Memilih Bekerja atau berbisnis?

Pilihan bekerja atau berbisnis tentu akan datang pada masanya. Masing-masing orang perlu memilih tahapan kehidupan selanjutnya setelah kehidupan perkuliahan. Pertanyaan ingin lanjut bekerja atau membangun bisnis seringkali ditanyakan oleh orang sekitar atau bahkan oleh diri sendiri. The Global Economy dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa perkembangan substansial dalam lapangan dan kesempatan kerja semakin meningkat. Namun di sisi lain, kamu bisa lihat ada banyak orang yang beralih untuk menjadi pengusaha akhir-akhir ini. Terlebih saat pandemi mulai, ada banyak orang yang beralih untuk memulai bisnis online dari rumah. 

Baik menjadi pegawai ataupun pengusaha, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Menjadi seorang pengusaha akan ada orang yang  mengalami masa-masa awal sulit dalam membangun bisnis dan ada pula bisnisnya lansung melejit saat pertama kali dibuka. Begitupun menjadi pegawai, ada yang mungkin langsung mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang prestisius, ada pula yang perlu membangun karier mulai dari perusahaan kecil. Keduanya ada masa di mana kita benar-benar perlu bekerja keras. 

Dalam artikel ini, Skillana bantu kalian untuk memberikan perspektif lain dalam memilih atara bekerja atau berbisnis melalui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing pilihan

Mendapatkan Pekerjaan dan Membangun Jenjang Karier

Pro dalam Mendapatkan Pekerjaan dan Membangun Jenjang Karier

1. Gaji yang stabil beserta benefit lainnya

Benefit utama yang paling jelas dalam mengambil pilihan untuk bekerja adalah mendapatkan gaji yang pasti setiap bulan. Memiliki kepastian pemasukkan dalam setiap bulannya, tentu akan terasa aman bagi kita. Dengan mengetahui seberapa besar pemasukkan, kita juga bisa melakukan budgeting untuk keperluan bulanan.

Selain itu beberapa perusahaan juga memberikanmu benefit lainnya seperti asuransi kesehatan, tunjangan pensiun hingga memungkinkan kamu mendapat paid vacation, dan cuti sakit. Kebijakan benefit ini tidak akan sama persis dari satu perusahaan dengan perusahaan lain, mereka memiliki kebijakannya masing-masing.

2. Kesempatan untuk promosi

Dalam bekerja, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi dari atasan atau manajemen. Kesempatan itu membantumu untuk mendapatkan jengjang karier yang lebih tinggi dengan gaji yang lebih tinggi. Namun tentu dengan kenaikan tersebut tanggung jawabmu akan lebih besar lagi. 

3. Bertemu dengan orang baru dan belajar skilll baru

Bekerja merupakan salah satu jalan besar untuk bertemu dengan orang baru dan membangun networking dengan banyak orang dalam jangkauan yang lebih luas lagi. Kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang baik yang sama atau bahkan berbeda jauh dengan kamu. Tidak apa, artinya networking mu semakin meluas dan ini akan memberikanmu kesempatan kerja yang lebih luas lagi.

Dengan bekerja pun tentu kamu akan mempelajari hal-hal baru tentu kamu memiliki mentor yang akan memberikamu ilmu dalam bidang yang kamu kerjakan. Melalui bekerja pun, kamu tidak hanya mempelajari hard skill namun juga belajar mengenai soft skill.

Kontra dalam Mendapatkan Pekerjaan dan Membangun career path

1. Jadwal yang tidak flexibel

Sayangnya, seperti yang kita tahu, memilih bekerja dengan suatu perusahaan pasti akan memiliki jam kerja tertentu. Misalnya yang umum berlaku adalah 9-5. Meskipun sekarang banyak menjamur perusahaan Start-up tentu kamu juga perlu mempekirakan seberapa lam akamu akan bekerja, dan nyatanya tidak bisa asal flexible begitu saja. Karena pada beberapa kasus, perusahaan seringkali meminta waktu bekerja yang lebih panjang sampai perlu lembur.

2. Potensi penghasilan leboh sedikit dibanding berbisnis

Ketika bekerja akan ada kemungkinan di mana kamu memiliki penghasilan yang lebih sedikit dibandingkan kamu berbisnis. Beberapa perusahaan juga seringkali tidak memberikan kesempatan atas kenaikan gaji -tergantung dari seberapa lama pengalamanmu juga-

3. Tidak adanya keamanan pekerjaan

Dalam bekerja tentu kita tidak memiliki kontrol yang banyak seperti tidak bisa memilih jenis pekerjaan kita, dan rekan kerja sesama. Kultur dalam perusahaan terkadang juga sulit disamakan juga sesuai dengan kepribadian dan gaya kerja kita. Agak sulit memang untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kesukaan kita.

Memulai Membangun Bisnis

Pro Membangun Bisnis

1. Bisa menyusun waktu dan lokasi kerja sendiri

Karena memilih berbisnis juga berarti bekerja dengan diri sendiri. Kamu adalah bosnya jadi kamu bisa mengatur jadwal yang terbaik untuk kamu menjalankan bisnis. Waktu dan tempatnya pun sangat fleksibel, kamu bisa bekerja dari manapun dan kapanpun kamu bisa.

2. Belajar mengenai skill bisnis

Belajar bisnis tentu akan menuntut kamu untuk belajar skill bisnis. Meskipun memang pada awalnya akan sulit, tapi seiring berjalannya waktu kamu akan menemukan soft-skill lainnya yang berhubungan dengan bisnis. 

3. Adanya potensi perkembangan yang luas

Memiliki bisnis tentu tidak akan terbatas pada siapa dan perusahaan kita bekerja. Dengan berbisnis tentu akan membuka banyak kesempatan yang luas untuk berkembang. Berkembang dalam artian baik dirimu dan bahkan untuk bisnismu sendiri.

Kontra Membangun bisnis

1. Faktor risiko yang tinggi

Memilih untuk menjadi pengusaha dan melakukan semuanya dari awal sendiri akan menumbuhkan risiko atas kekecewaan, kehilangan, terlilit hutang hingga risiko untuk bangkrut. Pada dasarnya sangat penting untuk bersikap optimis dan juga realistis di mana sangat sulit untuk menghadapi risiko dan juga kegagalan

2. Pemasukkan yang tidak pasti

Bisnis tentu ada naik turunnya, dengan begitu pemasukkan yang ada tidak selalu stabil sama dari waktu ke waktu. Hal ini tergantung dari tren dan juga minat pasar terhadap produkmu. Namun, tetaplah memutar otak untuk berpikir mengenai strategi marketing demi menunjang pemasukkan yang bisa semakin lama semakin banyak.

3. Membutuhkan funding yang mencukupi

Dalam membangun bisnis tentu tidak bisa langsung melejit tinggi, meskipun memang banyak sekali cerita yang tersebar mengenai bisnis yang sangat terlihat menjanjikan. Namun kamu perlu realistis kembali, hal tersebut juga mengenai proses dalam membangunnya. Termasuk, mencari pendanaan untuk menunjang perkembangan bisnis yang lebih baik. Namun sayangnya, pendanaan ini memang tidak bisa dipastikan. Ada beberapa bisnis yang pastinya melalui penolakan oleh beberapa venture. Tetap memiliki strategi pengembangan demi meningkatkan pendapatan yang seimbang sambil mencari pendanaan tersebut.

Nah sekarang udah tau kan apa aja nih Pro dan Kontra baik ketika kamu memilih untuk memulai kerja ataupun memilih membangun bisnis. Keduanya sangat berpeluang untukmu berkembang. Namun kedua hal ini tentu tergantung dengan minat dan kemampuanmu sendiri. Just trust yourself!