Pengusaha vs Entrepreneur

Kalo misalnya kita lihat di jaman dulu, sebutan pengusaha adalah seseorang yang membangun usahanya dari bawah. Tapi, sekarang muncul lagi sebutan entrepreneur. Apaan sih itu? Apa bedanya sama pengusaha? Bukannya sama aja ya, kan mereka sama-sama berbisnis?

Nah, ternyata sebutan pengusaha dan entrepreneur memiliki arti yang berbeda, loh! Apa sih itu? Yuk, kita bahas disini!

Menurut Oxford Dictionary, pengusaha adalah seseorang yang bekerja di perusahaan dan memiliki jabatan yang tinggi, sedangkan entrepreneur adalah orang yang menghasilkan uang dengan memulai atau menjalankan bisnis.

Biasanya kebanyakan orang akan menganggap pengusaha dan entrepreneur memiliki arti yang sama, akan tetapi mereka memiliki perbedaan yang besar dalam melihat dan menstrategikan suatu bisnis. Dengan kata lain, pengusaha akan mengikuti jalan yang sudah dilakukan oleh seseorang, sedangkan seorang entrepeneur akan membuat jalannya sendiri dengan menggunakan ide originalnya.

Di masa depan, seorang entrepreneur dapat menjadi pengusaha. Namun, diantara pengusaha dan entrepreneur memiliki perbedaan yang tipis dalam peranannya di pasar, yaitu pengusaha sebagai pemain pasar, dan seorang entrepreneur adalah seorang pemimpin pasar. Nah, dalam artikel kali ini, kamu akan menemukan perbedaan pengusaha dan entrepreneur.

Siapakah Pengusaha itu?

person wearing suit reading business newspaper

Pengusaha adalah seseorang yang mengoperasikan atau memulai bisnis dengan ide yang sudah ada. Ketika membahas tentang originalitas ide, sebagian besar pengusaha akan cenderung untuk memilih bisnis yang demand-nya tinggi dan dapat memberikat profit yang besar, tanpa mempertimbangkan keunikan produk itu sendiri.

Pengusaha menghadapi kompetisi yang ketat karena terdapat ratusan rival yang sudah ada di pasar, yang sudah mengambil kesempatan bisnis dan dapat mengembangkannya menjadi perusahaan dengan bidang tertentu. Walaupun resikonya rendah karena pengusaha mengambil bisnis yang dites oleh saingan-saingannya, menjadikan kesempatan untuk gagal semakin rendah.

Tujuan utama dari seorang pengusaha untuk melakukan aktivitas ekonomi adalah untuk menghasilkan pendapatan dengan menggunakan sumber daya manusia, keuangan, dan intelektual. Berdasarkan ini, pelanggan diperlakukan sebagai raja oleh pengusaha.

Siapakah Entrepreneur itu?

man reading magazine

Entrepreneur adalah orang yang melahirkan ide unik atau konsep baru untuk memulai perusahaan dan membawanya menjadi kenyataan. Pengusaha adalah orang yang menghadapi reiko dan ketidakpastian dari suatu bisnis. Usaha yang didirikan oleh pengusaha tersebut dikenal dengan nama Startup Company, yang dibentuk pertama kali terkait dengan ide, inovasi, atau proses bisnis.

Entrepreneur adalah orang yang selalu memimpin pasar, tidak peduli sebanyak apa kompetitor yang akan datang.

Dalam perekonomian, entrepreneur dipertimbangkan sebagai faktor terpenting dalam produksi, yang mengumpulkan dan memobilisasi tiga faktor produksi lainnya yaitu tanah, tenaga kerja, dan modal. Dalam jangka panjang, entrepreneur ini akan menjadi pengusaha.

Entrepreneur dikenal dengan pendekatannya yang kreatif. Mereka memperkenalkan inovasi dan mengkoordinasikan sumber daya. Mereka menawarkan produk dan sevis yang akan membawa perubahan bagi dunia.

Beberapa contoh entrepreneur adalah Bill Gates (penemu Microsoft), Mark Zuckerberg (co-founder Facebook), Larry Page (co-founder Google), Steve Jobs (co-founder Apple), dan sebagainya.

Perbedaan Utama Pengusaha dan Entrepreneur

Berikut adalah perbedaan-perbedaan pengusaha dan entrepreneur.

  1. Seseorang yang membawa ide unik untuk menjalankan perusahaan startup disebut sebagai entrepreneur. Pengusaha adalah orang yang memulai bisnis dengan konsep atau ide yang sudah ada.
  2. Pengusaha membuat perusahaannya muncul di pasar dengan usaha dan dedikasinya, dimana seorang entrepreneur membuat pasarnya sendiri untuk bisnisnya.
  3. Pengusaha adalah pemain pasar, sementara seorang entrepreneur adalah pemimpin pasar karena ia adalah orang pertama yang membuat suatu perusahaan di bidang yang belum ada.
  4. Sifat dari pengusaha adalah penuh pertimbangan, sedangkan seorang entrepreneur sifatnya mengikuti intuisinya.
  5. Pengusaha akan mengikuti jejak kaki pengusaha lainnya, kemungkinan gagalnya jauh lebih rendah dibanding entrepreneur yang resikonya besar.
  6. Pengusaha melakukan cara tradisional untuk menjalankan bisnis.  Sebaliknya, seorang entrepreneur menerapkan metode yang tidak konvensional untuk hal yang sama.
  7. Pengusaha berorientasi pada keuntungan, namun,seorang entrepreneur adalah seseorang yang berfokus pada esensi, yang lebih mementingkan karyawan, customer, dan khalayak umum.
  8. Pengusaha menghadapi kompetisi yang ketat karena kesulitan untuk mendapat posisi di pasar yang sudah ada, dan kesulitan ini tidak dialami oleh seorang entrepreneur.

Tabel Perbandingan

PerbandinganPengusahaEntrepreneur
ArtiPengusaha adalah seseorang yang membuat bisnis dengan menawarkan produk dan servis yang sudah ada kepada customer.Entrepreneur adalah seseorang yang memulai suatu perusahaan dengan ide atau konsep baru, dan memulai kegiatan komersial.
Posisi di PasarPemain pasarPemimpin pasar
SifatPenuh pertimbanganIntuitif
PasarMenciptakan tempat di pasar yang sudah adaMembuat pasar baru
ResikoRendahTinggi
Cara untuk menjalankan bisnisKonvensionalBaru dan fresh
PendekatanHolistikAtomistik
KompetisiSangat tinggiRendah
FokusProfitKaryawan, customer, dan khalayak umum

Kesimpulan

Pengusaha adalah seorang pengusaha, akan tetapi seorang entrepreneur adalah entrepreneur, organizer, pengambil resiko, dan manager dalam satu waktu. Yang pertama berfokus pada kompetisi, akan tetapi yang terakhir memberikan penekanan pada koordinasi dan kerjasama semua sumber daya.

Nah, kalo kamu pengennya jadi apa nih? Mau jadi pengusaha, atau jadi entrepreneur? Kalo mau tau kecocokan kamu untuk menjadi leader suatu perusahaan, kamu bisa banget isi asesmen Skillana. Disini, kamu bisa tahu sifat leadership dan juga gaya kerja kamu. Oh ya, apapun bisnis kamu, jangan lupa untuk menjalankan perusahaan kamu sebaik-baiknya, ya! Semoga sukses di bidang bisnis yang kamu mau!