu dapatkan tersebut.

Misalnya perusahaan itu berada di luar kota, kamu harus mengetahui gaji rata-rata kota tersebut. Kalau perlu, kamu bisa langsung kesana untuk mengetahui biaya hidup di kota tersebut.

Sudah tahu berapa upah minimumnya, selanjutnya kamu harus menentukan apa saja kebutuhan yang akan kamu keluarkan selama di sana. Buatlah list kebutuhan-kebutuhannya seperti biaya kost, makan dalam sebulan, biaya transportasi dan lain sebagainya.

Setelah menghitung pengeluaran-pengeluaran tersebut, kamu bisa lancar menjawab pertanyaan tentang expected salary.

3. Berikan Kisaran

Jangan berikan angka gaji yang terlalu rinci kepada HRD, semisal: Rp.3.4500.500. Kalau kamu memberikan hal yang terlalu mendetail, mereka akan kesusahan dalam mewujudkan expected salary yang kamu inginkan.

Cobalah untuk membuat kisaran harga agar HRD agar mudah mengambil keputusan berapa gaji yang harusnya cocok dengan kemampuan yang kamu miliki.

Contoh kisaran harga yang Mimin maksudkan adalah “3.400.000-3.700.000”

Keuntungan kamu menjawab pertanyaan expected gaji dengan kisaran harga adalah berkesempatan untuk mendapatkan upah minimal yang lebih dari yang kamu harapkan. Kenaikan ekspektasi gaji tersebut juga ada syaratnya, sob, yaitu jangan berikan jarak yang terlalu jauh dari harga yang terendah hingga yang tertinggi yang kamu inginkan.

Tapi kenaikan tersebut tergantung dengan pertimbangan dari HRD. Kalau kisaran harga expected salary kamu ternyata lebih rendah dari kemampuan yang kamu miliki, kemungkinan HRD akan menaikkan gaji.

4. Jawaban Expected Salary Untuk yang Pernah Bekerja

Kalau kamu pernah bekerja di berbagai posisi, jangan kamu sebutkan ssemua gaji-gaji tersebut, ya. Sebutkan saja rata-rata upah yang pernah kamu dapatkan. Tapi kalau kamu pernah bekerja diposisi yang sama, maka sebutkan gaji sesuai dengan posisi yang kamu lamar sekarang.

Cara ini bertujuan agar HRD bisa mengira-ngira gaji yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang kamu punya. HRD perlu melakukan pertimbangan yang baik untuk menetapkan gaji yang sesuai.

Yuk, Siapkan Jawaban Tentang Expected Salary yang Memikat HRD

Buat kamu yang baru wawancara, ada beberapa pertanyaan interview kerja yang wajib kamu ketahui seperti expected salary. Ada empat tips yang kamu harus lakukan untuk menjawab expected salary yang bisa memikat HRD di atas.

Tips-tips tersebut bisa kamu lakukan dengan baik dengan melakukan latihan wawancara kerja. Disamping itu, kamu bisa berlatih dengan orang terdekat atau dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) bernama Mbak Widya.

Bersama Mbak Widya, kamu akan latihan wawancara dengan memberikan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD. Nggak perlu khawatir, kamu bisa melihat hasil rekaman wawancara lagi, lho. Fitur itu cuma dimiliki oleh Skillana.

Yuk, coba sekarang!

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/pertanyaan-gaji-yang-diharapkan/#.YuOEs3ZBxPZ