Bekerja Sesuai Passion? Coba Pikir Baik-Baik!

Kata orang sih, harus kerja sesuai passion; soalnya passion itu pegangan hidup, kalau gak sesuai nanti ga bahagia. Emang bener?

Memang benar beberapa orang mengatakan bahwa ada banyak keuntungan ketika kamu bekerja sesuai dengan passion, seperti kamu bekerja sesuai dengan apa yang kamu cintai; menurunkan tingkat stres saat bekerja; menurunkan tingkat peluang terkena masalah mental; hingga sesederhana merasa bahagia saat bangun pagi dan memulai hari.

Namun, kembali lagi untuk menemukan passion bisa jadi seperti menemukan jarum di tumpukan jerami. Membutuhkan proses yang panjang, sulit dan melelahkan. Apalagi ketika sedang melakukan eksplorasi diri, kamu akan menemukan minat lain yang menarik dan akan sangat mungkin terjadi perubahan ketertarikan!

Terus gimana dong? Tanyakan pada dirimu sendiri sekarang!

Baik atau nggaknya ‘bekerja sesuai passion’ semua tergantung denganmu. Apakah kamu sedang dalam keadaan sangat butuh pekerjaan? Atau Mempunyai banyak waktu untuk mengeksplor banyak hal?

Kalau kamu memang masih memiliki banyak waktu, biarkan dirimu mengeksplor banyak hal untuk mengasah kemampuan dan mengembangkan potensi diri. Dengan mengenali potensi diri yang kamu miliki, kamu akan lebih memahami apa yang sebenarnya kamu inginkan dan apa yang benar-benar kamu sukai. Hal ini bisa kamu memulai dengan menjadikan hobi sebagai medianya. Lakukan hobi mu, gali potensi yang menghasilkan dari potensimu. Bisa saja kan kalau disitu passion mu?

Selain itu kamu juga perlu memahami bagaimana kepribadian, gaya kerja, minat bakat, dan gaya kepemimpinan mu. Kamu bisa melakukan tes secara gratis loh melalui Skillana. Dari hasil tes itu pasti kamu lebih mudah untuk mengenali diri sendiri.

Namun jika memang sedang dalam keadaan sangat membutuhkan pekerjaan, terlebih lagi dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti sekarang, mungkin kamu bisa menurunkan egomu. Kamu dapat mengambil keputusan untuk memilih pekerjaan yang masih dalam jangkauan kemampuan mu. Dibalik itu pun , kamu juga dapat mengeksplor banyak hal melalui pekerjaan yang kamu jalani.

Pada intinya, berikan dirimu ruang untuk bisa bertumbuh dan berkembang. Melalui jalan apapun itu, pastikan kamu tetap merasa enjoy dan bahagia ya!